Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Jenis Stop Kontak-Colokan Listrik di Berbagai Negara

Ternyata stop kontak tipe nya bervariasi, biar kamu jangan cuma tau colokan bulat seperti di Indonesia, kamu juga perlu tau bentuk stop kontak dari berbagai negara. Apa saja tipe-tipe stop kontak? Simak artikel berikut ini.

1.Tipe A

Tipe ini berupa dua lempengan pipih yang saling berdekatan sebagai konektornya. Tegangan yang dimiliki biasanya sebesar 120 Volt dan 220 Volt. Negara yang menggunakan tipe A adalah negara Filipina, Jepang, China, Canada dan lain-lain.

2. Tipe B

Steker tipe B memiliki 2 kaki pipih dan 1 kaki bulat. Biasanya tegangan yang digunakan adalah 100 Volt sampai 127 Volt dengan besar arus yang mengalir ialah 15 Ampere. Negara yang menggunakan tipe B adalah America, Barbados, Brazil, dan lain-lain.

3. Tipe C

Tipe C ini dengan ciri khas memiliki dua kaki koneksi silindris, memiliki dua pin berdiameter  mm serta pusatnya memiliki ukuran 19 mm.  Ukuran tegangannya antara 110 Volt sampai 230 Volt. Negara yang menggunakan tipe C adalah Indonesia, Singapore, Korea Selatan, dan lain-lain.

4. Tipe D

Tipe D ini berbentuk bulat dan punya 3 koneksi yang membentuk segitiga dengan kekuatan arus 5 ampere. Tegangan berkisar antara 220 Volt dan 230 Volt. Negara yang menggunakan tipe D adalah Myanmar, Qatar, India, dan lain-lain.

5. Tipe F

Selain tipe C, Indonesia juga memakai tipe F. Indonesia mengikuti Belanda yang juga memakai tipe F, karena Indonesia sendiri merupakan bekas jajahan Belanda. Tipe F ini menggunakan 2 lubang silinder. Tegangannya antara 220 Volt sampai 230 Volt. Selain Indonesia, negara yang memakai tipe F ini adalah Thailand, Israel, Turki dan lain-lain.

6. Tipe G

Bentuk stop kontak ini persegi panjang yang membentuk segitiga sama kaki. Terdapat pin netral dengan ukuran panjang 17,7 mm dan pin pendek 6,35 mm. Tegangan mencapai 220 Volt, 230 Volt dan 240 Volt. Sebagai salah satu negara persemakmuran Inggris, colokan llistrik Malaysia mengikuti gaya Inggris. Selain Malaysiah, Singapore, Hongkong, Bangladesh dan beberapa negara lainnya menggunakan tipe G.

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Dhea Gultom

Politeknik Negeri Medan

Medan

“do what you love and love what you do”