Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Jurusan Teknik yang Paling Sulit Adalah Teknik Memaafkan

Ini bukan soal ilmu, bukan juga teknologi guys tapi soal hafi ke hati dan soal ke ikhlasan. Aku buat artikel yang memang sampai sekarang ini paling sulit untuk dipraktikkan bukan? Anak teknik juga wajib tau dong ya teknik memaafkan hehe, ga cuma anak teknik sih tapi semua loh ya. Ada beberapa teknik memaafkan yang bisa teman-teman coba, semoga bermanfaat dan berhasil diterapkan.

1. Sadarilah Ada Dua Diri di Dalam Diri Kita

Kamu memang harus menyadari siapa yang ingin memaafkan seseorang dan siapakah yang menyimpan dendam tersebut.

Ada dua diri yang saling bertentangan dalam diri kita. Diri yang mau memaafkan dan diri yang berdendam. Siapakah diri yang berdendam tersebut? Sadarilah bahwa yang menyimpan dendam itu sebenernya bukan diri kamu.

2. Tanggung Jawab Kita dengan Tuhan

Sadarilah bahwa tanggung jawab kamu untuk memperbaiki apapun yang kamu alami di dalam diri dan berhubungan langsung dengan Tuhan. Kamu harus mencoba ikhlas. Tuhan aja bisa mengampuni kamu saat kamu sangat menyakiti dia, maka saat kamu bisa memaafkan sesama kamu, Tuhan juga pasti senang terhadap kamu.

3. Tanya Diri Kamu Sendiri

Ketika masalah terjadi cobalah tanya pada diri kamu sendiri apa yang menyebabkan masalah ini dan bagaimana kamu harus menghilangkan masalah ini dalam diri kamu

4. Me Time

Coba ambil waktu sendiri untuk merenung dan mengambil keputusan dengan baik. Jangan pernah coba ambil keputusan saat kamu emosi atau marah, maka rasa memaafkan itu pun akan hilang jika kamu menghadapi dengan emosi.

5. Tetap Berdoa

Berdoa lah minta petunjuk dan kekuatan kepada Tuhan untuk bisa memaafkan.

Ya itu aja guys, sedikit teknik memaafkan dariku. Sebenernya ngomong aja itu gampang ya, praktiknya yang sulit (aku juga belum gampang untuk mempraktikkannya). Apalagi memaafkan dan orang yang ingin dimaafkan ini mengulangi kesalahannya terus menerus. Tapi guys ketika mereka menyesal dan datang meminta maaf dengan baik cobalah untuk menerima ya hehe. Terkadang juga dendam membuat kita gelisah dan cemas. Menerima atau memaafkan itu memang berat tapi lebih berat lagi ketika kita menyimpan dendam dan membalaskannya pada sesama kita.

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Dhea Gultom

Politeknik Negeri Medan

Medan

“do what you love and love what you do”