Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Listrik Prabayar Lebih Boros? Berikut Penyebabnya

Banyak banget masyarakat yang beranggapan bahwa listrik pasca bayar jauh lebih hemat dibandingkan listrik prabayar. Mereka merasa menggunakan sistem token pulsa jauh lebih boros. Loh kok gitu? Berikut ini hal-hal yang mempengaruhi biaya listrik di rumah kita

1. Daya Listrik yang Terpasang

Guys, beda daya listrik yang terpasang, beda juga biayanya. Biasanya daya 450 VA dan 900 VA masih mendapat subsidi dari pemerintah karena diperuntukkan untuk masyarakat yang kurang mampu.

Beda daya yang terpasang beda juga harga per kWh nya. Contoh listrik untuk rumah tangga dengan daya yang terpasang 900 VA biayanya adalah Rp 605/kWh sedangkan untuk daya 1300 VA dikenakan biaya yang lebih tinggi yaitu Rp 1352/kWh. Banyak masyarakat kurang tau tentang ini gaess.

2. Peralatan Elektronik yang Tidak Hemat Energi

Sekarang zamannya kamu harus pakai semua peralatan yang hemat energi seperti lampu LED, AC dengan fitur hemat energi (harga AC hemat energi biasanya memang lebih mahal, tapi untuk jangka panjang itu gak akan membuat tagihan listrik kamu bengkak tiap bulan).

Nah kamu pasti sering tuh gak cabut steker dari colokan, misalnya kamu selesai charger hp kamu, terus kamu biarin charger kamu tetap di colokan, walaupun kamu lagi gak ngecharge tapi kamu perlu tau gaes kalau arus listrik juga tetap jalan, begitu juga dengan peralatan lainnya. Jadi untuk kedepannya yang kebiasaan begini nih diubah deh biar kamu bisa hemat listrik. Bukan cuma untuk hemat listrik tapi juga agar tetap aman, karena arus listrik yang mengalir itu bahaya kalau kena tubuh kita.

3. Kebocoran Arus Listrik

Sistem grounding (bersatunya kabel grounding dan kabel netral) yang buruk bisa membuat kebocoran listrik sehingga pemakaian listrik menjadi lebih banyak. Ada juga alat-alat masyarakat yang bisa menyebabkan kebocoran listrik, biasanya jika kita memegang alat elektronik dan merasa kesetrum itu adalah tanda adanya kebocoran arus listrik di alat tersebut.

Contohnya TV atau kulkas ketika kita pegang berasa kesetrum itu berarti ada arus yang bocor, nah semakin besar arus yang bocor maka semakin besar tagihan listrik dan semakin tidak aman. Maka kita harus memastikan instalasi listrik di rumah kita sudah benar (tidak abal-abal) dan aman.

Jadi itu dia faktor-faktor yang menyebabkan tagihan listrik kamu bengkak gaes, bukan berarti listrik prabayar lebih boros daripada listrik pasca bayar.

Sebenarnya listrik prabayar (token) maupun listrik pasca bayar mempunyai biaya yang sama saja per kWh nya sesuai daya yang terpasang dan biaya administrasinya juga sama. Bedanya hanya biaya administrasi di listrik prabayar dibayar pertama kali saat membeli token pulsa, sedangkan biaya administrasi pada listrik pasca bayar dibayar terakhir kali saat membayar tagihan listrik. Jadi listrik prabayar dan listrik pasca bayar sama saja ya gaes, itu semua tergantung penggunaan dan instalasi listrik di rumah kita.

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Dhea Gultom

Politeknik Negeri Medan

Medan

“do what you love and love what you do”