Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

PILIH STRATA 1 (S1) ATAU DIPLOMA 3 (D3)?

Masih banyak siswa kelas 12 SMA sekarang yang bingung menetukan pilihannya antara kuliah jenjang S1 atau D3, bahkan masih banyak orang yang sedang menjalani kuliah jenjang S1 atau D3 namun timbul penyesalan.

Jadi di artikelku kali ini aku akan bahas antara jenjang S1 dan jenjang D3 supaya kamu yang mau melanjut kuliah lebih bisa memilih dengan baik sesuai minat dan kemampuan. Aku juga tertarik bahas ini biar kalian yang sudah kuliah di jenjang S1 atau D3 tidak menyesal namun mensyukuri apa yang sudah kalian jalani sekarang. Aku sendiri lagi kuliah jenjang D3 Teknik Konversi Energi,  jadi aku akan nulis apa yang aku tau selama aku kuliah D3 dan aku juga akan menulis apa yang aku tau tentang jenjang S1 dari teman-temanku. Jadi apa perbedaan antara S1 dan D3? Apa saja yang harus menjadi pertimbangan? Check this out!

1.      Fokus pembelajaran antara S1 dan D3

Jadi kalau di jenjang S1 itu lebih teoritis dibanding jenjang D3 . Sementara D3 itu sangat fokus pada praktikum atau mengembangkan keterampilan-keterampilan tertentu. Jadi kalau kamu mau D3 atau S1 itu tergantung minat dan bakat kamu. Kalau kamu pengen nih jadi guru ya sebaiknya S1 karena kamu akan menguasai teori pendidikan. Tapi kalau kamu pengen jadi designer misalnya ya jangan pilih S1 nanti kamu tersiksa. Kalau kamu rasa minat kamu erat hubungannya dengan keterampilan di lapangan ya sebaiknya pilih D3, karena jarang sekali D3 duduk di bangku ruangan kelas, jenjang D3 lebih banyak praktik di luar kelas.

2.      Durasi belajar antara S1 dan D3

Kalau kamu gak tahan membaca dan belajar lama please jangan ambil S1  karena S1 membutuhkan konsentrasi yang tinggi dalam belajar tapi kalau kamu memang menikmati belajar teori ya silahkan kamu ambil S1 dengan jangka waktu kuliah pada umumnya 4 tahun. Kalau kamu gak sabar pengen kerja dan lebih menyukai praktik kamu bisa ambil D3 yang jangka waktu kuliahnya hanya 3 tahun.

3.      Katanya lulusan S1 lebih dihargai daripada lulusan D3, bener gak ya?

Menurutku gak juga. Kalau kamu lulusan D3 yang mempunyai banyak prestasi dan melakukan hal-hal yang besar dan berguna  kamu akan lebih jauh berharga daripada lulusan S1 yang tidak tau akan bekerja di bidang apa. Tapi kalau kamu lulusan S1 dan udah punya banyak prestasi dan pengalaman, potensi dihargai juga lebih tinggi. Jadi guys intinya mau D3 atau S1 itu sama-sama dihargai kok! Itu semua tergantung diri kita sendiri.

4.      Peluang Kerja antara S1 dan D3

Kira-kira mana ya yang peluang kerjanya lebih besar? S1 atau D3? Jawabannya “TERGANTUNG” kenapa aku bilang tergantung? Karena banyak nih kampus-kampus yang punya jaringan kuat untuk menyalurkan mahasiswa-mahasiswanya ke perusahaan-perusahaan tertentu. Contohnya kampus aku nih Politeknik Negeri Medan yang punya kerja sama dengan PLN, GMF Aeroasia dan lain-lain jadi bisa membantu mahasiswanya mendapat pekerjaan. Rata-rata politeknik di Indonesia punya jaringan kuat dengan banyak perusahaan.

Nah kalau mahasiswa jenjang S1 biasanya akan mulai disiplin yang cocok dengan kemampuannya, mereka akan mulai proyek dan magang-magang pada semester akhir sehingga nantinya mereka tau hendak bekerja sebagai apa. Universitas di Indonesia juga pada umumnya menjalin jaringan kuat dengan beberapa perusahaan. Intinya semua jenjang prospek kerjanya sama, tetapi yang masih buta akan buang-buang waktu dan ketika lulus akan bingung mencari pekerjaan. Kalaupun kamu sekarang sedang menjalani kuliah jenjang D3 dan ingin melanjut S1 nantinya itu gak masalah kok, asal sudah kamu pikirkan matang-matang dalam segi minat belajar dan biaya.

5.      Jadi gak masalah kan mau kuliah dimana asalkan sudah bisa memilih antar S1 atau D3?

Duh jangan please. Ketika memilih kampus, jangan cuma mempertimbangkan biaya dan lokasi, perhatikan akreditasinya dan kualitas dosen di kampus tersebut. Jangan pilih universitas atau jurusan yang akreditasinya sangat jauh di bawah. Kalau memilih D3 perhatikan lulusan-lulusan dan koneksi dari kampus tersebut, jangan ragu bertanya pada alumni nya.

Jadi ya untuk kamu yang sebentar lagi kuliah silahkan telusuri minat dan kemampuan kamu, silahkan tentukan pilihanmu dengan baik dan jangan sampai salah ambil keputusan. Terus buat kamu yang saat ini menjalani kuliah jenjang S1 ya belajar lah dengan baik dan mulai disiplin ilmu yang kamu tekuni sehingga ketika lulus nanti gak bingung mau kerja apa. Lalu buat  yang lagi kuliah jenjang D3 jangan ada yang nyesal atau bilang “ah aku cuma D3” gak ada kata cuma kalau kamu ternyata punya kemauan dan punya banyak prestasi dibanding yang lain bisa-bisa kamu lebih cepat mendapatkan pekerjaan yang baik dibanding yang lain.

Ketika kamu bisa mensyukuri segala hal maka segala hal yang kamu jalani tersebut menjadi sangat indah.

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Dhea Gultom

Politeknik Negeri Medan

Medan

“do what you love and love what you do”