Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Pesan Untuk Para Fresh Graduate yang Sedang Mencari Pekerjaan

Selamat bagi fresh graduate yang telah melaksanakan sidangnya dengan baik walaupun di keadaan pandemi seperti ini, kalian luar biasa. Perjalanan kalian masih panjang, saatnya kalian mulai mencari pekerjaan. Berikut ada beberapa pesan untuk para FG yang sedang mencari pekerjaan, semoga bermanfaat ya.

1. Gaji

Ketika kita sudah mendapat gelar hasil perjuangan kita selama kuliah, rasanya ingin sekali langsung mendapat gaji seperti yang kita inginkan, biasanya ekspektasi kita langsung pengen gaji gede. Tapi sebaiknya kalau kita seorang fresh graduate soal gaji kita kesampingkan dulu deh, kenapa aku bilang gitu? selama gaji yang ditawarkan oleh perusahaan merupakan UMR itu masih bisa kita terima karena kita merupakan fresh graduate yang belum ada pengalaman sama sekali.

2. Utamakan Untuk Mencari Pengalaman

Nah ini berhubungan dengan gaji nih. Kalau kamu adalah seorang FG (Fresh Graduate) sebaiknya "cari pengalaman" adalah hal yang paling utama yang jadi tujuanmu. Ketika misalnya kamu sudah 1 atau 2 tahun bekerja bahkan lebih, pasti gaji akan mengikuti pengalamanmu dan suatu saat kamu udah punya bekal pengalaman untuk melamar ke perusahaan lain. Kalau kamu punya pengalaman kan itu jadi nilai plus saat kamu melamar pekerjaan karena kamu dinilai sudah mempunyai skill dan kamu sudah terbiasa dengan lingkungan bekerja serta bagaimana karakter dan tanggung jawab dalam bekerja.

3. Bekerja Harus Sesuai Passion ?

Banyak orang bilang "bekerja lah sesuai passion agar ketika kamu bekerja kamu melakukannya dengan senang hati dan tidak menderita" tapi bagiku ini gak harus gaess. Kenapa aku bilang gitu? gak semua orang akan bekerja sesuai jurusannya sewaktu kuliah dan itu gak harus kok. Apa salah nya jurusan teknik kerja di bank? jangan anggap "kalau aku mendapat pekerjaan yang gak sesuai jurusanku berarti sia-sia dong yang aku pelajarin selama kuliah"

Mana ada yang sia-sia coeg! di kuliah kamu kan juga belajar bagaimana disiplin, bersosialisasi, karakter atau dilatih kepemimpinan dalam organisasi yang pastinya akan berguna dalam dunia kerja. Meskipun pekerjaanmu tak sesuai passion mu tapi kamu nantinya jadi tau bagaimana cara berurusan dengan atasanmu, rekan kerjamu dan lainnya yang akan berguna untuk pekerjaanmu selanjutnya.

4. Hindari Gengsi dan Pemilih

Kita bisa selektif dalam memilih tempat dimana kita bekerja tapi hindari untuk menjadi terlalu pemilih karena gengsi gaes. "ah gajinya cuma 8 juta", "ah jelek, kantornya kecil", "perusahaan apaan tuh, gak terkenal banget!", "Masa aku udah S1 cuma digaji segitu" hadeuhh please hindarin gengsimu gaes. Selagi ada perusahaan yang buka lowongan dan persyaratannya bisa kamu penuhi dan memberi kamu keuntungan finansial yang cukup jalanin aja lumayan jadi batu loncatan saat kamu ingin mencari pekerjaan yang lain. Daripada kamu gak ada kegiatan sama sekali. Karena cari pekerjaan itu susah gaes, jadi bersyukur banget kalau kamu bisa punya pekerjaan.

5. Tetap Sabar dan Jangan Menyerah

Kunci dalam mencari pekerjaan adalah sabar dan jangan menyerah, kalau kamu ngelamar dan ditolak jangan pernah menyerah ya. Kamu dikatakan pengangguran kalau kamu berhenti berusaha, saat kamu terus berjuang, kamu sebenernya seorang pekerja keras.

Mungkin itu bukan yang terbaik untuk kamu, tetap berpikir positif, Tuhan pasti tau apa yang terbaik buat kamu dan Tuhan pasti tau waktu yang terbaik untuk kamu. Jangan dengarkan kata-kata orang yang ngejulid saat kamu belum mendapat pekerjaan, tetap lah mencoba terus, jangan nyerah dan tetap berdoa ya :)

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Dhea Gultom

Politeknik Negeri Medan

Medan

“do what you love and love what you do”