Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Teknik Mesin Terbagi 3 Macam, Apa Saja Itu ?

Teknik mesin itu ternyata terbagi lagi loh. Kalau kamu sudah berada di jurusan teknik mesin kamu pasti dikelompok kan lagi berdasarkan minat dan bakat kamu di bagian mesin yang mana. Di bagian produksi kah, perawatan kah atau mesin konversi. Berikut penjelasannya guys :

1. Teknik Mesin Produksi

Seiring dengan perkembangan zaman, banyak industri baru yang bermunculan di Indonesia. Tidak terkecuali industri-industri yang melibatkan banyak peralatan berat dengan segala mekanikanya.

Hal ini tentu memunculkan satu kebutuhan di bidang pekerjaan teknik mesin. Dalam praktiknya orang yang bekerja di bidang perancangan mesin harus mampu melakukan pembuatan parts hingga pembuatan mesin. Pembuatan mesin dan parts disini bukan hanya mesin-mesin standar yang sudah ada, namun mencakup perancangan dan perakitan mesin yang sudah diupgrade. Tujuannya tentu saja agar kebutuhan produksi bisa meningkat.

Beberapa hal yang harus diperhatikan oleh seorang perancang mesin adalah kapasitas produksi yang harus mampu ditingkatkan, presisi yang juga harus ditingkatkan, kemudahan perawatan mesin, kemudahan pengoperasian mesin, kemanan mesin, hingga ketahanan mesin dan desain yang dirasa menarik.

2. Teknik Perawatan Mesin (Maintenance)

Teknik Perawatan Mesin Industri adalah sesuatu system kegiatan untuk menjaga, memelihara, mempertahankan, mengembangkan dan memaksimalkan daya guna dari segala sarana yang ada di dalam suatu bengkel atau industri sehingga modal/investasi yang ditanam dapat berhasil guna dan berdaya guna tinggi secara ekonomis.

Ruang lingkup perawatan sangat tergantung dari besarnya/banyaknya sarana dan prasarana dalam suatu lembagan, institusi, industri/perusahaan serta di pengaruhi oleh kebijakan-kebijakan tertentu. Fungsi perawatan adalah menyelenggarakan teknik-teknik pemeliharaan dan perlindungan dari segala macam kegiatan produksi, non produksi  yang ada dalam lembaga, intitusi, perusahaan tersebut.

Tugas utama perawatan adalah untuk melakukan pemeliharaan , perbaikan dari alat-alat, peralatan, mesin dan perlengkapanya serta semua unit yang berhubungan dengan proses produksi atau kegiatan dengan penggunaan  sarana prasarana tersebut. Kegiatan-kegiatan tersebut meliputi :

Perawatan peralatan dan perlengkapan penggantian dan distribusi dari utilitas inspeksi dan pelumasan.

3. Teknik Konversi Energi

Jangan salah guys, ternyata pembangkitan tenaga listrik lebih memerlukan lulusan Teknik Mesin dibanding teknik elektro. Untuk membangkitkan listrik, dibutuhkan mesin utama seperti turbin, pompa, kompresor, peralatan hidraulik, boiler, fan/blower, di samping peralatan kendali dan jaringan jala-jala listrik dan inilah yang dinamakan jurusan teknik konversi energi. Mereka berperan pada mesin-mesin yang mengkonversi suatu zat cair , gas atau zat padat menjadi energi listrik. Contohnya di PLTU, seperti boiler yang mengubah air menjadi uap, lalu uap diubah oleh turbin menjadi energi mekanik, lalu generator nya mengubah menjadi energi listrik. Itu peran jurusan ini

Jadi itu guys beberapa pembagian jurusan teknik mesin. Jadi teknik mesin itu dibagi lagi guys tergantung dimana minat dan bakat kamu.

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Dhea Gultom

Politeknik Negeri Medan

Medan

“do what you love and love what you do”