Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

10 Skills yang Kamu Butuhkan di Tahun 2020

Tahun 2020, Revolusi Industri 4.0 akan terus mengalami perubahan. Supaya kamu dapat bertahan dan meningkatkan karir, kamu perlu meningkatkan skill dalam diri..

1. 10 Skills Penting di tahun 2020!

Revolusi Industri 4.0 pada tahun 2020 akan membawa kamu ke zaman teknologi yang mutakhir. Robot pintar, transortasi otonom, artificial intelligence, material canggih, bioteknologi, Internet of things (IoT), dan machine learning.

Perkembangan ini akan mengubah cara kita hidup dan berkerja. Beberapa pekerjaan akan hilang dan yang lainnya akan tumbuh. Maka diperlukan peningkatan kemampuan diri untuk menghadapi perubahan tersebut.

Berdasarkan World Economic Forum, ada 10 skills yang perlu kamu kembangkan di tahun 2020. Mulai dari complex problem solving, critical thinking, creativity, people management, coordinating with others, emotional intelligence, judgement and decison making, service orientation, negotiation, and cognitive flexibility.

2. Skill Apa yang Akan Paling Banyak Berubah?

Complex problem solving menjadi skill yang paling dibutuhkan. Permasalahan yang dianggap kompleks, sekarang dapat teratasi. Dengan cara melakukan riset yang mendalam dan memanfaatkan teknologi.

Kemudian, kemampuan berpikir kritis akan membantu kamu memecahkan masalah. Dengan mempertanyakan asumsi yang kamu buat atau yang kamu dengar dari masalah tersebut. Kamu dapat menarik benang merah untuk menemukan solusi terbaik. Sehingga masalah yang ada dapat teratasi dengan benar dan tepat.

Lalu, kreativitas akan diperlukan sekali. Langkah-langkah menyelesaikan masalah tidak bisa hanya dengan cara yang biasa. Sekarang ini diperlukan langkah yang efisien dan unik.

Terakhir, kecerdasan emosi akan berperan penting untuk menyimbangi ke tiga hal di atas. Kecanggihan teknologi seperti robot, artificial intelligence, dan autonomous transport merupakan teknologi yang diperintahkan tanpa memiliki rasa empati. Maka, kemampuan kecerdasan emosional akan dibutuhkan dalam bekerja.

Melalui kecerdasan emosi kamu dapat mengontrol dan mengolah diri atauorang lain. Serta, berinteraksi dengan sesama manusia secara positif.

3. Mendisurpsi Diri Sebagai Langkah Awal

Pola bekerja dan hidup yang berbeda akan membawa kita ke dalam perubahan. Kamu harus memiliki sistem penyesuaian diri terhadap hal tersebut. Salah satunya dengan mendisrupsi diri.

Disrupsi dapat diartikan perubahan yang mendasar. Misalnya, bekerja di industri manufaktur. Keberadaan robot dapat menggantikan tenaga manusia untuk bekerja di sektor yang membutuhkan ketelitian ekstra.

Selain itu, Internet of Things (IoT) yang mengubah keperluan di dalam pabrik menjadi cerdas dengan menggunakan sensor untuk mengumpukan data yang kemudian di proses melalui kecerdasan buatan sehingga robot bergerak.

Hal tersebut dapat menggeser peran kamu sebagai pekerja. Kamu memerlukan perubahan dalam diri untuk merespon kecanggihan teknologi. Dengan melatih dan mengembangkan diri dengan skill baru di atas.

Kamu tidak akan ditunggu oleh perubahan. Kamu harus lebih proaktif untuk meningkatkan kemampuan diri dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0 di tahun 2020.

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Doohan Aditya Saputro

STT Adisutjipto

Bekasi

“Work Hard Dream Big”