Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

5 Jurus Jitu Anti Gugup Presentasi Versi Anak Teknik

Tampil gugup saat presentasi? Bahaya, bisa menghilangkan fokus, lho. Hindari dengan lima jurus jitu anti gugup versi anak teknik.

Dalam dunia perkuliahan sering kali kamu akan diminta untuk berbicara di depan umum. Salah satunya adalah menyampaikan materi dalam bentuk presentasi. Sebagian mahasiswa ada yang menganggap presentasi sangat menakutkan. Namun, ada juga yang suka dengan presentasi.

Ketika mendengar perintah presentasi, apa yang kamu rasakan? Yup, tidak lain adalah perasaan gugup. Kamu akan tampil dan berbicara di depan dosen dan rekan-rekan mahasiswa. Menyampaikan materi dengan pemahamanmu kepada mereka. Menjawab pertanyaan-pertanyaan yang membuat kamu bingung.

Tenang saja sobat teknik, ada tips yang bagus buat kamu yang merasa gugup ketika ingin presentasi. Berikut lima jurus jitu anti gugup ketika ingin presentasi!

1. Pahami Karakter Audiens

Pertama, kamu harus memahami karater audiens yang akan dihadapi. Tipe seperti apa audiens kamu nanti. Kalau presentasi di ruang kelas, kenali benar teman sekelasmu yang beragam ini.

Secara umum, ada yang sangat perhatian dan ada yang cuek. Pusatkan perhatian kamu kepada temanmu yang perhatian untuk meningkatkan rasa percaya diri. Beri mereka perhatian dengan menatapnya saat presentasi nanti. Tidak perlu memperdulikan keberadaan temanmu yang cuek.

2. Persiapkan Materi dan Laptop dengan Cermat

Jangan remehkan persiapan. Ini menjadi modal penting yang bisa buat kamu tidak gugup saat presentasi lho. Dengan cara mempelajari materi dengan cermat, membuat catatan kecil untuk poin-poin yang ingin disampaikan, dan mendalami materi sebaik mungkin.

Jangan lupa juga, kamu perlu mempersiapkan laptop dan ppt dengan baik. Kamu perlu memastikan kondisi laptop sudah mumpuni, jika perlu pikirkan cadangan laptop, dan memastikan ppt kamu sudah sesuai dengan keinginan.

Kalau kamu mempersiapkan diri dengan baik dari aspek teknis dan materi ketika tiba untuk presentasi rasa percaya diri akan timbul.

3. Melatih Berbicara Di Depan Cermin

Nah, setelah kamu melakukan persiapan, kamu melanjutkan untuk latihan presentasi. Kamu bisa melakukannya dari awal hingga akhir presentasi. Kamu melatih apa yang akan kamu sampaikan saat presentasi nanti, kamu melatih intonasi suara supaya audiens mampu mendengarkan secara jelas, dan kamu melatih gerak tubuh agar tidak salah tingkah.

Kamu bisa melakukannya sendiri atau bersama temanmu. Kalau sendiri, kamu bisa melakukannya di depan cermin. Dan lebih menguntungkan bila dilakukan bersama temanmu. Kamu bisa sekaligus latihan tanya jawab pertanyaan.

4. Fokus pada Aktivitas yang Sedang Berlangsung!

Kamu perlu fokus pada diri sendiri. Kamu perlu menenangkan diri dengan cara fokus pada aktivitas yang sedang kamu jalani sekarang. Jika kamu sedang membaca tulisan ini, kamu hanya perlu fokus membacanya sampai selesai. Kamu coba untuk tidak berfikir tentang presentasi yang akan dihadapi.

Contoh lain, kalau kamu sedang mendengarkan lagu, kamu hanya perlu menikmatinya tanpa berfikir yang lainnya. Intinya, fokus pada satu hal dan menikmatinya.

5. Berdoa Setelah Usaha Telah Dilakukan

Kamu perlu ingat, bahwa Tuhan memberikan kesempatan ini menyiratkan kalau kamu sudah mampu melakukannya. Setelah berbagai macam usaha telah dilakukan. Saatnya kamu berdoa dan meminta ketenangan saat presentasi nanti.

Satu hal yang perlu kamu ingat. Kamu perlu memastikan dengan benar kalau kamu sudah benar-benar siap presentasi. Jangan sampai presentasi kamu mendapat penilaian buruk karena kondisi kamu yang gugup. Dan semoga tulisan ini bisa membantu kamu merasa lebih tenang.

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Doohan Aditya Saputro

STT Adisutjipto

Bekasi

“Work Hard Dream Big”