Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

5 Penyebab mahasiswa merasa tidak produktif semasa kuliah

Mahasiswa memiliki waktu yang cukup lapang, bila tidak diisi dengan kegiatan produktif akan sangat rugi. Segera perbaiki dan kindari kegiatan-kegiatan yang tidak membuat kamu produktif.

Menjadi mahasiswa merupakan masa-masa yang tidak akan pernah bisa kembali lagi. Kamu memiliki kesempatan untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Ketika kamu kuliah, kamu berkesempatan untuk belajar dengan pemimpin kampus, tokoh pendidikan, mengikuti organisasi, seminar, program yang menunjang kompetensimu, dan membangun networking.

Apabila kamu lulus kuliah merasa tidak memiliki apa-apa, artinya kamu menghilangkan kesempatan-kesempatan yang berharga tersebut. Mengapa demikian ? Berikut ini 5 penyebab kamu tidak produktif saat kamu kuliah.

1. Main Gadget Hanya Lihat-lihat Sosial Media

Berkembangnya era digital yang begitu pesat saat ini terkadang membuat kamu terlena. Coba kamu hitung seberapa lama kamu menghabiskan waktu untuk menatap layar gadget. lalu kamu kalikan 7 hari, sebulan hingga setahun.

Selama 2 semester, apakah kamu berkembang pesat? Menghasilkan prestasi atau karya yang membanggakan?. Jika tidak, kamu terjebak dalam sosial media yang tidak membuat kamu berkembang.

2. Main Game

Bermain game dapat mengasah kemampuan otakmu. Akan tetapi jika kamu bermain tidak kenal waktu hingga mengganggu waktu tidur malam dan menjadikan game sebagai topik pembicaraan.

Hal tersebut sudah menjadi sangat toxic. Sudah selayaknya kamu untuk membatasi waktu untuk bermain game dan mengalihkan waktu kamu mengarah hal yang lebih produktif.

3. Menghabiskan Waktu Dengan Nongkrong dan Hangout

Sejatinya menghabiskan waktu bersama teman-teman bukanlah sebuah masalah. Jika berlebihan sampai melupakan kewajibanmu sebagai mahasiswa, tentu itu menjadi masalah besar. Hangout tanpa membawa konten atau topik pembicaraan itu hanya membuang-buang waktumu saja. Lebih baik kamu mengerjakan tugas atau pekerjaan di kamar kos atau rumah.

4. Stuck di Zona Nyaman, Tidak Ikut Aktivitas Sosial

Hidup di zona nyaman memang nikmat tapi jika status kamu sebagai mahasiswa tidak berani keluar dari zona nyaman tersebut, kamu sangat merugi. Pergilah keluar dari zona nyamanmu dan bergaulah dengan orang-orang disekitar kos, rumah, lingkungan kampus, aktif organisasi kampus, dan ikut komunitas tertentu yang kamu sukai.

5. Tidur Berlebihan

Tidur merupakan kebutuhan setiap orang untuk beristirahat. Tentu saja tidur secukupnya saja, dengan waktu 6-8 jam. Tidak perlu berlebihan hingga 10 jam atau kurang dari 6 jam.

Kekurangan atau berlebihan waktu tidur dapat mengganggu kesehatan kamu, jika kesehatanmu sudah terganggu tentunya produktivitas kamu akan terganggu juga.

Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu ingin menghabiskan waktu kuliahmu hanya untuk hal-hal tersebut?. Sebaiknya mahasiswa memanfaatkan waktu dengan lebih bijak dengan melakukan kegiatan produktif yang menunjang masa depannya. Jadi, jangan sia-siakan waktu kamu di masa kuliah.

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Doohan Aditya Saputro

STT Adisutjipto

Bekasi

“Work Hard Dream Big”