Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

5 Perilaku Saat Kuliah yang Tidak Boleh Anak Teknik Bawa di Dunia Kerja

Aktivitas mahasiswa teknik yang tidak sedikit akan memunculkan pola kebiasaan. Kebiasaan itu akan memberikan pengaruh pada rutinitas sehari-hari bahkan sampai kamu bekerja. Tahukah kamu ada 5 kebiasaan yang perlu kamu ubah sebelum masuk dunia kerja?

Mahasiswa teknik memiliki beragam aktivitas yang begitu keras dan sibuk. Mulai dari belajar di kelas, praktik di lab, seminar, mengikuti forum diskusi, hingga organisasi. Aktivitas tersebut akan membentuk pola kebiasaan yang berpengaruh pada rutinitas sehari-hari.

Tidak jarang kebiasaan buruk lahir dalam kehidupan kamu sebagai mahasiswa. Menariknya, mereka tidak menyadari kehadiran dari kebiasan buruk itu. Kamu yang tidak menyadari akan kebiasaan burukmu dari kuliah akan terbawa ke dunia kerja.

Kebiasaan ini dapat mengganggu produktivitasmu. Maka, sangat penting untuk mengetahui kebiasaan buruk yang dapat menghambat kamu di dunia kerja.

Apa saja? Ini dia 5 kebiasaan yang perlu kamu ubah ketika masuk ke dunia kerja.

1. Mahasiswa Teknik Sulit Bangun Pagi

Sulit bangun pagi merupakan ciri khas mahasiswa teknik. Jam tidur yang tidak tentu akibat begadang mengerjakan projek atau kegiatan di luar akademik menjadi momok bagi mahasiswa teknik semasa kuliah. Dan mahasiswa teknik tidak senang bila harus bangun jam 7 pagi.

Tidak jarang kebiasaan ini terbawa hingga lulus kuliah dan bekerja. Sebagai pekerja baru di perusahaan, kehadiran adalah pertimbangan dan penilaian pertama yang mempengaruhi kinerjamu. Supaya kinerjamu terlihat maksimal,mulai dari sekarang untuk mengubah kebiasaan ini ya.

2. Kebiasaan Suka Menunda-nunda Pekerjaan

Mengerjakan tugas, presentasi, dan laporan merupakan tanggung jawab sebagai mahasiswa. Tidak jarang waktu yang diberikan juga tidak sedikit bahkan ada yang berbulan-bulan.

Namun, kamu tetap saja mengerjakannya mendekati deadline-nya. Atau sistem kebut semalam (SKS) yang sangat akrab dengan mahasiswa teknik.

Kebiasaan suka menunda-nunda ini bila diteruskan hingga ke dunia kerja akan membawa kamu ke jurang kesulitan dan sangat tidak baik untuk performa kamu dan perusahaan. Karena apa yang kamu kerjakan bukan untuk dirimu tetapi perusahaan kamu bekerja.

3. Perilaku Ngaret atau Tidak Tepat Waktu

Kebiasaan yang satu ini benar-benar sangat buruk dan dibenci oleh perusahaan yaitu tidak tepat waktu atau "ngaret". Banyak yang mengatakan bahwa kedisiplinan mahasiswa masih sangat rendah bahkan di dunia kuliah.

Disiplin untuk datang ke pertemuan atau datang ke kelas tepat waktu. Karena, ini akan menjadi habit atau kebiasaanmu nantinya.

Dan kalau kamu sudah memasuki dunia kerja, waktu sedikitpun sangatlah berharga. Karenanya, mengubah kebiasaan "ngaret" menjadi disiplin perlu diusahakan.

4. Lebih Baik Pasif dalam Kerja Tim

Aktivitas di dunia kampus tidak terus-menerus dikerjakan sendiri. Bahkan terkadang dilakukan dengan membentuk kelompok-kelompok kecil di dalam kelas. Bukan tanpa alasan dosenmu memberikan tugas dalam bentuk kelompok. Banyak keuntungan yang dapat kamu pelajari dengan metode kerja kelompok.

Seperti belajar membangun komunikasi, kerja sama tim, dan perencanaan tugas. Namun, banyak mahasiswa yang tidak menyadari akan hal tersebut. Lebih baik pasif dan menyimpan egonya masing-masing.

Padahal kerja tim ini sangat diperlukan saat di dunia kerja. Karena bila kamu mengerjakan sebuah projek, kamu pasti membutuhkan orang lain untuk ikut menyelesaikan.Tergantung kebutuhan dan fungsi tiap-tiap orang itu.

5. Lebih Baik Tidak Mandi Daripada Telambat

Terakhir, mahasiswa yang teknik terkenal sibuk di malam hari. Baik mengerjakan tugas sampai ketiduran, rapat sampai lupa waktu, atau sekedar ngobrol-ngobrol santai. Menjadikan kamu sulit bangun pagi alias kesiangan saat kuliah pagi.

Alhasil malah pergi menuju kampus hanya sikat gigi dan cuci muka dengan mata masih merah. Apalagi pria-pria di jurusan teknik. Hal ini sering sekali terjadi pada sosok cowok teknik.

Selagi masih ada waktu untuk mengubah ini, maka ubahlah kebiasaan buruk ini. Kebiasaan ini menjadi pertanda buruk bila terbawa hingga dunia kerja.

Karena bisa saja kamu akan dipulangkan oleh bosmu di kantor atau bahkan disuruh mandi dikantor. Hm, sangat memalukan ya sobat teknik.

Bagi kamu yang pernah atau sedang mengalami salah satu kebiasaan ini. Segera ubahlah kebiasaanmu dan memulai kembali kebiasaan yang baru!

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Doohan Aditya Saputro

STT Adisutjipto

Bekasi

“Work Hard Dream Big”