Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

7 Fitur dan Informasi di Mobil yang Perlu Kamu Ketahui

Tentunya kamu sudah tidak asing lagi dengan mobil tapi bagaimana dengan fitur dan informasi di mobil. Kerap kali kamu masih keliru atau tidak tahu. Supaya kamu tidak keliru akan hal ini, mari simak ulasannya yuk.

Banyak orang-orang yang bisa mengemudikan mobil namun mereka hanya sekedar mengemudi. Tapi tidak mengetahui sedikitpun pengetahuan tentang mobilnya.

Contoh kecil saja ketika kamu ditanya oleh temanmu tentang kepanjangan dari huruf "F" dan "E" pada indikator bensin.

Apakah kamu tahu? jika kamu tahu itu bagus. Namun sangat disayangkan hal kecil seperti ini kamu tidak mengetahui.

Supaya kamu tidak gagap lagi ketika ditanya tentang hal itu. Mari simak 7 fitur dan informasi pada mobil di bawah ini, yuk.

1. Kepanjangan dari Huruf "F" dan "E"

Tidak heran bila kamu masih belum mengetahui apa kepanjangan dari huruf "F" dan "E" pada indikator bensin. Banyak diantara kamu memiliki asumsi bahwa "F" itu fuel atau full dan "E" itu empty.

Nah yang perlu sobat teknik tahu kepanjangan dari huruf "F" itu full dan "E" itu emergency. Sudah jelaskan, jadi kamu tidak boleh berasumsi yang tidak-tidak tentang kepanjangan huruf tersebut.

2. Informasi Letak Tangki

Cukup banyak pengemudi yang tidak tahu atau tidak ingat dimana letak tangkinya. Hal ini sangat merepotkan bila kamu ingin mengisi BBM di SPBU. Tidak perlu khawatir, sebenarnya di mobil kamu tersedia informasi tentang letak tangki.

Umumnya letak informasinya ini berada dekat dengan informasi bensin. Kamu perlu mencari tanda panah pada logo bensin disebelah kanan atau kiri. Jadi panah tersebut menjadi penentu letak tangki bahan bakar mobilmu.

3. Sensor Parkir

Sebagaian pengemudi mungkin memiliki mobil dengan sistem alarm mundur yang berbunyi. Tapi tahukah kamu letak sensor dari sistem alarm tersebut? Biasanya sensor itu diletakkan di bumper mobil belakang dengan berbentuk bulatan hitam.

4. Day and Night View Mirror

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan kaca spion di dalam mobil. Ternyata kaca itu memiliki fungsi tambahan yang menarik ketika kamu berkendara di malam hari. Terdapat anti silau yang digunakan bila kamu berkendara malam.

Untuk memanfaatkannya, kamu perlu mencari tuas di atas atau bawah spion dalam yang dapat digerakkan ke atas dan ke bawah. Dan perjalanan malammu akan terasa nyaman bila tidak terganggu dengan sinar lampu mobil lain.

5. Angka pada Ban Mobil

Untuk yang satu ini memang tidak banyak orang yang mempedulikannya. Namun, angka-angka di ban tersebut memiliki arti khusus yang cukup serius loh. Kamu dapat mendapatkan banyak informasi dari angka-angkat tersebut.

Mulai dari ukuran ban, konstruksi ban, diameter dari velg yang sesuai, beban maksimum yang dapat ditopang setiap ban, dan batas kecepatan yang dapat dicapai ban.

6. Indikator Check Engine

Terakhir indikator check engine yang umumnya berwarna kuning atau warna merah. Indikator tersebut umumnya menyala ketika kita ingin menyalakan mobil. Dan akan mati bila mobil sudah menyala.

Apabila check enginenya masih menyala padahal mobil sudah hidup. Maka mesin mobilnya terdapat masalah pada mobil kamu dan harus segera kamu cek ke bengkel.

7. Indikator Suhu Mobil

Seringkali pengemudi tidak memahami apa arti dari indikator ketika menyala. Apabila mobil kamu sedang menyala terdapat indikator suhu mobil menyala berwarna merah tandanya mobil kamu sedang mengalami overheat. Maka kamu harus segera menepi dan mematikan mobil sejenak. Bila tidak mobilmu akan terbakar.

Bagaimana sobat teknik? Semoga bermanfaat ya informasi tentang fitur dan informasi yang ada di mobil. Supaya perjalanan kamu terasa aman dan nyaman.

Sumber : www.otosia.comwww.cnnindonesia.comwww.deltalube.com | www.gridoto.comwww.kiosban.com

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Doohan Aditya Saputro

STT Adisutjipto

Bekasi

“Work Hard Dream Big”