Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

7 Kegiatan Yang Harus Dilakukan Mahasiswa Teknik Sebelum Lulus Kuliah

Banyaknya penyesalan yang dialami oleh mahasiswa teknik setelah lulus kuliah dikarenakan beberapa alasan terkait kegiatan mereka selama kuliah dulu. Nah, supaya kamu tidak menjadi salah satu orang yang menyesal setelah lulus nanti. Simak tips-tipsnya di bawah ini, yuk.

1. Organisasi Kampus

Kemampuan berbicara di depan umum adalah salah satu kompetensi yang harus dimiliki mahasiswa teknik sebelum lulus kuliah. Salah satu cara yang dapat kamu lakukan dengan mengikuti orginasasi di kampus.

Apabila kamu di kelas lebih sering mendengar daripada berbicara melalui organisasi kamu dapat menyampaikan pendapat, aspirasi dan ide-ide kamu di depan banyak orang. hal tersebut membantu kamu dalam proses pengembang diri juga loh.

2. Mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)

Mahasiswa mana sih yang engga punya hobi di dalam hidupnya? nah, bila kamu memiliki hobi mulailah daftar dan ikut di dalam unit kegiatan mahasiswa di kampus. Tentunya bertemu teman-teman baru yang memiliki kesamaan dalam hobi sangatlah asik dan menarik. selain itu juga kamu dapat menorehkan prestasi yang membanggakan untuk diri sendiri melalui hobi tersebut.

3. Asdos (Asisten Dosen)

Sebagai mahasiswa poin ke tiga ini tidak boleh terlewatkan loh. Kamu harus merasakan menjadi asisten dosen di jurusan kamu sendiri. Banyak hal-hal menarik yang kamu peroleh dari kegiatan ini. Mulai kamu akan lebih akrab dengan dosen dan mahasiswa yang kamu ajar, mendadak kamu akan rajin belajar daripada biasanya dan kamu juga dapat meningkatkan kemampuan intelektual.

4. Magang Di Perusahaan

Di tengah kesibukan mahasiswa belajar dalam menuntut ilmu akan lebih bermanfaat apabila ilmu kita dapat diaplikasikan di dalam kehidupan nyata. Salah satu yang dapat mahasiswa teknik lakukan ialah magang.Program magang tersebut memiliki banyak manfaat loh buat kamu apalagi jika berstatus mahasiswa.

Kamu bakal mendapatkan pengalaman-pengalaman baru di dunia kerja yang menarik, kamu juga akan memperluas relasi dengan orang-orang di tempat magang, dan bila beruntung kamu bisa diberikan gaji sebagai hasil kamu magang di perusahaan atau tempat kamu magang loh.

5. Part Time

Part time atau kerja paruh waktu merupakan kegiatan yang harus mahasiswa coba. Biasanya waktu yang dibutuhkan pekerja part time tidaklah lama dengan begitu tidak mengganggu waktu kamu kuliah. Nah, kamu dapat memulai menjadi pekerja part time dengan sesuai hobi atau minat kamu.

Contohnya saja kamu dapat menjadi barista di kedai kopi, content writer di sebuah brand dan lain sebagainya.

6. Menjadi Volunteer Dalam Sebuah Kegiatan

Selain mengikuti kegiatan di dalam kampus sebagai mahasiswa juga perlu merasakan kegiatan di luar kampus. Salah satunya menjadi volunteer di suatu kegiatan.Banyak skill-skill baru yang bisa kamu pelajari selama kamu menjadi volunteer. Misalnya saat ada divisi humas dan publikasi, kamu akan belajar bagaimana caranya menghubungi orang-orang penting hadir di dalam kegiatan.

7. Traveling

Kegiatan yang terakhir yang harus kamu lakukan sebelum lulus kuliah ialah traveling baik solo maupun bersama teman-teman kampus. Melalui traveling dengan status mahasiswa banyak hal yang bisa kamu dapat nih. Kamu akan banyak mendapatkan pelajaran hidup yang berharga yang tidak didapat selama kuliah. Selain itu juga kamu akan banyak berinteraksi dengan orang-orang baru yang bisa kamu pelajari. Ditambah apabila kamu menikmati perjalan traveling bersama teman-teman kuliah yang akan menjadi kenangan tidak terlupakan.

Diantara 7 hal di atas, kegiatan mana saja yang sudah kamu lakukan?

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Doohan Aditya Saputro

STT Adisutjipto

Bekasi

“Apa yang kamu lakukan dan kerjakan saat ini akan bermanfaat, bukanlah hal yang sia-sia”