Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

7 Skill Penting Lulusan Teknik Supaya Dilirik Perusahaan

Menyandang gelar ST dan predikat cumlaude tidaklah cukup bagi lulusan teknik untuk mendapatkan pekerjaan, terutama fresh graduate. Status dan predikat itu harus diimbangi dengan skill yang mumpuni. Kira-kira skill apa saja yang harus dimilki supaya cepat mendapatkan pekerjaan?

Menyelesaikan pendidikan dibangku kuliah merupakan pencapaian yang bagus. Apalagi dapat menyelesaikan secara tepat waktu. Namun, setelah itu masih ada hal besar yang harus kamu hadapai, yaitu menentukan jalan karir.

Salah satu pilihannya ialah bekerja. Selama mencari pekerjaan kamu akan bersaing dengan orang lain yang memiliki berbagai macam kemampuan. Gelar dan IPK bagi sarjana teknik dirasa kurang mampu untuk mendapatkan pekerjaan. Perlu adanya nilai tambah yang dapat dilihat perusahaan sebagai nilai positif.

Ada beberapa-beberapa tips mengenai skill yang harus dimiliki seorang sarjana teknik supaya cepat mendapat pekerjaan. Kira-kira apa saja tipsnya? Mari simak 7 skill penting bagi lulusan teknik di bawah ini.

1. Pengetahuan Tentang Idustri

Saat ini kamu memiliki berbagai macam pilihan terkait pekerjaan. Terutama engineer yang akan bekerja di sebuah industri. Baik industri konstruksi, penerbangan, perkapalan, otomotif, renewable energy, dan lain-lain. Hal yang perlu kamu perdalam sebelum melama sebuah pekerjaan adalah memilih industri apa yang kamu inginkan.

Setelah itu, kamu perlu riset secara mendalam terkait perusahaan, visi dan misi, divisi, produk, dan pelayanan yang di dapatkan pekerja. Ini perlu kamu lakukan supaya kamu tidak salah memilih memilih tempat kamu bekerja.

2. Keterampilan Teknis

Seorang engineer harus memiliki keterampilan teknis yang tepat. Kemampuan tersebut berhubungan dengan hard skill yang kamu miliki terkait bidang yang ingin kamu geluti. Baik penguasaan dalam segi materi kuliah, penguasaan software, penguasaan peralatan, dan termasuk tren dan berita yang berhubungan dengan teknologi.

Itu penting sekali untuk perusahaan melihat dan mengukur seberapa jauh keterampilan teknis yang kamu kuasai. Karena keterampilan teknis yang kuat akan menentukan kemampuan kamu dalam mengindetifikasi dan menyelesaikan masalah yang muncul.

3. Pemikiran Analitis

Bekerja sebagai engineer akan membuat kamu menghadapi berbagai masalah dan situasi yang berbeda. Kamu harus memiliki pemikiran analitis yang kuat. Ketika kamu memiliki keterampilan ini, kamu akan tau bagaimana menghadapi setiap masalah dalam berbagai situasi.

4. Problem Solving

Di dalam perusahaan teknik tidak dapat terhindarkan masalah teknis dan kesalahpahaman. Itu akan menyebabkan resiko kerugian bagi perusahaan bila seorang engineer tidak memiliki kemampuan penyelesaian masalah yang baik.

Sebagai seorang engineer, kamu harus mampu mengindetifikasi, menilai dan menganalisa segala permasalahan yang ada. Kamu harus cepat dalam mengambil keputusan ketika berada di situasi yang penting. Namun, hal ini bukan suatu hal yang bisa dipelajari dengan cepat namun berdasarkan pengalaman.

5. Kemampuan Berkerja Tim

Selama bekerja nanti kamu tidak akan selalu sendiri. Kebanyakaan engineer bekerja dalam sebuah tim. Itu berarti kamu bekerja dengan orang lain yang memiliki karakter dan sifat yang berbeda-beda dan kamu harus bisa kooperatif di dalam tim.

6. Komunikasi

Komunikasi merupakan hal penting di dunia kerja dan pribadi. Kamu harus mampu menguasai perbedaan bentuk komunikasi. Baik dalam tulisan, lisan, percakapan langsung, atau percakapan online.

Komunikasi yang baik dibutuhkan ketika kamu sedang brainstroming, rapat proyek, desain produk, menyelesaikan masalah, dan bertemu client. Jadi, kamu harus bisa mengolah kalimat dan kata-kata yang akan keluar dengan tepat.

7. Keterampilam Interpesonal

Keterampilan interpersonal merupakan kemampuan seseorang berinteraksi dengan orang lain. Sebagai engineer, kamu mampu memiliki perilaku yang positif terhadap rekan kerja dan lingkungan kerja. Kamu bisa melatih keterampilan interpersonal di dalam lingkungan kamu saat ini baik keluarga, kampus dan sosial.

Mencari pekerjaan memang bukan hal yang mudah. Namun, tidak ada salahnya bila kamu memiliki keterampilan di atas sebagai faktor pendukung ketika kamu melamar pekerjaan nanti.

Sumber : interestingengineering.com

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Doohan Aditya Saputro

STT Adisutjipto

Bekasi

“Work Hard Dream Big”