Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Ajang Adu Kreativitas Mendesain Ibu Kota Baru, Menteri PUPR Siapkan Total Hadiah Rp5 Miliar!

Siapkan diri kamu untuk mengikuti Sayembara Gagasan Desain Ibu Kota Negara. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat telah menyiapkan total hadiah Rp5 Miliar.

Kamu memiliki ide cemerlang terhadap ibu kota baru? Tapi tidak tahu harus disalurkan kemana? Baru-baru ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mengadakan sayembara untuk mendesain ibu kota negara baru.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Mochamad Basoeki Hadimoeljono meresmikan sayembara ini dalam acara Dialog Nasional Rancang Bangun dan Kesiapan Kalimantan Timur sebagai Ibu Kota Negara NKRI, di Balikpapan, Rabu (2/10).

Kamu yang mengaku memiliki kreativitas dan ide yang "liar" sepertinya harus mengikuti sayembara ini. Bila kamu mampu menjuarainya, kamu akan masuk dalam sejarah besar Indonesia berkat karyamu. Tidak hanya itu, kamu akan memperoleh hadiah yang begitu menarik.

Berikut rangkaian Sayembara Gagasan Desain Ibu Kota Negara.

1. Tahapan Sayembara

Mekanisme sayembara meliputi beberapa tahapan mulai melakukan pendataran, pemiihan karya, screening oleh juri yang akan dipilih lima peserta terbaik, lalu akan dipilih lagi menjadi tiga peserta.

Bila karya kamu lolos menjadi salah satu dari tiga terbaik. Karyamu akan dikolaborasikan oleh para ahli perencanaan perkotaan dari luar negeri. Setelahnya akan ditetapkan pemenang sayembara internasional.

Setelah itu, hasil pengembangan desain akan dilanutkan ke tahap penyusunan Dokumen Konstruksi, dan barulah dilakukan konstruksi fisik.

Rangkaian sayembara ini berlangsung selama tiga bulan, mulai dari bulan Oktober 2019 hingga Desember 2019. Dan kamu hanya bisa mendaftar mulai tanggal 3-18 Oktober 2019.

2. Syarat dan Kriteria Mengikuti Sayembara

Sayembara ini terbuka bagi kamu yang Warga Negara Indonesia (WNI) maupun non WNI. Kamu juga dapat berkarya dengan perorangan atau berkelompok dengan maksimal 10 orang.

Adapun persyaratan umum lainnya antara lain, bersifat terbuka bagi masyarakat umum. Baik kamu mahasiswa, arsitek, perancang kotaa, perencana wilayan dan kota bisa mengikuti rangkaian sayembara ini.

Karena dituntut kreatif, karya yang kamu buat tidak boleh hasil plagiasi atau milik orang lain. Menariknya karya kamu akan ditantang oleh kriteria yang ada.

ketiga kriteria tersebut diataranya, mencerminkan identitas bangsa, menjamin keberlanjutan lingkungan, sosial, dan ekonomi, serta mewujudkan kota yang cerdas, modern, dan berstandar internasional.

3. Juri dan Apresiasi bagi Peserta

Ada 13 nama besar yang diusung menjadi dewan juri, diantaranya Imam Santso Ernawi sebagai Ketua Satgas Perencanaan Pembangunan Infrastruktur IKN. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, sebagai Praktisi Arsitektur dan Urban Desain. Nyoman Nuarta sebagai Praktisi Pemahat Patung terkemuka Indonesia. Daliana Suyawinata sebagai Arsitek & Ahli Perancangan Kota (DIASPORA) dan merupakan perwakilan dari generasi millenial.

Karya yang kamu buat akan diberikan apresiasi yang menarik, loh. Dimana Juara I akan menerima hadiah uang sebesar Rp2 miliar, Juara II memperoleh Rp1,250 miliar, Juara III akan memperoleh Rp 1 miliar. Ada juga, Harapan I mendapatkan uang sebesar Rp500 juta dan Harapan II akan meraih Rp250 juta. Kelimanya juga akan mendapatkan piagam penghargaan sebagai bentuk simbolis penghargaan.

Menarik sekali bukan? jadi tunggu apalagi anak teknik, siapkan diri dan tim terbaikmu untuk mengikuti Sayembara Gagasan Desain Kawasan Ibu Kota Negara.

Untuk info selengkapnya kamu bisa cek langsung melalui website sayembaraikn.pu.go.id

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Doohan Aditya Saputro

STT Adisutjipto

Bekasi

“Work Hard Dream Big”