Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Anak Teknik Wajib Tahu! Apa Arti gsm Pada Kertas HVS Untuk Skripsi ?

Sobat teknik pasti sudah tidak asing lagi dengan kertas HVS. kertas HVS memiliki beragam jenis seperti A4 70 gsm atau A4 80 gsm. Tahukah kamu kalau istilah gsm itu memiliki arti? Biar lebih jelas, langsung cek saja yuk.

Tentu kamu sudah sangat akrab dengan kertas HVS sejak duduk dibangku pendidikan mulai dari SD hingga di bangku kuliah. Ternyata kata HVS memiliki kepanjangan loh sobat teknik.

Kertas HVS merupakan singkatan dari Bahasa Belanda yaitu houtvrij schrijfpapier, yang artinya kertas tulis bebas serat kayu. Dan pada umumnya bahan dari kertas HVS merupakan pulp (bubur kertas) yang mengandung selulosan dan hemiselulosa tanpa lignin.

Buat kamu sudah duduk di bangku kuliah dan sedang menjalankan skripsi. Biasanya skripsi yang kamu kerjakan akan dicetak menggunakan kertas HVS A4 80 gsm dengan alasan karena kertasnya yang lebih tebal dari kertas A4 70 gsm.

Nah, tahukah kamu sebenarnya arti dari gsm pada kertas HVS itu? Supaya kamu tidak penasaran lagi, mari simak ulasan di bawah ini. Langsung saja cekidot!

1. Apa itu gsm Pada Kertas HVS?

Di industri kertas gsm atau lebih familiar dikenal sebagai gramatur merupakan istilah yang digunakan untuk menunjukkan ukuran berat kertas yang beredar. Gramatur itu memiliki satuan pengukuran gsm (gram per square meter). Nah, dari sini kamu bisa mengetahui berat kertas dari masing-masing jenis ukuran gramatur kertasnya.

Namun, perlu diingat ukuran ini bukan menunjukkan berat per lembar kertas melainkan untuk menunjukkan berat kertas pada satuan luas setiap meter persegi kertas. Selain ukuran berat pada kertas kamu juga bisa menentukan pilihan kertas berdasarkan panjang dan lebar kertas.

Setiap jenis kertas HVS memiliki ukuran yang berbeda-beda dan biasanya terdapat informasi dari ukuran panjang dan lebar kertas.

2. Beragam Ukuran Gramatur pada Kertas di Pasaran

Di pasaran banyak sekali jenis kertas HVS dari berbagai merek. Namun, dalam pemilihan kertas HVS yang paling utama kita perhatikan memang ukuran dari kertasnya. Pada kertas di pasaran terdapat beberapa tipe kertas berdasarkan gramatur kertasnya. Ada 70-80 gsm, 100-150 gsm, 190-260 gsm, dan 270-310 gsm.

Contohnya pada tipe kertas 70-80 gsm ini. Kamu yang sedang mengerjakan skripsi pasti tidak asing lagi menjumpai tipe-tipe kertas dengan ukuran 70-80 gsm. Kertas tipe ini memang yang paling sering digunakan.

Kertas tipe ini dapat kita temukan pada jenis kertas A4, A3, F4, dan Q4. Kertas jenis dan tipe ini biasanya kamu gunakan untuk skripsi, mencetak tugas makalah, buku, atau mencetak dokumen.

Kemudian pada tipe 70-80 gsm memiliki arti bahwa 70 gsm itu 70 gram per square meter. Jadi, kertas dengan tipe ini memiliki berat 70 gram per meter persegi di setiap luasan kertas meter persegi.

3. Kamu Bisa Mengetahui Berat Kertas per Lembarnya Dengan Cara Ini!

Kalau angka setiap tipe kertas bukan menunjukkan ukuran berat kertas per lembar kertasnya. Lantas bagaimana menentukan berat jenis kertas per lembarnya? Mungkin ini yang masih mengganjal di benak kamu saat ini? Jangan khawatir, anak teknik punya formula untuk menentukan ukuran kertas per lembarnya.

Rumus matematisnya seperti ini, Berat kertas per lembar = (Panjang x Lebar x Gramatur) : 10.000

Contohnya, berapa berat satu lembar kertas A4 70gsm?

Kertas A4 70gsm memiliki ukuran panjang 29,7cm dan lebar 21cm.

Maka, Berat kertas per lembar A4 70gsm = (29,7cm x 21cm x 70gsm) : 10.000

= 43.659 gr : 10.000

= 4,3659 gr per lembar

Jadi, berat kertas per lembar dari kertas A4 70gsm ialah 4,3659 gr.

Begitulah arti dari kata gsm pada jenis-jenis kertas yang sering kamu temukan. Bagaimana sudah tidak bingung lagi kan? Semoga saja tulisan ini dapat menambah pengetahuan kamu ya sobat teknik!

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Doohan Aditya Saputro

STT Adisutjipto

Bekasi

“Work Hard Dream Big”