Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Fantastis, 7 Logo Termahal di Dunia yang Akan Membuat Kamu Terkejut

Tahukah kamu bahwa logo merupakan aset penting sebuah perusahaan? Tidak heran bila sebuah perusahaan merogoh kocek hingga milyaran bahkan triliunan. Berikut 7 logo dengan biaya pembuatan yang mahal.

Saat ini banyak orang yang memahami pentingnya sebuah logo bagi bisnis sebuah perusahaan. Logo dianggap penting karena menjadi sebuah investasi. Investasi untuk meningkatkan branding suatu bisnis.

Pemahaman seperti itu membuat banyak perusahaan yang tidak ragu untuk mengeluarkan biaya besar. Berikut ini 7 logo termahal di dunia!

1. Pertamina

Tahukah kamu Pertamina pernah beberapa kali mengganti logonya? Pada tahun 2005, Pertamina mengganti logonya yang sudah berusia 35 tahun. Logo lama bergambar dua kuda latu memluk bintang diganti dengan logo bar berbentuk huruf p.

Pembuatan logo baru, Pertamina dikabarkan merogoh dana sebesar USD 350.000 atau dengan kurs sekarang setara dengan Rp 4,6 miliar.

2. Bank Mandiri

Bank Mandiri merupakan salah satu bank nasional terbesar di Indonesia. Tahun 2008 Bank Mandiri mengganti logo mereka yang sudah 10 tahun lebih digunakan. Bank Mandiri menghabiskan dana sekitar Rp 15 miliar untuk mengganti logonya.

3. Olimpiade London tahun 2012

Olimpiade London 2012 adalah event olahraga internasional yang dilaksanakan di London, Inggris. Dengan dihadiri lebih dari 10.000 atlet. Logo yang bertengger tersebut dirancang oleh perusahaan konsultan merek, yaitu Wolff Olins pada tahun 2007. Total biaya pembuatan logo ini adalah USD 625.000 atau setara dengan Rp 8,27 miliar.

4. Pepsi

Pepsi merupakan perusahaan minuman bersoda terbesar di dunia. Tahun 2008 pepsi mendesain ulang logonya dengan total biaya USD 1 Juta atau setara Rp 13,2 miliar. Pepsi telah melakukan pergantian logo sebanyak 11 kali sampai akhirnya yang sekarang.

5. BBC

BBC atau British Brodcasting Corporation merupakan perusahaan broadcasting asal Britania Raya yang didirikan pada tahun 1927. Tahun 1997 mereka mendesain ulang logonya menjadi seperti sekarang dengan total biaya USD 1,8 juta atau setara dengan Rp 23,8 miliar.

6. ANZ

ANZ adalah salah satu bank terbesar di Australian. Didirikan pada tahun 1835 dan tersebar ke seluruh dunia. Tidak terlewatkan juga Indonesia. Mereka menghabiskan biaya USD 15 juta atau saat ini setara dengan Rp 198 miliar untuk mengganti logonya.

7. Accenture

Accenture adalah perusahaan konsultan manajemen global, outsourching, dan servis teknologi yang berada di Irlandia. Perusahaan ini merogoh dana yang cukup fantastis untuk rebranding logo barunya. Sebanyak USD 100 juta atau kurang lebih setara dengan Rp 1,32 triliun.

Menarik bukan sobat teknik, melihat tingginya perusahaan nasional hingga internasional mengeluarkan dana miliaran bahkan triliunan hanya untuk sebuah logo.

Sumber: www.brilio.net

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Doohan Aditya Saputro

STT Adisutjipto

Bekasi

“Work Hard Dream Big”