Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Ingin Menjadi Content Writing sukses? Pelajari 5 Skill ini

Kamu ingin menjadi seorang content writer? Dan hasil tulisan kamu ingin dibayar? Ketahui dahulu 5 skill yang harus kamu miliki bila ingin menjadi content writer.

Sekarang ini banyak pekerjaan yang muncul akibat pesatnya perkembangan dunia digital. Salah satunya adalah content writer. Banyak diantara kamu mungkin belum tahu apa itu content writer? Content writer adalah penulis profesional yang menulis konten artikel untuk dipublish di website.

Kamu yang gemar menulis atau memiliki keinginan untuk menulis bisa menjadi content writer. Bila hasil tulisan kamu berhasil diterbitkan, kamu juga akan mendapat bayaran. Namun, sekedar gemar dan berkeinginan saja tidaklah cukup. Tentunya kamu harus memiliki kompetensi untuk menunjang keinginan kamu.

Jangan khawatir sobat teknik, kamu tidak perlu khawatir lagi. Mimin ada 5 tips dan trik terkait skill yang harus kamu miliki untuk menjadi content writer sukses. Yuk, kita intip apa saja skill yang harus dimiliki seorang content writer!

1. Kenali Format Penulisaan

Format penulisan adalah kunci dasar supaya pembaca terus membaca tulisan kamu. Kamu perlu pelajari format-format penulisan yang baik. Supaya tulisan kamu nyaman dibaca secara runtut.

Selain itu, kamu harus memahami struktur kalimat, ejaan yang baik dan benar, dan peletakkan tanda baca yang sesuai.

2. Kemampuan Riset yang Mumpuni

Content writer harus memiliki kemampuan riset yang mumpuni. Hal itu harus dimiliki karena tulisan kamu harus bersifat objektif dan mampu menemukan informasi penting. Agar pembaca percaya dengan tulisan kamu.

Sebelum kamu memulai menulis konten, kamu perlu mencari tahu fakta-fakta yang sesungguhnya. Bisa dengan berbagai cara mulai dari riset lapangan, wawancara, dan pustaka.

3. Jangan copy paste! Tulisan Kamu Harus Bersifat Original

Kredibilitas merupakan hal terpenting di dalam karyamu. Tulisan kamu harus bersifat original, harus berasal dari buah pikiran sendiri. Tidak boleh menduplikasi tulisan orang lain.

Sifat original ini juga baik untuk reputasi kamu. Mungkin, tulisan yang kamu buat akan terdengar sama dengan tulisan orang lain. Namun, bila kamu memiliki sifat orsinilitas sendiri, tulisan kamu akan memiliki keunikan tersendiri bagi pembaca.

4. Penulis Sukses Memiliki Ciri Khas

Seorang content writer sukses memiliki gaya tulisannya sendiri. Bisa bersifat persuasif, personal, memiliki gaya bahasa yang friendly. Bahkan, kamu bisa beropini terhadap permasalahan yang sedang trendy.

Bahkan menulis dengan cerita panjang dengan kumpulan-kumpulan fakta atau pengalaman pribadi. Dengan begitu tulisan kamu akan nyaman dibaca.

5. Don't Pick the Random Content!!

Content writer harus memiliki ide kreatif. Ide tersebut dibutuhkan untuk menentukan konten dan teks apa yang ingin ditulis. Bila kamu bekerja sebagai freelance, kamu harus memikirikan idenya sendiri. Lain hal bila kamu bekerja secara tim. Kamu akan berdiskusi untuk menentukan konten apa yang ingin dibahas.

Menjadi seorang content writer, kamu bisa memulainya dengan menentukan bidang apa yang digemari dan dikuasai kemudian, kamu bisa menjadikannya sebuah konten tulisan. Lalu, kamu juga perlu pahami karakter pembaca, karena kamu menulis bukan untuk dirimu sendiri melainkan untuk orang lain.

Menghasilkan sebuah karya merupakan kebanggaan tersendiri, apalagi bila karya kamu dapat membantu orang lain, loh. Jadi tunggu apa lagi, mulai hasilkan sebuah karya.

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Doohan Aditya Saputro

STT Adisutjipto

Bekasi

“Work Hard Dream Big”