Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Kamu Merasa Sulit Menguasai Bahasa Inggris? 5 Kesalahan Ini Penyebabnya

Kamu mengalami kesulitan untuk menguasai bahasa inggris? Kenali 5 kesalahan dalam belajar bahasa inggris yang menjadi faktor penghambat kamu.

Tidak heran bila sekarang bahasa inggris menjadi salah satu kemampuan standar yang harus dimiliki. Berhari-hari kamu telah mempelejarinya. Namun, kamu merasa kesulitan dan tidak berkembang selama belajar.

Hal tersebut menimbulkan pertanyaan, kenapa itu bisa terjadi? Padahal sudah belajar sungguh-sungguh. Mungkin bukan kesalahan dari buku yang kamu pelajari, mentor atau video yang kamu ikuti. Mungkin saja dari kesalahan lain.

Nah, kira-kira apa kesalahan yang menyebabkan kamu sulit menguasai bahasa inggris? Mari simak ulasan di bawah ini, yuk!

1. Hanya Menggunakan Satu Metode Pembelajaran

Kamu yang sedang belajar bahasa inggris hanya pasif terhadap satu kegiatan. Seperti kamu belajar di tempat kursus bahasa inggris tanpa mempraktikannya diluar lingkungan kursusmu. Kamu bisa mempraktikannya di rumah atau bersama kelompok belajar. Atau kamu bisa mengunduh aplikasi game berbahasa inggris supaya memperkuat daya paham materi.

2. Malas Belajar Dasar

Mempelajari ilmu harus berawal dari yang dasar-dasar terdahulu, terutama bahasa inggris. Kamu tidak boleh malas belajar dari dasar bila ingin menguasai bahasa inggris. Karena akan menjadi pondasi kamu ke depannya nanti. Ditambah pola bahasa inggris yang berbeda dari bahasa indonesia.

Namun, kalau kamu merasa sudah cukup mempelajari dasarnya. Kamu bisa jadikan itu sebagai pengingat kamu kembali. Supaya ilmu yang kamu miliki tidak hilang dan terus melekat di otak kamu.

3. Kurang Aktif Melatih Berbicara atau Menulis Bahasa Inggris

Yang namanya ilmu akan pudar bila tidak digunakan atau dipraktikan, seperti hal nya bahasa inggris. Kamu mati-matian belajar bahasa inggris mulai dari teori, mengerjakan soal, mendengarkan musik berbahasa inggris, menonton film, dan lain sebagainya. Itu hanya akan membuat kamu menjadi pasif.

Bila kamu ingin benar-benar bisa bahasa inggris, kamu juga harus aktif. Dengan cara kamu berbicara dan menulis dalam bahasa inggrris. Kamu bisa berbicara dengan lingkungan, kelompok belajar, atau teman menggunakan bahasa inggris.

Atau kamu juga bisa menuliskan apapun di buku dalam bahasa inggris. Itu semua membantu kamu dalam memperlancar kefasihan dalam berbahasa inggris.

4. Tidak Disiplin Dalam Belajar

Kedisiplinan sangat menjamin kamu benar-benar serius belajar atau tidak. Jenis disiplin yang terutama ialah waktu dan cara belajar. Kalau kamu sudah menyiakan waktu untuk belajar maka kamu harus fokus. Bila ada gangguan-gangguan dari teman untuk main lebih baik kamu cari alasan untuk tidak pergi.

Kamu harus tetap berpegang pada rencana yang dibuat untuk belajar. Tidak usah sedih karena selama kamu berproses pasti ada yang harus direlakan dalam bentuk apapun.

5. Tidak Memiliki Goals yang Spesifik

Kamu yang belajar hanya sekedar belajar biasanya akan cepat merasa jenuh. Lain cerita bila kamu memiliki goals yang spesifik. Ketika kamu ingin belajar bahasa inggris kamu sudah paham bila sudah cukup, akan dibawa kemana arah atau digunakan untuk apa.

Hal itu sangat membantu kamu menemukan motivasi dalam belajar. Semangat belajar kamu akan meluap-luap bila ingat goals kamu pada saat belajar.

Saat belajar bahasa inggri hindari kesalahan di atas ya sobat teknik, supaya menghemat tenaga dan waktu. Tetap semangat dan terus belajar ya!

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Doohan Aditya Saputro

STT Adisutjipto

Bekasi

“Work Hard Dream Big”