Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Kenali 7 Istilah yang Sering Digunakan Terkait Virus Corona

Semenjak kemunculan virus corona belakangan ini, kita semakin banyak mendengar istilah-istilah yang belum kita pahami. Mulai dari social distincing, lockdown, pendemi, endemi, dan sebagainya. Supaya kamu paham pengertiannya, yuk simak ulasannya berikut ini!

Beberapa istilah baru muncul terkait kasus virus corona atau kamu sudah pernah mendengarnya akan tetapi tidak mengetahui artinya. Misalnya saja seperti social distancing dan lockdown. Sebenarnya apa sih artinya?

Seperti negara Perancis yang baru-baru ini melakukan Lockdown terhadap negaranya. Presiden Perancis mengajak warganya untuk menetap di rumah bila tidak memiliki tujuan jelas untuk berpergian dan akan mendapatkan hukuman bila melanggar ini.

Supaya kamu paham, berikut arti istilah-istilah teknis yang perlu kamu ketahui!

1. Wabah

Wabah adalah kejadian berjangkitnya suatu penyakit menular dalam masyarakat yang jumlah penderitanya meningkat secara nyata melebehi dari pada keadaan yang lazim pada waktu dan daerah tertentu serta dapat menimbulkan malapetaka.

Salah satu kriterianya ialah penyakit yang tidak diketahui atau baru muncul di daerah tersebut. Dibandingkan dengan epidemi dan pandemi, wabah merupakan urutan terendah dari penularan penyakit.

2. Endemi

Menurut Center for Disease Control and Prevention (CDC), endemi mengacu pada suatu wabah penyakit pada populasi dalam wilayah geografis tertentu. Misalnya seperti di satu wilayah, negara, dan benua.

Contohnya beberapa daerah yang mengalami endemi malaria di Indonesia, meliputi Papua, Papua Barat, dan NTT.

3. Pandemi

Dilansir dari WHO, pandemi merupakan penyebaran penyakit baru ke seluruh dunia yang mempengaruhi banyak orang. WHO memberikan contoh seperti pandemi influenza yang telah terjadi ketika sebuah virus influenza baru muncul dan menyebar ke seluruh dunia, dan kebanykan orang belum memiliki imunitas terhadap virus tersebut.

4. Lockdown

Dalam kasus virus corona, lockdown merupakan tindakan yang dilakukan untuk mengunci akses masuk dan keluar wilayah, daerah, atau negara tertentu untuk mencegah penyebaran penularan virus corona. Wilayah yang di lockdown maka semua fasilitas publik harus ditutup.

Mulai dari pusat perbelanjaan, sekolah, transportasi umum, tempat umum, perkantoran, hingga pabrik.

Misalnya saja seperti negara-negara Malaysia, China, Spanyol, Italia, Perancis, Irlandia, dan Denmark yang me-lockdown negara dan wilayahnya.

Hal ini dilakukan bertujuan untuk menghentikan laju infeksi virus corona di negara tersebut.

5. Social Distancing (Menjaga Jarak Sosial)

Terakhir yang baru-baru ini terdengar istilah social distancing. Istilah ini merupakan sebuah cara untuk memperlambat penyebaran penyakit yang ditularkan dari orang ke orang dengan menjaga jarak satu sama lain. Kemudian juga disarankan untuk menghindari ertemuan massal dan menjauhi perkumpulan.

6. Covid-19

Virus corona memiliki nama teknis SARS-CoV-2. Sedangkan penyakit yang disebabkan oleh virus tersebut diberi nama Covid-19. Covid-19 merupakan kepanjangan dari Corona Disease 2019. Dan tahukah kamu kalau virus ini diberi nama corona karena bentuk dari virusnya yang mirip seperti korona matahari.

7. Self-Quarantine

Karantina merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencegah penyebaran virus. Self-qurantine dapat diartikan menjaga jarak dari kontak fisik terhadap manusia dalam periode waktu tertentu selama wabah penyakit menular. Biasanya hal ini dilakukan dengan menetap di rumah dan membatasi kontak dengan anggota keluarga.

Dan periode waktu yang dapat dilakukan selama 14 hari untuk mengindentifikasi apakah terinfeksi virus atau tidak.

Itulah lima istilah yang belakangan ini sering kali kita dengar sejak masuknya virus corona di Indonesia. Semoga saja dapat membantu kamu untuk memahami istilah tersebut.

Stay safe sobat teknik!

Sumber : www.kemkes.go.id | www.cdc.gov | hukum.unsrat.ac.id | www.who.int | www.idntimes.com

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Doohan Aditya Saputro

STT Adisutjipto

Bekasi

“Work Hard Dream Big”