Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Kenali Microsleep, Penyebab Kecelakaan di Jalan Yang Membahayakan

Pernah berkendara tiba-tiba kehilangan fokus? Bisa jadi kamu mengalami microsleep atau tidur sekejap. Kenali bahaya dan cara mencegahnya.

Menjalani aktivitas dengan mengantuk? Mengantuk saat beraktivitas menyebabkan microsleep. Apa itu microsleep?

Microsleep merupakan kondisi ketika seseorang tiba-tiba tertidur sesaat. Hal ini berbahaya bila kamu sedang berkendara.

Walaupun berlangsung sesaat saja, hal ini dapat berakibat fatal. Supaya berkendara kamu aman dan nyaman kenali bahaya microsleep dan cara pencegahannya di bawah ini.

1. Microsleep, Tidur Sesaat yang Berbahaya

Biasanya tanda-tanda kamu mengalami microsleep antara lain tatapan kosong, menjatuhkan kemudian membangkitkan kepala lagi, dan sering berkedip. Microsleep terjadi dalam kurun waktu yang singkat, hanya 1-10 detik. Momen singkat itu berbahaya bisa menyebabkan kecelakaan bila kamu berkendara.

2. Penyebab Microsleep

Tahukah kamu microsleep disebabkan oleh apa? Biasanya orang yang mengalami microsleep disebabkan oleh aktivitas yang monoton seperti berkendara, kurang tidur, dan memaksakan tubuh. Waktu normal manusia berkendara hanya empat jam. Sangat disarankan bila melebihi 4 jam sebaiknya kamu beristirahat terlebih dahulu.

Sebab memaksakan tubuh yang letih sangat mengganggu konsetrasi dalam berkendara. Sedangkan otak akan memerintahkan mata untuk beristirahat. Namun seringkali pengendara mengabaikan hal ini. Sehingga pengendara akan tertidur dengan sendirinya.

3. Istirahat ketika kamu mengantuk

Setelah mengetahui bahaya microsleep, kamu perlu tahu cara mencegahnya. Cobalah penuhi kebutuhan tidurmu selama 7-9 jam. Jika, kamu mengantuk saat berkendara, berisitirahatlah sebentar.

Kamu juga bisa mengkonsumsi kopi 15-30 menit sebelum berkendara, supaya kafein pada kopi dapat memberikan efek. Selain itu kamu juga bisa melakukan aktivitas lain seperti mengobrol dan mendengarkan playlist musik favorit.

Yuk bijak dalam berkendara. Selain merugikan diri sendiri, microsleep juga merugikan orang lain.

Sumber : www.idntimes.com | www. verywellhealth.com

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Doohan Aditya Saputro

STT Adisutjipto

Bekasi

“Work Hard Dream Big”