Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Libur Lebaran Telah Usai! Ini 5 Tips Membangkitkan Semangat Kuliah Setelah Liburan

Libur lebaran telah berlalu, saatnya kembali beraktivitas. Mungkin diantara kamu sudah ada yang melakukan aktivitas kuliah seperti biasa. Supaya kuliahmu kembali bersemangat, mari simak 5 tips berikut ini yuk.

Tidak terasa libur lebaran telah usai. Itu artinya aktivitas kuliah sudah masuk seperti biasa. Setelah asik menikmati liburan lebaran bersama keluarga, mahasiswa akan kembali menjalankan tanggung jawabanya.

Ada yang mulai kuliah kembali, mengerjakan skripsi, dan kesibukannya di organisasi.

Biasanya, ada rasa malas yang menyelimuti perasaan kamu yang membuat aktivitas di atas menjadi tidak berjalan seperti biasa. Badan seolah-olah masih ingin bersantai-santai, belum rela memulai aktivitas kembali.

Nah, supaya kamu kembali on fire, berikut 5 tips membangkitkan semangat kuliah agar tetap produktif.

1. Niat dalam Hati

Pertama, tetapkan niat di dalam hati untuk kembali kuliah menuntut ilmu. Perlu adanya kemauan dari dalam dirimu untuk kuliah kembali dengan penuh semangat. Jika sudah memiliki niat dan keinginan untuk kembali kuliah. Dijamin, kamu akan enjoy nantinya.

2. Ingat tujuan kamu kuliah

Setelah menetapkan niat, perlu mengingat kembali pada tujuan awal kamu kuliah. Mungkin ada yang ingin lulus tepat waktu, bekerja di company besar, mebanggakan orang tua di kampung halaman, dan lain-lain. Nah, tujuan-tujuan ini bisa jadi reminder kamu untuk membangkitkan gairah kuliahmu.

3. Fokus pada target semester ini

Kamu tentunya memiliki target di semester ini, yang perlu kamu lakukan yaitu cek kembali target yang ingin dicapai di semester ini. Ada yang ingin mempertahankan bahkan meingkatkan Indek Prestasi Kumulatif (IPK) semester ini.

Kalau sudah memiliki target seperti itu. Kamu harus fokus kembali pada target tersebut supaya dapat tercapai.

4. Buat kembali to-do-list kamu

Libur lebaran memberikan efek tugas-tugas kuliah, hingga skripsi terbengkalai sejenak. Oleh karena itu setelah masuk kuliah, susunlah jadwal untuk rencana kuliahmu. Pilih mana yang lebih dahulu harus dikerjakan dan didahului. Dengan begitu kamu memiliki rencana yang sistematis.

5. Keluar dari comfort zone!

Semua tips di atas akan sia-sia apabila kamu tidak memiliki tindakan nyata. Kamu harus bergerak dan berani untuk keluar dari zona nyamanmu sekarang. Bangkit dari kasur, letakkan gadget dan segera susun rencana kamu.

Itulah beberapa tips yang dapat menjadi acuan kamu untuk membangkitkan semangat setelah melewati libur lebaran. Ingat, niat dan segera bertindak dapat menumbuhkan rasa semangat.

Sumber : www.idntimes.com

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Doohan Aditya Saputro

STT Adisutjipto

Bekasi

“Work Hard Dream Big”