Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Mengenal Sosok Jony Ive, Desainer Apple yang Baru-baru ini Hengkang

Kabar mengejutkan datang dari perusahaan teknologi ternama, Apple. Sang desainer yakni Jony Ive hengkang dari Apple. Bagi yang belum tahu sosok Jony Ive, mari simak ulasan berikut dan lihat apa saja karya yang dihasilkannya.

Baru-baru ini Apple merilis berita mengejutkan. Jony Ive, sosok yang dikenal perancang berbagai macam produk Apple hengkang dari perusahaan tersebut. Setelah lebih dari 20 tahun mengabdi.

Menjadi pertanyaan besar mengapa seseorang yang berpengaruh di Apple harus hengkang. Kira-kira alasan apa dibalik hengkangnya desainer Apple tersebut? Lalu, apa saja karya-karya yang telah dihasilkan olehnya?

Untuk mengetehaui dan mengenal lebih jauh sosok Jony Ive, mari simak ulasan di bawah ini yuk.

1. Siapa sosok Jony Ive di Apple?

Sir Jonathan Paul "Jony" Ive atau yang lebih dikenal dengan sebutan Jony Ive menjadi karyawan resmi Apple pada bulan September 1992. Karirnya berada diseputar dunia desain. Sampai akhirnya Ive menjabat sebagai senior vice president pada tahun 1997. Desain besarnya dalam jabatannya ini menghasilkan produk iMac.

Pada tahun 2015, Ive dipromosikan menjadi chief design officer (CDO). Yang pada saat itu satu dari tiga eksekutif tingkat C selain Tim Cook sebagai CEO dan Luca Maestri sebagai CFO. Sampai akhirnya pada tahun 2017, Apple mengumumkan bahwa Ive kembali bertanggung jawab langsung untuk desain produk.

2. Alasan Ive Hengkang dari Apple

Setelah mengabdi selama 27 tahun, Apple mengumumkan Ive akhirnya hengkang dari perusahaan tersebut. Selanjutnya Ive akan menjalankan perusahaan desain independen miliknya sendiri. Sebelum meninggalkan Apple, Ive meninggalkan jejak desain terakhirnya di iPhone terbaru tahun ini.

3. Karya-karyanya yang Menakjubkan

Bukan main-main, di Apple Ive merupakan sosok yang sangat penting. Produk-produk ikonik Apple tidak lepas dari ide cemerlangnya sebagai desainer. Mulai dari iMac, iPod, iPad, iPhone, Apple Watch, bahkan Apple Park yang seperti UFO adala hasil rancangannya.

4. Pengganti Sang Desainer Apple

Dilansir dari interestingengineering.com, Apple belum ingin mempublikasi sosok pengganti Ive. Tapi pemimpin tim desain akan ditunggangi oleh Evans Hankey sebagai Vice President idustrial design. Dan Alan Dye akan menjadi vice president of human interface design.

5. Efek Sepeninggalan Jony Ive

Selama ini desain produk Apple bergantung pada Jony Ive. Semenjak hengkangnya Jony Ive menimbulkan kekhawatiran yang mengemuka. Buktinya, harga saham Apple terpangkas sekitar USD 8 miliar setelah Ive diumumkan hengkang dari Apple beberapa hari yang lalu.

Sumber : interestingengineering.com | inet.detik.com | en.wikipedia.org

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Doohan Aditya Saputro

STT Adisutjipto

Bekasi

“Work Hard Dream Big”