Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

NASA X-57, Pesawat Listrik yang Memiliki 14 Propeller

Tidak mau kalah dengan dunia otomotif terkait kendaraan listrik. Kini dunia penerbangan tidak ingin ketinggalan. NASA merancang pesawat dengan energi listrik.

Kendaraan masa depan yang diprediksi akan menggunakan energi listrik sebagai pengganti energi fosil tidak datang dari dunia otomotif saja. Di dunia penerbangan, NASA telah merancang pesawat dengan tenaga listrik.

Pesawat berjenis X-57 Maxwell diciptakan khusus untuk mengurangi konsumsi bahan bakar, kebisingan, dan emisi gas buang. Lalu, kira-kira apa saja keunggulannya? Dan bagaimana spesifikasinya? Mari simak ulasannya di bawah ini yuk.

1. Spesifikasi Pesawat Listrik X-57 Maxwell

X-57 merupakan pesawat yang menggunakan energi listrik sebagai sumber energinya. Dengan menggunakan 14 electric motor untuk memutar propeller (baling-baling). Pesawat bermuatan dua penumpang ini memiliki bobot sebesar 3000 pounds (1360 kg).

Sebagai wadah penyimpanan listrik, X-57 menggunakan baterai berjenis lithium ion. Baterai ini sama dengan baterai smartphone yang kamu pakai setiap hari. Baterai ini diletakkan di bagian kabin pesawat.

2. Pesawat Listrik yang Dirancang untuk Private Plane

Perlu kamu ketahui, X-57 hanya bisa menampung 2 orang saja dengan lama waktu penerbangan maksmal 1 jam. Jadi, X-57 merupakan tipe pesawat ringan yang digunakan secara privat. Dan tidak melayani penerbangan untuk umum.

3. Pesawat dengan 14 Propeller

Pesawat listrik X-57 Maxwell memiliki ciri khas yang unik. Yaitu memiliki 14 buah propeller yang semuanya digerakkan oleh motor listrik. Semua propeller digunakan selama take off atau landing, sementara pada saat cruising hanya 2 propeller terluar yang digunakan.

Kenapa pesawat X-57 Maxwell menggunakan banyak propeller? Ini karena ketika take off dan landing pesawat membutuhkan tenaga yang cukup besar. Berbeda pada saat pesawat sedang cruising hanya membutuhkan 2 propeller saja.

4. Lebih Go Green dan Mengurangi 5 Kali Lipat Penggunaan Energi

Inilah keunggulan NASA X-57 dibanding pesawat lain. Desain pesawat ini khusus untuk menghemat bahan bakar, emisi gas buang, dan kebisingan. Nasa X-57 diklaim dapat mengurangi 5 kali lipat penggunaan energi, lebih hemat dan go green.

5. Untuk mengenal lebih jauh Simak Video di bawah ini

Nah, itulah keunikan dan keunggulan pesawat listrik NASA X-57. Semoga industri penerbangan Indonesia terus berkembang.

Sumber : www.idntimes.comwww.nasa.gov

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Doohan Aditya Saputro

STT Adisutjipto

Bekasi

“Work Hard Dream Big”