Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Penasaran, Kenapa Posisi Mengemudi Mobil di Indonesia di Kanan?

Belum tahu kenapa Indonesia menggunakan posisi kemudinya di kanan? Dan memiliki perbedaan dengan negara-negara lain? Begini alasannya kenapa Indonesia menggunakan sistem kemudi setir kanan.

Beberapa di antara kamu banyak yang bertanya-tanya, kenapa mobil di Indonesia menggunakan setir di sebelah kanan. Padahal, faktanya 75% dari negara yang ada di dunia menggunakan setir kiri. Wajar saja kalau kamu bertanya-tanya mengingat dunia tidak memiliki persamaan dalam hal ini.

Ada negara yang menggunakan setik kanan seperti Indonesia dan ada juga negara yang menggunakan setir kiri seperti mayoritas negara di dunia.

Perbedaan ini tidak ada masalah karena setiap negara memiliki sejaranya masing-masing terkait hal ini. Nah, berikut jawaban kenapa mobil-mobil di Indonesia menggunakan setir kanan?

1. Pengaruh Negara Belanda di Masa Penjajahan Dahulu

Ternyata negara yang pernah menjajah Indonesia memiliki pengaruh terhadap posisi kemudi mobil di Indonesia. Berdasarkan situs www.worldstandards.eu, dahulu negara penjajah (Belanda) memperkenalkan mobil dengan kemudi sisi kanan kepada warga negara Indonesia. Belanda membawa mobil-mobilnya ke Indonesia dengan kemudi di kanan.

Namun, kerajaan Napoleon dari Perancis menaklukkan Belanda, sehingga kerajaan itu kemudian mengubah aturan posisi kemudi mobil ke sisi sebelah kiri. Akan tetapi, hal ini tidak diikuti oleh negara-negara di bawah jajahan Belanda, seperti Indonesia.

2. Kedatangan Jepang Mempengaruhi Posisi Mengemudi di Indonesia

Meskipun Belanda telah takluk oleh Perancis hal tersebut tidak memiliki pengaruh terhadap aturan kemudi di Indonesia. Mengapa demikian? Karena situasi itu bertahan pada Perang Dunia II, Belanda keluar dari Indonesia.

Kemudian Jepang yang datang menjajah Indonesia memiliki peran juga. Jepang yang juga menganut sistem kemudi di sebelah kanan menyebabkan Indonesia pun semakin mantap menggunakan mobil dengan setir kanan.

3. Mayoritas Negara di Dunia Menggunakan Setir Kiri

Melihat gambar di atas terdapat warna orange dan hijau. Warna hijau merupakan negara-negara yang menggunakan sistem kemudi kiri dan warna orange merupakan negara yang menggunakan sistem kemudi di sebelah kiri.

Dilihat dari foto persebarannya saja sudah jelas ya sobat teknik. Kalau mayoritas dunia menggunakan sistem kemudi sebelah kiri. Seperti Rusia, Amerika Serikat, Amerika Latin, Sebagian wilayah Benua Afrika.

Kalau dilihat yang berwarna orange ini penyebarannya tersebar pada negara Suriname, Inggris, Jepang, Malaysia, Indonesia, hingga Australia.

4. Mungkinkah Sebuah Negara Mengubah Posisi Kemudinya?

Nah, bagaimana kalau ada negara yang mengubah posisi sistem kemudinya? Sistem kemudi di sisi kiri atau kanan tidak bersifat permanen. Misalnya, pada tahun 1967 Swedia mengganti sistem setir kanan menjadi setir kiri.

Kemudia negara Belanda juga mengubah sistem kemudianya setelah takluk oleh Kerajaan Napoleon dari Perancis. Dengan sistem kemudi negara Perancis, yaitu sistem kemudi kiri.

Faktanya, pada tahun 1969 pemerintah Inggris melakukan kajian tentang kemungkinan beralihnya sistem kemudi di negaranya.

Ternyata untuk mengubah sistem kemudi memiliki biaya yang mahal. Ketika itu, diperkirakan ongkos untuk mengubah sistem kemudi sekitar £264 juta yang setara dengan £4 miliar dengan nilai uang pada tahun 2018.

Sumber : www.worldstandards.eu

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Doohan Aditya Saputro

STT Adisutjipto

Bekasi

“Work Hard Dream Big”