Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Serunya Bernostalgia dengan 5 Sosial Media yang Terkenal di Awal Tahun 2000-an

Peradaban digital memang terus berkembang dengan adanya sosial media. Namun, sosial media yang tidak berkembang dan sesuai tuntutan zaman akan ditinggalkan oleh user.

Bila membahas sosial media, aplikasi apa yang kamu pikirkan? Pasti kamu mengingat Facebook, Youtube, dan Instagram.Wajar saja, karena ketiganya kini menjadi media sosial paling populer.

Berdasarkan survei APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) tahun 2018, di Indonesia Facebook menjadi media sosial yang paling sering dikunjungi dengan 50,7% diikuti Instagram 17,8% dan Youtube 15,1%. Sementara Linkedin dan Twitter menyusul di bawahnya.

Sebelum melegitnya sosial media di atas. Tahukah kamu, media sosial apa yang populer di awal tahun 2000-an? Dan bagaimana nasibnya sekarang? Yuk, lihat ulasannya di bawah ini!

1. Friendster

Siapa yang tidak tahu Friendster? Media sosial yang berdiri pada 22 Maret 2002 ini merupakan situs jejaring sosial yang dibuat oleh Jonathan Abrams. Sejak diluncurkannya, Friendster langsung meledak dengan memperoleh lebih dari 3 juta pengguna.

Friendster digunakan untuk menghubungkan teman, keluarga, bertemu orang-orang baru, menemukan orang dengan ketertarikan yang sama. Fitur-fitur Friendster kini banyak diadaptasi oleh media sosial lainnya, loh.

Berkembangnya media sosial yang ada, secara perlahan eksistensi friendster kian menurun. Faktanya, pada tahun 2015, Friendster dijual ke perusahaan Malaysia dan resmi tutup total pada 30 Juni 2018.

2. MySpace

MySpace merupakan sosial media yang dipublikasikan pada 1 Agustus 2003 dan mampu bertahan sampai sekarang. Masa-masa kejayaan MySpace berkisar tahun 2005 sampai 2008.

Apa yang membuat kejayaan MySpace redup? Seperti yang kamu duga, hadirnya media sosial Facebook "mengikis" eksistensi media sosial lain, tak terlewatkan MySpace itu sendiri. Penurunan pengguna aktif yang dialami mulai sejak April 2018.

Sekarang MySpace dibeli oleh Time Inc pada 11 Februari 2016, lalu Perusahaan induk Time Inc dibeli oleh Meredith Corporation pada 31 januari 2018.

3. Yahoo! Messenger

Berawal dari Yahoo! Pager yang diluncurkan pada 9 Maret 1998 dan berganti nama menjadi Yahoo! Messenger pada tahun 1999. Walaupun termasuk kategori instant messanging, Yahoo! Messenger patut dibahas.

Yahoo! Messenger atau sering disingkat Y!M atau YM menyediakan layanan transfer file, webcam hosting, pesan teks dan ruang obrolan. Lagi-lagi karena eksistensi yang meredup, Yahoo! Messenger akhirnya menutup layanannya pada 17 Juli 2018.

4. Foursquare

Satu dekade lalu Foursquare didirikan pada 11 Maret 2019 oleh Dennis Crowley dan Naveen Selvadurai. Situs jejaring sosial berbasis lokasi yang bergantung pada perangkat lunak untuk peralatan bergerak.

Dengan Foursquare, kamu akan terkoneksi dengan teman, menemukan tempat menarik, meninggalkan ulasan, dan tentunya check-in di lokasi tertentu yang kamu kunjungi. Namun, saat ini Foursquare semakin menurun dibandingkan tahun awal peluncurannya.

5. Hi5

Terakhir, jejaring sosial hi5 yang diluncurkan pada 27 Juni 2004 merupakan sosial media terbesar kedua setelah MySpaca pada tahun 2007. Tampilan hi5 berupa layanan untuk mengunggah foto/profil, menambah teman, mengirimkan pesan, dan memperoleh gambar secara gratis. Kini hi5 lebih dikenal sebagai situs permainan sosial.

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Doohan Aditya Saputro

STT Adisutjipto

Bekasi

“Work Hard Dream Big”