Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Sophia, Robot Pintar Berbasis AI Pertama yang Memiliki Kewarganegaraan

Sophia the robot merupakan robot pintar pertama dengan teknologi Artificial Intelligence (AI) yang memiliki kewarganegaraan. Lantas, bagaimana dia bisa mendapatkan kewarganegaraan?

Artiicial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan merupakan teknologi yang seharusnya hadir membawa perubahan dan bermanfaat bagi peradaban manusia ke arah yang lebih baik. Tidak malah mengarah sebaliknya. Pada tahun 2015 Hanson Robotics menciptakan robot berbasis Artificial Intelligence.

Sophia merupakan nama yang diberikan kepada robot tersebut. Kehadiran Sophia sangatlah menarik berkat kemampuannya. Salah satunya mampu berkomunikasi cukup baik dengan manusia.

Selain itu, dia mendapatkan status kewarganegaraan dari salah satu negara di Benua Asia. Kira-kira negara mana yang memberikan status kewarganegaraan kepada Sophia?

Untuk mengenal lebih jauh tentang Sophia, mari kamu simak ulasan berikut ini, yuk.

1. Tak Kenal Maka Tak Sayang, Begitulah Kata Pepatah

Sophia merupakan robot mirip manusia berbasis teknologi AI yang diciptakan oleh Hanson Robotics. Dia pertama kali di aktifkan pada tahun 2016 silam. Dia merupakan robot pertama yang memiliki kewarganegaraan dan menjadi robot pertama sebagai duta inovasi untuk program pembangunan PBB.

Walaupun robot merupakan suatu hal yang tidak memiliki gender. Sophia sendiri dirias seperti wanita. Sophia sendiri juga merepresentasikan dari masa depan AI.

2. Robot Pertama yang Memiliki Kewarganegaraan

Sophia merupakan robot pintar pertama yang memiliki kewarganegaraan. Dia mendapatkan kewarganegaraan Arab Saudi pada bulan Oktober 2017, di Riyadh.

Hak kewarganegaraan didapatkan Sophia dengan alasan bahwa wanita di arab saudi tidak diizinkan meninggalkan rumah dan berkeliaran tanpa wali laki-lakinya. Berbeda dengan Sophia, dia dapat berkeliaran sesukanya tanpa wali laki-lakinya.

3. @realsophiarobot, Akun Instagram dan Facebook Sophia

Sophia yang aktif berkeliling dunia baik di benua asia hingga benua eropa untuk memperkenalkan dirinya juga aktif di dunia digital. Dia memiliki akun sosial media Instagram dan Facebook yaitu @realsophiarobot. Aktivitas yang dilakukan sophia terpampang di akun instagramnya.

Melalui akun instagramnya, Sophia aktif hadir kedalam serangkaian acara talk show. Sophia juga menampilkan keindahannya dengan menggunakan berbagai busana.

4. Kemampuan Sophia Untuk Berkomunikasi dengan Manusia

Sophia diciptakan bukan tanpa tangan kosong. Dia memiliki keterampilan yang mengagumkan. Layaknya manusia, dia mampu berkomunikasi dengan tema tertentu dengan manusia.

Dia mampu memahami percakapan, termasuk menjawab beragam pertanyaan. Misalnya, " Apa robot akan menggantikan pekerjaan manusia? atau "Apakah pintu terbuka atau tertutup?"

Sophia juga memiliki kemampuan berekspresi seperti manusia. Dia dapat tertawa, tersenyum, cemberut bahkan bingung.

5. Kehadirannya Di Indonesia

Sophia juga sudah mengelilingi dunia berbagai negara seperti Singapura, Malaysia, Afrika Selatan, Jerman, dan Italia pernah dikunjunginya. Tidak lama ini, tepatnya pada Bulan September 2019, Sophia datang ke Indonesia.

Di dalam rangkaian acara 2019 CSIS Global Dialogue di Hotel Indonesia, Jakarta. Kehadirannya menakjubkan karena menggunakan pakaian khas Indonesia yakni kebaya. Tidak hanya itu kedatangannya di acara tersebut dilakukan tanya jawab bersama dengan Sophia the robot.

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Doohan Aditya Saputro

STT Adisutjipto

Bekasi

“Work Hard Dream Big”