Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Supaya Tidak Bingung, Kenali 3 Jenis Mobil Listrik yang Perlu Kamu Ketahui

Ingin mengenal jauh tentang mobil listrik? Sebelumnya kamu harus pahami dulu 3 jenis mobil listrik yang ada saat ini. Berikut ini 3 jenis mobil listrik yang telah hadir di Indonesia.

Mobil listrik merupakan mobil yang sumber tenaganya berasal dari tenaga listrik. Teknologinya yang begitu canggih diperkirakan akan dimintai oleh pecinta otomotif. Salah satu lasannya mobil listrik diminati karena mobil listrik ramah lingkungan.

saat ini di Indonesia mobil listrik memiliki beberapa varian yang menarik. Berikut 3 jenis varian mobil listriknya.

1. Hybrid

Pertama, Mobil hybrid merupakan mobil yang terdiri dari kombinasi motor listrik dan mesin bakar. Jadi, mobil ini pada dasarnya memiliki 2 tenaga penggerak. Daya baterai pada mobil ini diisi oleh energi kinetik akibat proses pengereman.

Saat ini mobil hybrid yang paling praktis penggunaannya di Indonesia. karena kedua mesin ini bekerja sama untuk menghasilkan efisiensi bahan bakar terbaik.

Contoh mobil hybrid yang ada di Indonesia adalah Toyota Camry Hybrid, Toyota Alphard Hybrid, dan Toyota C-HR Hybrid.

2. Plug-in Hybrid (PHEV)

Kedua, mobil plug-in hybrid merupakan mobil hybrid karena memiliki 2 mesin yaitu mesin bensin dan motor listrik sebagai penggeraknya. Namun, PHEV memiliki perbedaan dibandingkan dengan mobil hybrid.

Perbedaannya terletak pada kecanggihan pengisian daya pada baterai. Baterainya dapat diisi melalui sumber listrik eksternal seperti listrik dirumah atau charging station.

Mirip-mirip seperti sedang mengisi daya baterai smarthphonemu. Pada saat baterai terisi penuh mobil PHEV dapat menempuh jarah 12-150 km, tergantung jenis mobil dan kondisi lalu lintas yang dilalui. Dan ketika baterai habis, mesin bensin akan menggantikan kinerja dari motor listrik.

Contoh mobil PHEV yang beredar di Indonesia adalah BMW i8, BMW i3, da Mercedes-Benz E 350 e.

3. Electric Vehichle (EV)

Terakhir, Electric Vehichle merupakan mobil yang berjalan hanya menggunakan motor listrik sebagai sumber tenaga utamanya. Tidak ada mesin bakar sebagai cadangan sumber tenaga.

Untuk pengisian daya pada baterai dapat diisi menggunakan sumber listrik eksternal dan mengumpulkan energi kinetik saat pengereman.

Contoh mobil listrik yang beredar di Indonesia yaitu Byd tipe e6 dan Tesla model x 75D A/T yang dimiliki perusahaan taxi di Indonesia.

sumber : www.gridoto.com

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Doohan Aditya Saputro

STT Adisutjipto

Bekasi

“Work Hard Dream Big”