Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

SPETRA, Inovasi Aplikasi Penerjemah Bahasa Karya Mahasiswa UM

SPETRA(Speech Translation App) merupakan inovasi baru aplikasi penerjemah bahasa yang diciptakan oleh mahasiswa Universitas Negeri Malang. Dengan aplikasi ini komunikasi warga lokal dan wisatawan asing akan semakin mudah tanpa harus mengerti bahasa satu sama lain.

Untuk mempermudah komunikasi warga lokal dengan wisatawan mancanegara, tiga mahasiswa UM ciptakan aplikasi penerjemah bahasa.

Aplikasi yang diberi nama SPETRA (Speech Translation App) ini digagas oleh tiga mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) yaitu Edward Mesak Dua Padang, Adjie Rosyidin, dan Arief Yoga yang dibimbing oleh Azhar Ahmad Smaragdina, S.Pd., M.Pd.

SPETRA merupakan aplikasi penerjemah bahasa yang ditujukan untuk keperluan komunikasi sehari-hari antara warga lokal dan wisatawan asing secara khusus yang datang ke Indonesia.

Aplikasi SPETRA berbeda dengan aplikasi terjemahan pada umumnya karena memungkinkan penerjemahan teks, suara, gambar, tulisan, bahkan bahasa isyarat, sehingga aplikasi ini sangat ramah terhadap semua orang.

Inovasi penerjemah bahasa sudah telah banyak diciptakan, namun kurang nyaman dalam penggunaan karena harus mengetik atau menekan tombol untuk menerjemahkan dan tidak dapat dipakai oleh semua orang.

Dengan aplikasi SPETRA, komunikasi akan berlangsung secara face-to-face karena menggunakan earphone untuk menerima input dan output terjemahan.

Menggunakan aplikasi ini benar-benar handsfree sehingga komunikasi berlangsung secara natural tanpa distraksi dari handphone atau aplikasi.

Bahkan ketika berbicara dengan tunawicara atau tunarungu, pengguna dapat menggunakan fitur gesture translation untuk memahami arti bahasa isyarat yang digunakan lawan bicara.

“Inovasi ini kami tujukan khusus untuk mendukung kemajuan pariwisata Indonesia, kami berharap dengan semakin mudahnya komunikasi antara warga lokal dengan wisatawan mancanegara maka semakin banyak wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia sehingga pariwisata Indonesia semakin maju dan menciptakan banyak lapangan kerja untuk masyarakat” ungkap Edward Mesak, selaku ketua tim.

Untuk memperkenalkan aplikasi yang sedang dikembangkan ini, masyarakat dapat mengunjungi situs web resmi www.spetra.id

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Edward Mesak Dua Padang

“”