Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Black Box: Small But Strong

Kecelakaan Pesawat selalu menyimpan memori dalam sebuah kotak kecil yang biasa disebut Black Box. Tetapi, anehnya kotak tersebut tidak berwarna hitam dan anehnya lagi kota tersebut tidak pernah hancur meskipun pesawat dalam kecelakaan seperti meledak dan hancur berkeping-keping. Lantas seberapa kuat black box tersebut, sehingga mampu menyimpan dan bertahan dalam kondisi yang tidak terduga? Let's do it...

Di saat kecelakaan pesawat terjadi, hal yang paling utama untuk diketahui penyebab dari kecelakaan tersebut adalah pencarian sebuah black box. Hal itu dikarenakan black box lah memori segala hal pembicaraan yang telah terjadi di dalam pesawat.

Saat black box telah ditemukan, maka tim investigasi akan lebih mudah untuk menganalisis sebab dan akibat dari kecelakaan pesawat yang terjadi. Jadi, seperti apa sih black box tersebut?Berikut rinciannya:

1. Berwarna Orange Kemerahan Terang

Tidak seperti namanya yang telah diketahui khalayak ramai, black box memiliki warna orange kemerahan dan terang. Hal itu dikarenakan untuk memudahkan penemuan black box di kondisi yang gelap atau terjal. Menurut saya, penamaan dari black box ini karena untuk mengetahui keadaan dan suasana kelam dari tragedi kecelakaan sebuah pesawat.

2. Two Function

Black box memiliki tiga bagian dalam 1 unit, yaitu (1) konektor; (2) perekam; dan (3) Underwater Locater Beacon [ULB]. Sementara dalam 1 unit black box memiliki dua fungsi, yaitu (1) Flight Data Recorder [FDR]; dan (2) Cockpit Voice Recorder [CVR]. FDR nanti akan tersimpan rekaman dari kecepatan tempuh pesawat, ketinggian pesawat, percepatan vertikal pesawat dan aliran bahan bakar pesawat. Sementara CVR akan tersimpan rekaman percakapan antara pilot dan ko-pilot yang berlangsung di kokpit pesawat.

3. Kapasitas Penyimpanan

Black box tidak memiliki kapasitas penyimpanan seperti layaknya smarthphone sekarang. Melainkan kapasitas penyimpanan black box hanya terhitung dari waktu. Black box mampu merekam suara dan data penerbangan selama 25 jam dan hanya 2 jam percakapan di kokpit pesawat.

4. Masa Tenggang Black Box

Black box memiliki masa tenggang yang terbatas, yaitu 30 hari pasca kecelakaan pesawat. Black box sendiri memiliki pemancar sinyal apabila kecelakaan pesawat terjadi di laut dan bangkai pesawat tenggelam. Sinyal itu akan terpancar setiap detik. Batas baterai pada black box hanya mampu bertahan 30 hari dan setelah itu akan habis.

5. Have a body strong

Black box di bungkus oleh titanium atau lapisan baja yang tahan karat hingga dua lapis. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi kecelakaan pesawat yang mampu menghancurkan seluruh tubuh pesawat. Peneliti telah melakukan percobaan terkait kekuatan pembungkus dari black box ini dengan cara membakarnya dengan api pada suhu 1100 derajat Celcius, menenggelamkan didalam air garam yang memiliki tekanan tinggi dan mencelupkannya ke bahan bakar dari pesawat itu sendiri.

Itulah beberapa hal terkait tentang black box yang memiliki ukuran kecil namun sangat kuat dalam setiap kondisi. Sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai memori pesawat.

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Abdul Rahim Tanjung

Universitas Teknologi Sumbawa

Sumbawa Besar

“Berfikir Merdeka dan Berkehendak Meraja Namun Tetap Bersahaja Bersama Masyarakat”