Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Gradient-You Look Like: Aplikasi Pendeteksi Kemiripan Wajah Terbaru

Pekan lalu, linimasa media sosial telah diramaikan dengan gambar yang menunjukkan kemiripan seseorang dengan selebritas atau figur publik yang terkenal. Viral nya gambar tersebut bukan berasal dari aplikasi FaceApp yang populer pada saat awal tahun 2019 ini. Selanjutnya...

Kembali hadir aplikasi baru ditengah-tengah publik sekarang ini, yaitu Gradient-You Look Like. Aplikasi Gradient-You Look Like dikembangkan oleh Ticket to the Moon. Aplikasi tersebut memiliki fitur yang diklaim bisa menemukan kemiripan wajah pengguna dengan selebritas atau figur publik ternama. Fitur itu diberi nama "You Look Like". Penggunaan aplikasi ini cukup mudah, selayaknya aplikasi lainnya. Unduh aplikasi di Apple Apps Store dan Google Play Store. Setelah selesai menginstal, ikuti prosedur untuk penggunaan aplikasi. Hal yang harus di ingat, demi keamanan privasi data pribadi, baca baik-baik syarat dan ketentuan penggunaan aplikasi. Jangan teruskan memakai aplikasi jika terdapat hal yang tak di sepakati dengan syarat dan ketentuannya, karena Aplikasi Gradient meminta akses ke galeri foto.

Aplikasi Gradient bisa saja tidak meminta hak atas foto wajah pengguna, yang sebelumnya menjadi masalah serius di aplikasi FaceApp. Ticket to the Moon berjanji tidak akan menjual data wajah tanpa persetujuan pengguna, tapi kita tak pernah tahu akan ke mana data-data pengguna bermuara. Informasi cookie juga belum dijelaskan oleh Ticket to the Moon. Apakah akan dibagikan di antara penyedia pihak ketiga dan afiliasi perusahaan? Perusahaan yang asal-usulnya tidak jelas itu belum memberi rincian soal hal tersebut. Sebagaimana aplikasi serupa yaitu FaceApp yang sempat meramaikan media sosial. Namun sayang, aplikasi FaceApp yang mampu memprediksi wajah seseorang ketika sudah tua itu menimbulkan kontroversi karena dianggap tidak aman bagi privasi pengguna.

Oleh karena itu, ada baiknya sebelum kita gunakan aplikasi tersebut bacalah baik-baik syarat dan ketentuan dalam menggunakan aplikasi tersebut. Pihak pengembang tidak akan bertanggung jawab atas perilaku atau perbuatan yang menyimpang dari penggunannya. Ini semua kembali pada prinsip privasi masing-masing pengguna smartphone.

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Abdul Rahim Tanjung

Universitas Teknologi Sumbawa

Sumbawa Besar

“Inspiring for Ummat”