Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Jaringan 5G Hadir Di Kota Semarang

Jaringan 5G yang dikabarkan akan hadir di Indonesia, kini telah ditargetkan untuk segera hadir di Kota Semarang. Hal itu diperkuat dengan adanya penandatanganan kerjasama proyek ducting jaringan 5G pada Jumat, 31 Januari 2020 kemarin. Selengkapnya...

Dalam waktu dekat masyarakat kota Semarang akan segera menikmati kecepatan layanan jaringan 5G pada akses telekomunikasi nya. Proyek ducting jaringan 5G kini telah ditandatangani dan akan dikerjkan dalam waktu dekat. Proyek ducting atau penanaman kabel jaringan serat optik akan dikerjakan oleh PT. Mora Telematika Indonesia atau yang disingkat sebagai Moratellindo dengan jumlah dana investasi sebesar Rp 617 Milyar. Pemerintah Kota Semarang telah melakukan penandatanganan kerjasama dalam proyek ducting ini.

"Selain menyongsong jaringan 5G, proyek ducting juga sekaligus membuat Kota Lumpia lebih baik. Artinya estetikanya, enggak ada kabel-kabel semrawut. Proyek penanaman kabel optik sebenarnya sudah direncanakan sejak 2016. Namun karena proses pelelangan gagal, proyek infrastruktur telekomunikasi ini terus diundur hingga urung terlaksana. Alhamdulillah hari ini kita memulai babak baru, perjanjian kerja sama bisa ditandatangani. Mereka (Moratellindo) menawarkan konsep investasi, semua pembiayaan dari investor. Kemudian kita membantu fasilitasi secara regulasi, koordinasi dengan pihak-pihak kementerian. " (Ujar Walikota Semarang, Hendrar Prihadi atau Hendi sapaan akrabnya).

Pemerintah Kota Semarang akan mengebut proses Peraturan Wali Kota. Dengan harapan agar dalam waktu sebulan groundbreaking proyek ducting dapat dikerjakan dengan melakukan penanaman kabel serat optik sepanjang 517 Kilometer. Hadirnya jaringan 5G bukan hanya keinginan pemkot Semarang saja, melainkan PT Moratellindo juga mengaku memiliki keinginan untuk menjadikan Kota Semarang sebagai pelopor jaringan 5G di Indonesia. Hal itu pula agar terwujudnya pelayanan kepada masyarakat dibidang telekomunikasi menjadi lebih baik dan cepat lagi serta dilihat dari sisi estetikanya agar tampilan Kota Semarang menjadi lebih indah dan modern lagi.

Untuk mendapatkan manfaat yang besar dari jaringan 5G ini, masyarakat diharapkan agar bersabar dan menikmati proses pada saat pengerjaan ducting nanti dilakukan. Karena pada saat proses pengerjaan ducting nanti, akan dilakukannya pembongkaran pada trotoar secara masif. Hal tersebut telah disampaikan oleh pemkot Semarang dan mengingatkan kepada para pekerja yang nantinya akan mengeksekusi proyek ducting tersebut untuk mengembalikan trotoar yang semula bagus menjadi bagus dan yang semula jelek diharapkan untuk dibaguskan.

Proyek ducting telah mendapatkan apresiasi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo RI). Proyek ducting ini merupakan terobosan awal terhadap pentingnya infrastruktur telekomunikasi dasar yang canggih dan merata. Dengan adanya proyek ducting nanti, maka setiap rumah akan memiliki layanan internet yang memiliki akses tingkat kecepatan yang tinggi. Karena di Era 5G itu butuh kabel optik dari BTS ke BTS dan disambungkan lewat ducting itu

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Abdul Rahim Tanjung

Universitas Teknologi Sumbawa

Sumbawa Besar

“Inspiring for Ummat”