Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Program Studi Teknik Sipil Terbaik Asal Kampus Indonesia Yang Mendunia

Teknik Sipil merupakan program studi atau jurusan atau departemen yang sudah sangat tua seiring berkembangnya jurusan-jurusan lain di Indonesia. Wajar saja sekarang ini Teknik Sipil menjadi salah satu jurusan terfavorit di Indonesia. Hal itu dikarenakan sudah banyaknya karya yang dihasilkan secara nyata. Lalu kampus mana saja di Indonesia yang memiliki program studi teknik sipil terbaik? ayo lanjutkan membacanya...!!!

Indonesia memiliki banyak sekali tersebar kampus dari Sabang sampai Merauke. Mulai dari kampus yang berstatus negeri maupun swasta. Terdapat banyak jenis jurusan yang ada di masing-masing kampus tersebut. Bahkan dibeberapa kampus memiliki jurusan yang terbaik salah satunya adalah Teknik Sipil. Lalu kampus mana sajakah yang memiliki jurusan Teknik Sipil terbaik di Indonesia:

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Institut Teknologi Bandung (ITB) menjadi salah satu kampus di Indonesia yang memiliki akreditasi berskala internasional, yaitu Accreditation Board of Engineering and Technology (ABET). Diantara jurusan yang terakreditasi oleh ABET adalah jurusan Teknik Sipil. Sudah tak terhitung lagi berapa banyak alumni Teknik Sipil ITB yang berkiprah di skala nasional bahkan internasional sudah diakui.

2. Binus University

Binus University merupakan kampus swasta terbaik di Indonesia. Tidak hanya lekat pada status menjadi kampus swasta terbaik di Indonesia, ia pun kembali menunjukkan kebenaran label terbaik tersebut dengan berhasil menyabet akreditasi internasional yaitu  Accreditation Board of Engineering and Technology (ABET) pada tahun 2015. Inilah kampus swasta satu-satunya di Indonesia yang berhasil menyabet akreditasi internasional salah satunya pada jurusan Teknik Sipil.

3. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali menunjukkan kualitas pendidikannya di bidang keteknikan dengan mendapatkan akreditasi internasional yaitu  Accreditation Board of Engineering and Technology (ABET). Terdapat 4 program studi yang mendapatkan akreditasi dari ABET yang diantaranya adalah program studi Teknik Sipil.

4. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)

Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) merupakan kampus yang sedang mempersiapkan program studi teknik sipil nya untuk di akreditasi oleh ABET sejak tahun 2018 dan saat ini teknik sipil ITS telah mengantongi sertifikat dari ASEAN University Network Quality Assurance (AUN-QA).

5. Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia memiliki departemen teknik sipil yang sudah terakreditasi oleh The Joint Board of Moderators of the Engineering Council yang berkedudukan di Inggris pada tahun 2001 dan terakreditasi oleh Asean University Network (AUN) pada tahun 2008.

6. Universitas Islam Indonesia (UII)

Universitas Islam Indonesia memiliki program studi teknik sipil yang sudah terakreditasi di skala internasional, diantaranya adalah Indonesia Accreditation Board for Engineering Education (IABEE) dan Japan Accreditation Board for Engineering Education (JABEE) pada tahun 2017.

7. Universitas Sebelas Maret (UNS)

Universitas Sebelas Maret menjadi bagian yang memiliki program studi teknik sipil yang terakreditasi secara internasional oleh ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA) pada tahun 2018.

8. Universitas Hasanuddin (UNHAS)

Universitas Hasanuddin telah cukup banyak memiliki sertifikasi akreditasi internasional yang diantaranya ada pada program studi teknik sipil yang diberikan oleh ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA) pada tahun 2017.

9. Universitas Tarumanagara (UNTAR)

Universitas Tarumanagara menjadi bagian kampus yang mendapatkan akreditasi internasional oleh Indonesia Accreditation Board for Engineering Education (IABEE) pada tahun 2018.

Itulah ke-9 kampus Indonesia dengan jurusan teknik sipil yang telah mendunia sejak awal tahun 2000-an dan bahkan ada yang baru mendapatkannya dan ada juga yang sedang mempersiapkannya.

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Abdul Rahim Tanjung

Universitas Teknologi Sumbawa

Sumbawa Besar

“Berfikir Merdeka dan Berkehendak Meraja Namun Tetap Bersahaja Bersama Masyarakat”