Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Smarthphone Yang Tidak Lagi Bisa Menggunakan WhatsApp di 2020

Saat ini sudah menjelang akhir 2019, tetapi kabarnya WhatsApp membuat keputusan untuk tidak lagi mendukung beberapa perangkat smartphone pada tahun 2020. Keputusan tersebut dikabarkan akan berdampak pada jutaan pengguna WhatsApp di seluruh dunia. Penasaran, mari simak berita berikut ini!!!

WhatsApp telah mengklaim saat ini ada 1,5 miliar pengguna platform mereka di berbagai negara, termasuk pula Indonesia. Keputusan untuk tidak lagi mendukung smartphone Android dan iOS yang berumur lawas, serta Windows Phone, diprediksi akan mempengaruhi jumlah penggunanya saat ini. Di muat dalam situs resmi WhatsApp, bahwa mereka memberikan pengumuman mulai tanggal 31 Desember 2019 bagi pengguna Windows Phone dengan semua versi OS-nya tidak akan lagi dapat menggunakan WhatsApp.

Selain Windows Phone, WhatsApp juga memastikan mulai tanggal 1 Februari 2020, pengguna iPhone dengan sistem iOS 8 atau lebih tua tidak akan lagi dapat menggunakan aplikasi WhatsApp. Bukan hanya itu, di tanggal yang sama pula, sistem Android Gingerbread versi 2.3.7 atau yang lebih lama tidak akan lagi didukung oleh WhatsApp. Untuk sistem operasi Android Gingerbread memang tergolong lawas, karena dirilis pada tahun 2010. Sementara itu, iOS 8 diperkenalkan pertama kali pada tahun 2014.

WhatsApp mengungkapkan alasannya, bahwa dengan menghentikan dukungan untuk smartphone yang berumur lawas, bisa fokus untuk mengembangkan fitur-fitur terbaru yang bisa diaplikasikan di sistem operasi yang lebih terbaru yang saat ini banyak digunakan oleh orang-orang. Bukan hanya itu, alasan yang lainnya adalah dengan meluncurkan fitur dan pembaruan ke perangkat lama atau usang akan menghambat aplikasi mereka untuk berkembang. Itulah sebabnya mengapa WhatsApp secara aktif menghentikan dukungan untuk perangkat yang lebih tua dan sistem operasi yang sudah lama.

Terdapat tiga versi sistem operasi yang akhir tahun 2019 ini tidak akan didukung lagi oleh WhatsApp. Bagi perangkat yang masih menggunakan tiga versi OS tersebut tidak bisa mengirim atau menerima pesan teks, video, hingga menelpon dan video call, selain itu pengguna juga tidak bisa bikin akun atau verifikasi akun kembali. Untuk mengetahui versi smartphone Android-mu, kalian bisa ikuti langkah berikut ini:

1. Buka menu "Settings".

2. Pilih "System", lalu klik.

3. Cari menu "About Phone", lalu klik.

4. Kemudian cari bagian "Android Version" dan lihat nama atau angka yang tertera.

5. Pastikan teks yang tampil bukan versi Android Gingerbread 2.3.7. Perangkat yang menggunakan Android versi ini adalah keluaran tahun 2010.

Untuk pengguna iPhone bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Buka menu "Settings".

2. Cari dan tekan "General".

3. Pilih "About".

4. Di halaman "About" terdapat bagian "Software Version", lalu lihat angka yang tertera.

5. Pastkan bukan angka 8 atau di bawahnya yang menandakan iPhone kamu masih menggunakan iOS 8. Perangkat iPhone yang masih menggunakan iOS versi ini biasanya adalah keluaran tahun 2014.

Bagi pengguna WhatsApp di perangkat lawas yang mau berpindah, cukup instal WhatsApp dan verifikasi nomor telepon di perangkat yang lebih baru. Perlu diingat, WhatsApp hanya dapat diaktifkan dengan satu nomor telepon pada satu perangkat dalam satu waktu.

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Abdul Rahim Tanjung

Universitas Teknologi Sumbawa

Sumbawa Besar

“Inspiring for Ummat”