Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

The Great Wall of Japan: Protection from Tsunami (?)

Setelah dilanda gempa berkekuatan 9,0 SR dan tsunami setinggi 10 meter, akhirnya pemerintah Jepang memiliki ide untuk membuat dan membangun dinding besar penahan gelombang tsunami. Dinding penahan tsunami tersebut adalah dinding pertama kali yang dibangun di Asia. Dinding tersebut dibangun di sepanjang pantai Jepang. Ternyata dari pembangunan tersebut masih saja ada masyarakat yang kecewa akan kekhawatirannya dan adapula yang bahagia. Lalu seperti apasih dinding penahan tsunami milik Jepang ini? Let's do it...

Jepang adalah negara yang maju pesat akan teknologi nya. Kecanggihan yang dimiliki Jepang menjadikan mereka adalah negara yang kaya akan teknologi dan maju akan sumber daya manusia nya. Namun, tak lepas dari kelebihan yang dimiliki oleh Jepang tetap saja ada sisi kelemahan yang mereka miliki yaitu Jepang termasuk salah satu negara yang dilewati oleh cincin api Pasifik.

11 Maret 2011 yang lalu, gempa besar dengan kekuatan 9,0 SR mengguncang kawasan Tohoku di lepas pantai Samudera Pasifik. Lebih tepat lagi di wilayah Timur Sendai, Honshu-Jepang. Dengan kekuatan gempa yang lebih dari 5,0 SR tersebut, tak hanya dirasakan oleh masyarakat wilayah Timur Sendai saja. Namun, masyarakat Jepang di bagian Utara dan Tokyo.

Gempa yang dengan kekuatan besar tersebut berhasil menciptakan gelombang tsunami dengan ketinggian 10 meter dan menghantam wilayah Pesisir Prefektur Miyagi dan sekitarnya. Segala jenis bangunan, kendaraan, jalan layang dan lainnya habis di sapu oleh gelombang tsunami tersebut. Tercatat oleh tim SAR bahwa korban tsunami mencapai +15000 korban jiwa.

Pasca dari kejadian tsunami yang menghantam Jepang tersebut, menjadikan pemerintah Jepang berfikir kembali bagaimana cara untuk menjaga rakyatnya dari bencana tsunami kedepannya. Akhirnya, dibangun lah dinding penahan gelombang tsunami di sepanjang pesisir pantai Jepang. Ide dari pemerintah Jepang pun, tidak bisa dikatakan dapat diterima oleh semua masyarakat Jepang dengan alasan-alasan yang berbeda-beda.

Berikut beberapa fakta terkait dinding penahan gelombang tsunami milik Jepang:

1. Memiliki Tinggi 12,5 Meter

2. Berfungsi sebagai pemecah ombak (breakwater)

3. Dapat Memecah Gelombang Tsunami

Itulah fakta terkait dinding penahan gelombang tsunami milik Jepang. Pembangunan dinding tersebut akan direncanakan selesai pada tahun 2020. Pembangunan dinding tersebut menghabiskan dana hingga 1,35 Triliun Yen.

Hebat dan ide yang sangat bagus untuk menyelamatkan rakyatnya. Kira-kira jika dibangun di Negara Indonesia apakah efektif?

Semoga negara-negara yang rawan bencana Gempa dan Tsunami dapat kuat dan selalu waspada.

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Abdul Rahim Tanjung

Universitas Teknologi Sumbawa

Sumbawa Besar

“Berfikir Merdeka dan Berkehendak Meraja Namun Tetap Bersahaja Bersama Masyarakat”