Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

√ 3 Alat Ampuh Pelumpuh Drone Liar

Tau drone kan? Itu lho piring yang bisa terbang. Ehh bukan ding, penasaran? Oke simak aja artikelnya!

Drone atau pesawat tanpa awak merupakan sebuah perangkat elektronik yang bisa terbang dengan kendali dengan remot kontrol.

Sekarang ini banyak sekali drone yang dijual murah di pasaran, mulai dari harga ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah.

Sehingga, tak heran apabila dari mulai anak kecil sampai orang dewasa bisa memiliki barang canggih ini.

Namun apa jadinya, jika perangkat yang bisa melayang di udara ini dioperasikan di tempat sembarangan dan tanpa meminta izin petugas setempat.

Contohnya saja seperti drone yang diterbangkan di dekat bandara, hal itu tentunya akan menggangu penerbangan.

Untuk mengatasi masalah tersebut, beberapa perusahaan di berbagai belahan dunia menciptakan alat yang bisa menangkap drone.

1. Battle Drone Defender

Alat yang satu ini didesain laiknya sebuah senapan laras panjang. Cara menggunakannya sama-sama diarahkan ke target. Namun yang keluar bukanlah sebuah peluru, melainkan sinyal yang dapat mengacaukan remot kontrol si pilot drone dan juga GPS-nya.

Alat ini mampu menembakkan sinyal pengacau hingga radius 400 meter. Drone yang dibidik dapat dikendalikan dan dipaksa turun hingga ke permukaan tanah.

Battle Drone Defender ditujukan untuk membantu aparat pemerintah dalam menangkap drone ilegal yang terbang tanpa ijin. Wah berfaefah banget ya.

2. Sky Wall

Bentuknya seperti basoka, cara menggunakannya pun demikian. Sky Wall dibuat untuk menangkap drone liar dengan menembakkan jaring ke arah sasaran. Meskipun terdengar kurang meyakinkan, nyatanya alat ini mampu melemparkan jaring hingga ratusan meter.

Sky Wall dilengkapi dengan sistem komputerisasi yang mampu mengunci target. Jaring yang keluar pun dapat hinggap dengan akurat pada drone yang dibidik. Hebat kan?

Eits tunggu dulu, ada yang tak kalah hebat lho. Drone yang sudah tertangkap diturunkan secara perlahan dengan sebuah perasut yang mengembang beberapa saat setelah ditembakkan. Wow keren!

3. Excipio Net Drone

Drone menangkap drone, terdengar aneh ya? Tapi beneran lho, drone ini memang diciptakan khusus utntuk menangkap drone-drone liar.

Caranya pun sama dengan Sky Wall. Yaitu menggunakan jaring untuk menangkapnya. Drone penangkap ini terbang mendekati targetnya, lalu sebuah jaring dilempar ke arah drone ilegal tersebut.

Kelemahan dari drone penangkap ini yaitu tidak dilengkapi dengan parasut untuk menurunkan drone. Sehingga, mungkin saja drone yang ditangkap jadi rusak saat jatuh ke tanah.

Wah sayang banget ya?

Nah, guys itulah ketiga alat canggih untuk melumpuhkan drone yang terbang ilegal. Perlu diingat, bagi kalian yang ingin menerbangkan drone, ada baiknya untuk memperhatikan lokasi dan ijin terbang.

Semoga informasi tersebut dapat memberikan secercah manfaat kalian. Terima kasih, dan...

#SalamTeknik

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Kak Yull

“Sharing is a part of my soul”