Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

4 Alat Hebat yang Justru Disesali Penciptanya

Masih ingatkah Anda, ketika kota Nagasaki dan Hirosima hancur oleh dentuman bom atom yang meluluhlantakkan, dan ribuan nyawa tak berdosa ikut menanggung akibatnya. Iya, itulah sepenggal sejarah yang mungkin pernah kita dengar dari guru IPS kita waktu SD. Namun, pernahkah kalian bertanya? “Siapakah penemu bom atom, dan untuk apa diciptakan?”

Halo Engineer,

Teknologi diciptakan tentunya bertujuan untuk memudahkan kegiatan manusia ya. Tapi, apa jadinya jika suatu hal yang awalnya diniatkan untuk kebaikan, justru disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Seandainya saja, setiap manusia mampu membendung keserakahannya itu. Bukan tidak mungkin dunia ini akan damai selamanya.

Perpecahan timbul karena masing-masing pihak saling mengedepankan ego. Demi harta, pangkat dan kekuasaan, segala jalan dihalalkan.

Jika kita sudah berbicara tentang hasrat dan ego manusia, maka rasa kemanusian itu akan perlahan sirna.

Banyak sekali kasus yang kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, di mana sifat rakus dan tamak manusia,  pada akhirnya akan membawa malapetaka.

Cobalah sejenak kita tengok sejarah yang telah lama berlalu. Tentang kisah-kisah kelam penciptaan teknologi canggih, yang pada akhirnya malah merugikan umat manusia.

Jika saja sang penemu mampu meramal apa yang akan terjadi dengan alat temuannya. Bisa dipastikan para ilmuwan tersebut akan mengurungkan niatnya.

Di mata kita, para ilmuwan yang jenius patut dibanggakan karena penemuannya yang mengubah dunia. Namun kita tidak pernah tahu, bahwa sang penemu merasa sangat bersalah dan menyesal karena temuannya yang berdampak negatif dan merugikan untuk manusia.

Inilah 4 penemuan hebat yang justru disesali penemunya:

1.      Bom Atom - J. Robert Oppenheimer dan Albert Einstein

Masih ingatkah kalian tentang pemboman dahsyat oleh sekutu di dua kota negara Jepang? Iya, kota Nagasaki dan Hirosima. Otak jenius dari terciptanya senjata pemusnah masal itu adalah Oppenheimer dan Albert Einstein.

Sebagai direktur pengembangan bom atom, Oppenheimer menciptakan sebuah bom yang memiliki daya ledak super tinggi. Tapi Ia tak sendirian, karena bom atom tidak akan pernah ada tanpa teori-teori dari Enstein.

Hal inilah yang akhirnya membuat Oppenheimer hidup dalam penyesalan. Setelah mengetahui alat temuannya digunakan untuk memusnahkah ribuan nyawa tidak berdosa.

Begitu pula dengan Einstein, Ia menyesal karena telah bersedia membubuhkan tanda tangannya pada sebuah perjanjian (Penelitian dan Pengembangan Bom Nuklir) dengan Franklin D. Roosevelt, presiden AS pada masa Perang Dunia II.

2.      Dinamit - Alfred Nobel

Ia  lahir di Stockholm pada tanggal 21 Oktober 1833 dari Pasangan Andriette Ahlsell dan Immanuel  Nobel. Ayahnya seorang insinyur sekaligus pengusaha dalam bidang konstruksi.

Ayah Alfred juga seorang yang suka melakukan eksperimen, khususnya dalam hal penghancuran bangunan. Bisnis inilah yang pada akhirnya menghantarkan ia menjadi seorang penemu dinamit.

Dinamit yang berasal dari bahasa Yunani, yaitu dynamis yang berarti tenaga atau daya. Bahan pembuatannya berasal dari campuran nitrogliserin dengan bubuk mesiu yang dibakar dengan bantuan sumbu.

Sayangnya, penemuan dinamit pada tahun 1860 yang awalnya ditujukan untuk keperluan konstruksi malah disalahgunakan untuk menghancurkan dan membunuh manusia.

Kejadian inilah yang akhirnya disesalkan oleh Nobel. Hingga ia memutuskan untuk memberikan royaltinya kepada siapapun yang ingin membawa pengaruh baik pada dunia.

3.      Pepper Spray - Kamran Loghman

Mungkin masih asing di telinga kalian tentang alat ini, Pepper Spray merupakan alat semprot yang berisi cairan merica. Umumnya alat ini digunakan untuk perlindungan diri dari tindak kejahatan.

Penciptanya adalah Kamran Loghman, yang mengembangkan alat tersebut untuk kepentingan FBI.

Namun Loghman merasa menyesal saat mengetahui alat temuannya tersebut digunakan untuk menyerang aksi damai di New York dan Seatle.

Ia merasa bertanggung jawab atas kejadian tersebut, senjata yang seharusnya digunakan untuk pertahanan malah disalahgunakan untuk melukai orang-orang tak berdosa.

4.      Senjata AK-47 (Mikhail Kalashnikov)

Jika kalian suka baca novel ataupun nonton film action pasti tak asing dengan senjata yang satu ini. FYI, Senjata ini pernah digunakan oleh negara-negara blok timur saat perang dingin. Kelebihannya, AK-47 mampu memuntahkan banyak peluru dalam hitungan detik.

Selain mematikan, senjata ini juga dijual dengan harga yang tidak begitu mahal. Artinya, nilai ekonomisnya ada.

Namun sayang, ia merasa sangat bersalah saat menyaksikan kematian banyak orang di dunia akibat temuannya.

Nah itulah 4 alat canggih yang disesali oleh penemunya. Semoga menjadi pelajaran dan semakin menambah wawasanmu tentang informasi teknologi di berbagai belahan dunia!

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Kak Yull

“Sharing is a part of my soul”