Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

5 Peluang Bisnis Menguntungkan Untuk Mahasiswa Teknik Informatika

Kuliah sambil kerja adalah langkah besar yang mungkin diambil oleh mahasiswa yang ingin hidup mandiri. Membiayai kuliah sendiri, memakai uang jajan dengan hasil keringat sendiri, dan yang paling terpenting tidak bergantung pada orang tua. Namun apakah itu cara yang efektif untuk membantu proses perkuliahan? Apakah ada solusi yang lebih baik? Ada, jawabannya adalah dengan BERBISNIS. Pada artikel kali ini, penulis akan membagikan 5 Peluang Usaha Menguntungkan Untuk Mahasiswa. So, simak aja!

Sebagai seorang anak kuliahan, tentunya pola pikir kita tidak boleh disamakan dengan anak SMP/SMA. Mungkin saat duduk di bangku  sekolah menengah, kita bisa dengan leluasa minta uang jajan pada orang tua.

Tapi, ketika sudah beranjak dewasa dan masuk salah satu perguruan tinggi negeri maupun swasta, apakah hal itu masih berlaku?

Iya kalau kita termasuk mahasiswa dari keluarga yang berada. Kalau kita hanya berasal dari keluarga yang pas-pasan? Tentu kita malu dong. Mau ditaruh di mana muka ini?

Terkadang biaya kuliah dan kebutuhan uang saku menjadi beban tambahan bagi para mahasiswa yang ingin hidup mandiri. Sehingga, kemungkinan besar jalan keluar yang akan diambil adalah kuliah sambil kerja.

Selain berusaha menjadi anak yang mandiri, secara tidak langsung mereka sudah bisa meringankan beban orang tua.

Lalu apakah mereka yang berjuang membayar tagihan uang kuliah sendiri dengan bekerja sambilan, bisa menjalankan proses belajarnya dengan baik? Saya yakin pasti tidak akan bisa fokus.

Seorang mahasiswa yang kreatif biasanya memiliki cara tersendiri dalam menunjang proses perkuliahannya di kampus. Khususnya pada mahasiswa teknik.

Pernah dengar slogan, “Trust me! I’m an Engineer.”

Kalau iya, berarti kita sama.

Akan selalu ada solusi ampuh dalam mengatasi segala permasalahan.

“Kalau berbisnis bisa menghasilkan uang, kenapa harus bekerja pada seseorang.” Itulah ide cemerlang yang mungkin dipikirkan oleh mahasiswa teknik.

Lalu, bisnis yang seperti apa? Tentunya yang menguntungkan dong.

Berikut ini, 5 Peluang usaha menjanjikan yang bisa dijalankan Mahasiswa Teknik Informatika dengan modal kecil:

1.       Jasa Desain Grafis

Kamu termasuk mahasiswa yang jago gambar? Jika iya, selamat, mulai sekarang kamu bisa menguangkan hasil karyamu melalui kemampuan desain grafis.

Banyak sekali jasa yang bisa kamu tawarkan, mulai dari desain; cover buku, poster, spanduk, banner, baleho, logo, undangan, dan lain sebagainya.

Gunakan imajinasimu untuk membuat karya menarik dan disukai pelanggan, yang pada akhirnya jika mereka puas, akan ada repeat order (transaksi ulang)  dari mereka. Sehingga hal itu akan bisa menambah pundi-pundi rupiah yang kamu miliki.

Software yang dibutuhkan : Kamu bisa menggunakan Photoshop atau Corel Draw untuk menghasilkan karya-karya yang menarik.

2.       Jasa Pembuatan Blog/Website

Di era digital, semua hal bisa dilakukan dengan internet. Mulai dari promosi produk hingga transaksi online, semuanya menggunakan layanan internet.

Saat ini, banyak sekali instansi pendidikan (sekolah), perusahaan, maupun individu (perseorangan) yang memiliki website sendiri. Peluang ini tentunya menjadi ladang uang yang menjanjikan.

Jika kamu termasuk mahasiswa yang cukup tahu tentang coding, ini akan menjadi kabar baik. Untuk menjalankan usaha ini, tentu dibutuhkan keahlian dalam mengolah kode.

Kamu bisa menggunakan PHP (Personal Home Page) atau bisa juga menggunakan metode konvensional yaitu CMS (Content Management System) seperti wordpress.

Hal lainnya yang tak kalah penting adalah sewa domain dan hosting. Umumnya dibayar per tahun untuk sewa domain dan hosting. Kamu bisa membelinya melalui jasa penyedia lokal maupun luar negeri.

3.       Jasa SEO

Pemilik blog atau website pasti menginginkan artikelnya bisa nangkring di ranking 1 hasil pencarian Google. Untuk melakukannya, diperlukan keahlian tentang SEO (Search Engine Optimizer) yaitu suatu metode yang dilakukan untuk optimasi mesin pencari.

Tujuannya adalah agar artikel dari pemilik website bisa dengan mudah terindex dan muncul di halaman satu Google.

Bagi praktisi SEO, peluang ini bisa dijadikan salah satu alternatif untuk menghasilkan uang. Bagi mahasiswa yang masih pemula, jangan khawatir, kalian bisa memulainya dengan belajar secara otodidak.

Bagian terpentingnya adalah bagaimana  kita bisa menghasilkan konten dengan hasil yang berkualitas. Sudah barang tentu, keterampilan riset kata kunci dan menulis artikel sangat diperlukan di sini.

Sesudah itu baru kita bisa melakukan optimasi SEO, dengan cara membuat judul artikel dengan jumlah pencarian tinggi, menaruh beberapa kata kunci (keyword) di artikel, promosi konten, dan masih banyak lagi.

4.       Jasa Service Laptop/Komputer

Selain ahli di bidang software,  seorang mahasiswa IT pastinya mengerti tentang seluk beluk hardware pada laptop maupun komputer.

Kemampuan analisis yang kuat diperlukan dalam menentukan letak kerusakan pada komponen.

Peralatan yang dibutuhkan tentunya harus lengkap untuk menunjang proses perbaikan pada laptop atau komputer.

Jika kamu salah satu termasuk mahasiswa yang terlatih untuk melakukan perbaikan komputer. Bisnis ini layak kamu jalankan.

5.       Jasa Install Ulang Laptop/Komputer

Semua orang yang punya laptop/komputer belum tentu bisa melalukan install ulang jika suatu saat laptopnya bermasalah. Terkadang lisensi yang sudah kadaluwarsa dan laptop lemot karena terinveksi virus, membuat mereka menyerahkan laptopnya pada yang ahli.

Peluang ini bisa kamu manfaatkan dengan membuka jasa install ulang. Untuk menjalankannya, kamu memerlukan alat tambahan guna menunjang proses instalasi.

Berikut ini, daftar peralatan yang dibutuhkan:

  • Hard Disk
  • Flash Disk
  • DriverPack Solution
  • CD Master OS Windows
  • Serial Number/Product Key
  • Software pendukung seperti; Microsoft Office 2010, Game, Video Player, MP3 Player, Photoshop, Corel Draw, dll.

Untuk jasa iSntall ulang laptop komputer/laptop biasanya dibanderol dengan harga Rp. 50.000 – Rp. 100.00. Menarik bukan?

Nah itulah, 5 peluang bisnis menguntungkan untuk Mahasiswa Teknik Informatika dengan modal kecil namun menjanjikan. Semoga bisa menambah wawasan tentang peluang usaha yang bisa kamu jalankan sambil kuliah.

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Kak Yull

Sekolah Tinggi Teknik Pati

Indonesia

“Sharing is a part of my soul”