Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Ketika Usiamu Menginjak 20 Tahun, 10 Mindset Ini Harus Segera Kamu Ubah!

Memang benar, umur tidak menjamin kedewasaan. Banyak sekali kita temui bahwa orang dewasa sekalipun terkadang masih bertindak seperti anak-anak, alay, dan tidak tahu diri. Menginjak usia 20-an tahun, seseorang tentu harus bisa bersikap dan bermental seperti orang dewasa sungguhan.

Kedewasaan seseorang tidak bisa diukur dengan mengetahui berapa tahun umurnya. Anak kecil yang umurnya belasan tahun mungkin bisa disebut masih remaja. Namun jika yang kita jadikan tolok ukur adalah cara ia bersikap melebihi orang dewasa, kita seharusnya malu pada mereka.

Banyak sekali orang-orang di belahan dunia ini yang masih belum bisa mengubah mindset-nya. Mereka terjebak oleh zona nyaman dan keterbelakangan cara berpikir. Padahal, jika saja mereka bertekad untuk mengubah pola pikirnya, bukan tak mungkin masa depan berada dalam genggamannya.

Saat berselancar di media sosial. Saya menemukan sebuah tulisan yang membuat saya merenungi setiap butir-butir nasihatnya. Dalam sekali, hingga saya berniat untuk menulis ulang dan membagikannya kepada teman-teman semua.

Tulisan ini tentang 10 pola pikir yang harus kamu ubah ketika berusia 20 tahunan. Mari kita simak dan renungi mutiara kata di bawah ini!

1. Kamu masih anak-anak!

Bullshit! Jika kamu masih berpikir demikian, segera bangun! Tidak ada banyak waktu tersisa. Kamu sudah membuktikannya sendiri, kan?

2. Kalau bisa dikerjakan besok, kenapa harus sekarang?

Buang jauh-jauh nasihat bodoh di atas! Dunia bahkan kadang tidak ramah pada pekerja keras sekalipun. Jangan malas!

3. Semua kerja keras akan dihargai!

Percayalah! Seluruh usaha yang kamu lakukan tak akan selalu dihargai oleh orang lain. Kamu tentu sudah memahaminya kan? Bekerjalah dengan tulus!

4. Semuanya akan baik-baik saja!

Tidak seperti itu! Selama 20 tahun berlalu tentu ada beberapa hal yang tidak baik-baik saja. Kamu harus sadar bahwa semuanya tidak akan berjalan sesuai kehendakmu.

5. Segala hal yang nyaman, berguna bagimu!

Kamu tidak bisa rebahan terus menerus. Kiranya, waktu 20 tahun itu sudah cukup. Mulailah bergerak meninggalkan zona nyaman!

6. Kamu selalu fit!

Kamu harus memberi perhatian penuh pada tubuhmu. Kesehatanmu tak sebaik saat masih sekolah dulu. Terapkanlah hidup sehat!

7. Kamu masih tanggung jawab orang tua!

Sayang sekali tidak teman! Perutmu adalah tanggung jawabmu, kamu harus mulai memikirkan cara untuk mengisinya dengan kedua tanganmu sendiri!

8. Orang tuamu masih sehat!

Sadarlah! Ada hutang mereka yang tidak pernah mereka ceritakan kepadamu. Ada air mata jatuh yang tak pernah kamu lihat. Usia mereka semakin senja. Kamu harus mulai berpikir untuk tidak membebani mereka.

9. Keluarga dan sahabat selalu mendampingimu!

Tidak! Kamu harus segera bertindak agar tidak selalu bergantung pada mereka!

10. Semuanya akan berakhir baik!

Big No! Sayang sekali tidak. Menjadi dewasa adalah bersiap untuk menerima segala akhir yang buruk. Jauh lebih baik lagi untuk memikirkan skenario terburuk dan mengambil pelajaran bernilai darinya.

Menjadi dewasa bukan pekerjaan yang ringan. Usia 20 tahun adalah gerbang awal kerasnya kehidupan.

Tidak segala hal berakhir sesuai keinginanmu. Tidak semua yang baik akan dibalas dengan kebaikan pula!

Keruntuhanmu mungkin dirayakan oleh orang lain, dan itu hal yang wajar. Tapi, kamu harus kuat dan membuktikan pada dunia bahwa kamu bisa bangkit dan berdiri tegap.

Mimpi-mimpi besarmu telah kamu rajut selama 20 tahun, sekaranglah waktu yang tepat untuk bangun dan berjuang untuk menjadikannya kenyataan!

Sumber inspirasi: id.quora.com [Slamet Suharto] | Kak Yull

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Kak Yull

“Sharing is a part of my soul”