Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Bentuk Kepedulian Dunia Lewat Hari Pangan

FAO menetapkan 16 Oktober sebagai Hari Pangan Sedunia sebagai bentuk kepedulian terhadap situasi pangan dan pertanian di dunia

Organisasi Pangan dan Pertanian (bahasa inggris: Food and Agriculture Organization/FAO) merupakan organisasi yang bertujuan untuk meningkatkan nutrisi, taraf hidup, serta meningkatkan kegiatan ekonomi dalam bidang pangan dan pertanian. Organisasi ini berada dibawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang didirikan pada tahun 1945 di Kanada.

Pada konferensi FAO yang ke-20 atas usul Delegasi Menteri Pertanian dan Pangan Hongaria, Dr. Pal Romany menetapkan tanggal 16 Oktober sebagai Hari Pangan Sedunia. Tanggal tersebut dipilih karena merupakan tanggal yang bertepatan dengan berdirinya FAO. Ketetapan tersebut diatur oleh FAO pada resolusi No.179 mengenai World Food Day (Hari Pangan Sedunia) yang mulai diperingati pada tahun 1981 oleh seluruh anggota FAO.

Selain untuk memperingati hari berdirinya Organisasi Pangan dan Pertanian, peristiwa hari pangan sedunia juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan perhatian masyarakat baik di Indonesia maupun global akan pentingnya penanganan masalah pangan, mulai dari kemiskinan,  kelaparan hingga makanan bergizi.

Setiap tahunnya Hari Pangan Sedunia mengusung berbagai tema untuk menitikberatkan pada bagian pangan yang memerlukan perhatian khusus. Tahun ini tema yang diangkat yaitu “Our actions are our future” dengan harapan aksi yang dilakukan dapat berdampak untuk masa depan pangan dan pertanian di dunia. Peringatan Hari Pangan Sedunia di Indonesia diselenggarakan oleh Kementerian Pertanian sebagai promotor penyelenggara dan berkolaborasi dengan kementerian lainnya.

Tanggal 18-20 Oktober mendatang akan diperingati Hari Pangan Sedunia di Kalimantan Selatan yang sekaligus untuk melakukan optimalisasi lahan rawa dalam meningkatkan hasil pangan nasional. Program ini dilakukan karena lahan rawa dinilai memiliki potensi besar untuk dimanfaatkan sebagai lahan pertanian produktif.

Selamat Hari Pangan Sedunia. Semoga seluruh masyarakat dunia terhindar dari kelaparan dan kemiskinan yang melanda.

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Luthfi Wiggi

“”