Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

5 Gadget yang Bisa Membantu Meningkatkan Produktivitas Selama WFH

Sampai saat ini pandemi virus corona masih terus mengalami penambahan jumlah kasus positif setiap harinya. Sehingga banyak kegiatan yang juga belum bisa berjalan normal, masih berjalan secara online. Seperti beberapa tempat kerja dan seluruh Lembaga Pendidikan yang masih dilakukan full remote dari rumah.

Sampai saat ini pandemi virus corona masih terus mengalami penambahan jumlah kasus positif setiap harinya. Sehingga banyak kegiatan yang juga belum bisa berjalan normal, masih berjalan secara online. Seperti beberapa tempat kerja dan seluruh Lembaga Pendidikan yang masih dilakukan full remote dari rumah. Oleh karena itu, pada artikel kali ini akan kita bahas gadget penting yang dijamin bisa memaksimalkan kegiatan work from home kalian. Apa aja sih? Yuk simak!

1. Webcam

Walaupun saat ini semua laptop keluaran terbaru telah dilengkapi dengan fitur web camera, tapi tambahan gadget webcam ini tetap bisa sangat membantu kalian dalam memaksimalkan kegiatan work from home kalian. Terlebih jika kalian sering melakukan rapat online terkait pekerjaan atau sekolah dengan kerabat. Supaya gambarnya lebih jernih dan kegiatan kerja menjadi lebih efisien, webcam ini membantu banget. Harganya dipasaran berkisar dari mulai dibawah 500ribu rupiah sampai jutaan rupiah.

2. Extended Monitor

Extended monitor memungkinkan menampilkan desktop ke dalam dua layar, pada mode extended ini kalian bebas mengatur posisi monitor pertama ataupun kedua sehingga kalian juga bisa menggerakkan kursor dengan leluasa.

Teruntuk kalian yang kerja dibagian pemrograman, fotografi ataupun video editing, gadget yang satu ini sangat berguna banget nih untuk menampilkan gambar pekerjaan yang sedang digarap supaya lebih detailnya. Sehingga setiap pekerjaan yang sedang dikerjakan bisa lebih maksimal oleh bantuan tampilan dari extended monitor.

3. SSD external

SSD (Solid State Drive) adalah jenis media penyimpanan yang juga lumayan berperan penting dalam memaksimalkan WFH kalian. Berbeda dengan harddisk, media penyimpanan yang biasanya kita kenal, SSD mempunyai ketangguhan serta keamanan yang lebih dapat terjamin. Sementara harddisk memiliki unsur bergerak, sehingga akan lebih efisien jika kalian menggunakan SSD sebagai media penyimpanan setelah harddisk di komputer kalian. Meskipun pada dasarnya mereka sama, tetapi SSD lebih direkomendasikan karena SSD memiliki kecepatan pengiriman data yang jauh lebih cepat dibandingkan dengan HDD. Walaupun harganya lebih mahal, tidak akan rugi rasanya kalian mengeluarkan uang sedikit lebih banyak untuk waktu kerja kalian supaya lebih efisien.

4. Drawing Pad

Drawing pad merupakan salah satu hardware input komputer yang digunakan untuk menggambar dengan tangan lalu gambar atau sketsa akan langsung masuk ke komputer. Sama dengan menggambar menggunakan pensil di kertas biasa, hanya saja drawing pad ini langsung terhubung ke komputer.

Apabila pekerjaan kalian berhubungan dengan desain, drawing pad ini akan sangat membantu kalian jika sedang melakukan work from home. Sebab fungsi utamanya yang sangat penting ketika ingin membuat sketsa desain sebagai draft atau konsep untuk diserahkan ke klien.

5. Power Bank untuk Laptop

Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan gadget yang satu ini, power bank untuk laptop. Walaupun laptop memiliki baterai yang dengan mudah untuk diisi ulang, tetap saja power bank ini akan memaksimalkan WFH kalian jika terjadi pemadaman listrik dan kalian sedang dalam keadaan buru-buru untuk mengirimkan pekerjaan. Gadget ini dapat dimanfaatkan guna membantu mengisi daya baterai laptop pada saat pemadaman listrik berlangsung.

Nah, itu tadi beberapa gadget yang akan membantu memaksimalkan kegiatan WFH kalian. Meskipun berkegiatan dari rumah tetap tidak mengurangi nilai produktifnya ya.

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Sukris susanti

Universitas Trunojoyo Madura

Bangkalan

“love your life”