Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Cara Mudah Mengetahui Whatsapp Kita Disadap Orang

semakin banyaknya pengguna whatsapp, semakin banyak pula peluang kejadian tidak diinginkan yang mungkin saja terjadi. Contohnya, penyadap an akun whatsapp oleh oknum tertentu. Kali ini bakal kita bahas pertanda apa saja yang dapat kita perhatikan untuk mengetahui whatsapp kita sedang diretas orang. Yuk simak!

Saat ini hampir semua orang memilih aplikasi whatsapp untuk keperluan chatting mereka. Tidak heran, jika whatsapp menjadi salah satu aplikasi chatting dengan pengguna paling banyak didunia. Terbukti pada tahun 2019, diketahui jumlah pengguna whatsapp aktif mencapai 1,3 miliar diseluruh negara. Dan jumlah tersebut terus meningkat setiap tahunnya, bahkan hingga 30% peningkatan pertahun.

Oleh karena semakin banyaknya pengguna whatsapp, semakin banyak pula peluang kejadian tidak diinginkan yang mungkin saja terjadi. Contohnya, penyadap an akun whatsapp oleh oknum tertentu. Kali ini bakal kita bahas pertanda apa saja yang dapat kita perhatikan untuk mengetahui whatsapp kita sedang diretas orang. Yuk simak!

1. Terdapat sebuah pesan yang tiba-tiba telah terbaca

Tanda pertama yang dapat kita perhatikan ketika ingin mengetahui whatsapp kita disadap orang lain adalah adanya sebuah pesan yang secara tiba-tiba sudah berstatus terbaca. Pesan yang belum dibaca umumnya bertanda seperti pada gambar dibawah ini.

Namun jika secara tiba-tiba tampilan berubah menjadi seperti ini:

Itu tandanya ada orang yang telah membuka pesan tersebut lewat perangkatnya. Tanda ini seperti nya jarang disadari pemilik akun karena sering kali pengguna lupa dan tidak begitu memperthatikan. Maka dari itu sebaiknya kita lebih teliti terhadap hal sepele macam ini.

2. Terdapat sebuah pesan terkirim yang bukan dilakukan oleh pemilik akun whatsapp

Tanda yang dapat kita perhatikan selanjutnya yaitu ada pesan terkirim yang bukan dilakukan oleh pemilik akun tersebut. nah, jika tiba-tiba akun whatsapp anda mengirim pesan ke seseorang baik gambar video ataupun teks, padahal kalian tidak merasa melakukan itu. Fix ada yang mencoba meretas akun kalian menggunakan perangkat lain.

3. Status whatsapp tetap online padahal pemilik sedang menonaktifkan smartphonenya

Jika kalian melihat akun whatsapp kalian berstatus sedang online melalui smartphone teman kalian, padahal jelas-jelas ponsel kalian sedang mati atau offline. itu pertanda bahwa sedang ada orang lain yang menggunakan akun whatsapp kalian.

4. Terdapat notif bar bahwa whatsapp web sedang aktif

Notif bar ini tidak disemua smartphone bisa muncul apabila whatsapp webnya sedang aktif. Hanya versi android terbaru saja yang sudah mengadopsi fitur ini, seperti android versi kitkat tidak akan memunculkan notif apa-apa jika whatsapp web di ponsel tersebut aktif. jadi, jika di smartphone kalian muncul notif seperti gambar dibawah ini:

Itu pertanda bahwa ada orang yang sedang membuka whatsapp anda melalui web.

Ketika muncul notifikasi whatsapp web aktif diperangkat yang tidak kalian kenal, kalian bisa langsung melogout whatsapp web yang disadap tersebut dengan cara seperti dibawah ini.

- Klik titik tiga di pojok kanan atas

- Lalu pilih whatsapp web

- Kemudian logout from all device

5. Pengguna tidak bisa login di akun whatsappnya sendiri

Ketentuan sebenarnya, satu nomer telepon hanya bisa digunakan untuk membuat satu akun whatsapp saja atau biasa kita sebut dengan istilah single-device login. Lalu kalau tiba-tiba diponsel kalian whatsapp nya berstatus logout, kemungkinan ada pihak lain yang coba menggunakan akun kalian. Padahal untuk bisa login di sebuah perangkat, harus memasukkan kode OTP yang langsung terkirim ke nomer telepon yang bersangkutan. Maka dari itu, kode OTP (one time password) sangat penting. Jadi, kalian jangan sekali-sekali memberikan kode OTP ke seseorang yang tidak dikenal.

Selain tanda-tanda diatas, konsumsi baterai yang semakin boros juga bisa menjadi ciri-ciri whatsapp kalian disadap. Karena whatsapp terus aktif dan daya baterai terus terkuras untuk itu.

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Sukris susanti

Universitas Trunojoyo Madura

Bangkalan

“love your life”