Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Membeli Laptop Bekas

Untuk kalian yang membutuhkan laptop dengan cepat dan dana terbatas, biasanya membeli laptop bekas atau second memang menjadi pilihan pertama untuk dieksekusi. memang tidak ada salahnya asalkan kalian memperhatikan hal-hal berikut ini sebelum memutuskan untuk deal membeli laptop bekas ya.

Untuk kalian yang membutuhkan laptop dengan cepat dan dana terbatas, biasanya membelilaptop bekas atau second memang menjadi pilihan pertama untuk dieksekusi. memang tidak ada salahnya asalkan kalian memperhatikan hal-hal berikut ini sebelum memutuskan untuk deal membeli laptop bekas ya.

1. Perhatikan Spesifikasi Laptop yang akan dibeli

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika membeli laptop bekas yaitu perhatikan spesifikasi dari laptop yang akan kalian beli. Jika berbicara mengenai spesifikasi laptop, pasti merujuk pada jenis processor, RAM dan semacamnya. Selain itu perangkat lunak atau software juga penting untuk dijadikan pertimbangan.

2. Pastikan Memilih Laptop yang sesuai dengan kebutuhan kalian

Yang kedua, pilihlah jenis laptop yang sesuai dengankebutuhan kalian. Apabila kalian merupakan seorang mahasiswa jurusan desain dan komputer atau pekerja dibidang desain dan komputer, kalian pasti memerlukan laptop dengan spesifikasi lebih tinggi kan? Setidaknya pilih laptop dengan RAM minimal 3 GB dan processor lebih cepat dari 2 GHZ. Nah, kalau kalian hanya memerlukan laptop untuk kegiatan basic dan sederhana seperti membuat laporan, kalian cukup pilih laptop dengan RAM 2 GB dan processor minimal lebih cepat dari 1 GHZ.

3. Survei Harga di tempat lain sebelum membeli

Selanjutnya survei harga di tempat lain sebelum memutuskan untuk membeli laptop tersebut. jangan sampai membeli laptop dengan spesifikasi standar tetapi harganya mahal. Jika kalian sudah bisa memutuskan untuk membeli laptop seri A, maka cobalah berselancar di marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak dan lain-lain untuk melihat harga laptop yang kalian incar dipasaran. Kalau harga bekas dari laptop yang kalian incar masih tinggi bahkan hampir sama dengan baru nya, lebih baik membeli laptop baru dong.

4. Perhatikan kondisi fisik laptop

Jika kalian berkesempatan mencoba laptop bekas yang ingin kalian beli, perhatikan hal-hal berikut ini:

-          Monitor

-          Speaker

-          Keyboard dan Trackpad

-          CD Drive (opsional)

-          Webcam dan Port USB

Kalian coba satu persatu, untuk speaker bisa kalian tes dengan coba menyalakan lagu kesukaan kalian lalu dengarkan apakah suara yang keluar jernih/pecah. Sedangkan untuk monitor bisa di tes dengan mengecek apakah ada dead pixelnya. Untuk keyboard dan trackpad bisa di tes dengan cara menggunakan sambil mengetik. Webcam bisa di cek blur atau tidak dalalm merekam wajah kalian, dan cek port USB dengan cara perhatikan loading USB nya lemot atau tidak.

Oh iya, kalau laptop yang akan kalian pilh masih ada CD Drive nya coba tes dengan masukkan CD ke CD Drive. Tapi kebanyakan laptop keluaran terbaru sudah jarang yang dibekali dengan CD Drive.

5. Cek hardware dan softwarenya

Setelah kalian selesai memeriksa bagian hardware nya, selanjutnya silahkan periksa softwarenya. Apakah sudah sesuai software dan hardware nya. kalian bisa lihat di run command lalu ketik “dxdiag” guna membuka diagnostic tool secara keseluruhan. periksa satu-persatu mulai dari sistem hingga input. Apakah RAM sudah sesuai dengan spesifikasi utama dan lain-lain. Lalu sistem operasinya appakah original atau hasil crack. Periksa juga sambungan ke internet lancar atau tidak.

Nah, itulah beberapa point utama yang harus diperhatikan ketika ingin membeli laptop bekas. Untuk kalian yang memiliki dana terbatas, laptop second memang menjadi pilihan utama untuk memenuhi kebutuhan laptop kalian ya. tidak ada yang salah, asal mempertimbangkan hal diatas sebelum memutuskan untuk membeli. Namun, jika masih bisa menabung untuk membeli laptop baru, lebih baik sabar sebentar supaya bisa mendapatkan laptop yang lebih segar untuk dipakai.

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Sukris susanti

Universitas Trunojoyo Madura

Bangkalan

“love your life”