Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Hal-hal yang Wajib Dilakukan Setelah Membeli Laptop Baru

Supaya laptop barumu bisa beroperasi dengan optimal, yuk langsung saja simak hal-hal yang perlu dilakukan setelah membeli laptop baru.

Hal-hal yang wajib dilakukan setelah membeli laptop baru

Kalau kalian baru membeli laptop biasanya hal apa yang kalian lakukan? Apakah kalian langsung mengoperasikannya untuk hal-hal berat seperti bermain game, mendesign, atau programming. Seharusnya jangan langsung dibuat kerja berat, laptop yang masih baru membutuhkan beberapa perlakuan khusus supaya bisa berkerja lebih optimal. Sebenarnya hal-hal yang wajib dilakukan setelah membeli laptop baru berikut ini bukanlah hal yang benar-benar wajib untuk dilakukan. tetapi sangat disarankan dilakukan untuk apapun jenis laptopnya. Supaya laptop barumu bisa beroperasi dengan optimal, yuk langsung saja simak hal-hal yang perlu dilakukan setelah membeli laptop baru.

1. Memperbarui sistem operasi

Pada saat membeli laptop baru, hal pertama yang harus kalian lakukan ialah memperbarui sistem operasinya karena sistem operasi bawaan laptop baru bukan merupakan sistem operasi terbaru. Itulah sebabnya sangat penting untuk menginstall lagi sistem operasi versi terbaru supaya pengguna dapat menikmati banyak fitur-fitur terbaru.

2. Memasang antivirus

Virus merupakan salah satu hal yang lumayan sering menyerang laptop bahkan bisa membuat laptop kita rusak tiba-tiba. Virus pada laptop bisa datang dari mana saja, seperti saat menjelajah internet dan mengunjungi situs tidak jelas atau saat bertukar data menggunakan flashdisk yang terinfeksi virus. Maka dari itu, sangat penting untuk memasang antivirus setelah kalian membeli laptop baru. Ada banyak pilihan antivirus yang cukup aman untuk melindungi laptop kita diantaranya yaitu windows defender, bitdefender atau Kaspersky bagi pengguna windows. Sementara bagi pengguna MacOS dan linux tidak ada anjuran wajib memasang antivirus karena MacOS dan linux termasuk jenis aplikasi yang sangat jarang terjangkit virus.

3. Menghapus bloatware

Bloatware  adalah software yang secara otomatis telah terinstall di sistem operasi dan biasanya tidak begitu dibutuhkan. Bloatware umumnya terdapat di laptop dengan sistem operasi windows 10 dan jarang terpasang di laptop ber sistem operasi linux maupun MacOS. Kebanyakan dari bloatware biasanya hanya berakhir menjadi sampah dan menghabiskan banyak kapasitas penyimpanan, itulah sebabnya saat pertama membeli laptop sebaiknya pengguna langsung menguninstall bloatware. Caranya yaitu dengan pergi ke SystemàApps & Features dan kemudian pilih bloatware yang ingin di uninstall.

4. Mengatur backup otomatis

Untuk kebanyakan orang, laptop biasanya menjadi tempat menyimpan data-data penting seperti data perkerjaan maupun data-data pribadi yang sifatnya sangat penting. Maka dari itu, penting bagi pengguna untuk mengatur backup otomatis ke penyimpanan cloud. Guna menghindari hilangnya data penting, apabila laptop tiba-tiba rusak atau hilang. Pengguna dapat mengatur backup otomatis di Microsoft Azure bagi yang menggunakan sistem operasi windows dan membackup otomatis ke iCloud bagi pengguna MacOS.

5. Berhati-hati ketika menggunakan laptop

Yang terakhir, kalian harus berhati-hati ketika menggunakan laptop. Karena laptop adalah jenis perangkat yang rentan terhadap hal-hal kecil yang sebenarnya sepele seperti suhu panas atau sirkulasi udara yang buruk. Tidak hanya setelah membeli laptop baru, sudah seharusnya kalian selalu berhati-hati ketika mengoperasikan laptop. Tidak makan atau minum sambil mengoperasikan laptop, mematikan aplikasi-aplikasi berat yang sedang beroperasi ketika laptop mulai panas merupakan langkah sederhana yang wajib kalian perhatikan setiap menggunakan laptop.

Nah itu tadi beberapa hal penting yang disarankan untuk dilakukan setelah membeli laptop baru. Hal-hal diatas tentu saja dilakukan tujuannya supaya laptop bisa bertahan lama dengan kinerja yang optimal.

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Sukris susanti

Universitas Trunojoyo Madura

Bangkalan

“love your life”