Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Hindari Kebiasan Berikut Ini, Supaya Laptopmu Menjadi Lebih Awet

pentingnya kegunanaan dari laptop tersebut, maka dari itu kita harus merawatnya dengan baik supaya laptop kesayangan kita lebih awet dan tahan lama. kali ini bakal kita bahas, kebiasaan apa aja sih yang sebaiknya dihindari, kalo kita pengen laptop kita tidak cepat rusak? Yuk simak.

Di era digital seperti sekarang ini, banyak sekali barang elektronik yang membuat kita ketergantungan. Contohnya laptop. Fungsi laptop yang sangat penting membuat kita selalu membutuhkannya dimanapun kita berada. Contohnya dalam menunjang kegiatan perkuliahan, berkerja maupun sekedar untuk hiburan. Karena pentingnya kegunanaan dari laptop tersebut, maka dari itu kita harus merawatnya dengan baik supaya laptop kesayangan kita lebih awet dan tahan lama. kali ini bakal kita bahas, kebiasaan apa aja sih yang sebaiknya dihindari, kalo kita pengen laptop kita tidak cepat rusak? Yuk simak.

1. Membuka tutup layar laptop dengan terburu-buru

Hal pertama yang harus dihindari supaya laptop kita awet yaitu membuka dan menutup layar laptop dengan terburu-buru. Sebab layar ialah sisi paling sensitive dari sebuah laptop maka dari itu kita harus lebih hati-hati saat mengoperasikannya. Kalau kita ingin menutupnya sebaiknya lakukan dengan perlahan serta hindari bunyi-bunyi yang bisa terjadi saat menutup layar laptop. Karena kalau kita menutup layar laptop terlalu keras dan kencang dapat mengakibatkan layar laptop menjadi bergaris hitam serta rusak karena tekanan.

2. Menyalakan dan memainkan laptop diatas kasur

Ketika laptop diletakkan diatas Kasur maka yang terjadi adalah sirkulasi udara pada laptop menjadi terhambat sebab tertutup oleh permukaan Kasur yang empuk. Maka dari itu hindari bermain laptop diatas Kasur atau benda-benda empuk lainnya kalau kalian tidak mau laptop kalian cepat rusak dan mudah panas. Sebaiknya gunakan lapisan seperti buku jika kalian ingin memainkan laptop diatas Kasur, yang penting pastikan laptop dalam posisi datar selalu. Atau bisa gunakan pendingin laptop supaya lebih aman.

3. Memasukkan laptop kedalam tas dalam keadaan lampu indikator menyala

Hal ketiga yang harus dihindari supaya laptop menjadi lebih awet yaitu memasukkan laptop kedalam tas saat lampu indikator masih menyala. Karena jika lampu indikator masih menyala harddisk pada laptop juga masih berputar sehingga akan berbahaya bila langsung dimasukkan tas dengan posisi berdiri. Maka dari itu pastikan laptop benar-benar mati baru dimasukkan kedalam tas.

4. Memainkan laptop sembari menyantap makanan atau minum

Hal sepele yang sebenarnya fatal apabila terjadi, yaitu jangan mengoperasikan laptop sembari minum ataupun menyantap makanan. Karena akan sangat disayangkan jika remahan makanan atau minuman kita terjatuh diatas laptop kita. keyboard dan bagian dalamnya menjadi terancam.

5. Membawa laptop dalam tas tanpa busa maupun pelindung laptop

Jika kalian berencana keluar rumah dengan membawa laptop kesayangan kalian pastikan laptop dibawa dengan keadaan aman ya. aman disini termasuk tas yang digunakan untuk membawa pastikan terdapat busa yang akan melindungi laptop dari benturan yang bisa saja terjadi saat perjalanan. Jangan gunakan tas terlalu tipis ya.

6. Mengoperasikan laptop ditempat yang bersuhu panas

Hindari menggunakan laptop ditempat dengan suhu udara panas ya. sebab diruangan yang sirkulasi udaranya normal saja laptop bisa menjadi lebih mudah panas karena kinerja nya lalu apa jadinya kalau kita mengoperasikan laptop disuhu panas sembari membuatnya berkerja dengan keras. Pasti bakal jadi lebih meningkat suhu panasnya ya kan. Nah kalau udah begitu bisa-bisa laptop kita bakal overheating dan fungsi dari komponennya tidak lagi berkerja dengan optimal.

Nah itu tadi beberapa hal yang penting dan harus diperhatikan dalam merawat laptop supaya lebih awet dan tahan lama. semoga bermanfaat.

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Sukris susanti

Universitas Trunojoyo Madura

Bangkalan

“love your life”