Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Jangan asal aktifkan, berikut kelebihan dan kekurangan dari dark mode pada setiap aplikasi

Lalu apa yang special dari dark mode ini ya sampai rame banget netizen yang bahas tentang ini, malah sempet jadi tranding topic di twitter. Yuk kita bahas kekurangan dan kelebihan dari fitur hits yang satu ini.

Sebelumnya kalian perlu tahu ni, dark mode itu apa. Untuk yang udah tahu, skip aja bagian ini langsung next paragraph. Dark mode ialah sebuah mode tambahan yang terdapat di aplikasi guna membuat tampilan aplikasi menjadi lebih gelap didominasi warna hitam pada bagian backgroundnya.

Saat ini banyak sekali aplikasi yang berlomba-lomba menyediakan fitur dark mode atau mode gelap pada tampilannya. Contohnya aplikasi twitter, google chrome, Mozilla firefox, Instagram , youtobe dan masih banyak lagi aplikasi yang sekarang sudah bisa menggunakan mode gelap. Dan selanjutnya akan ada beberapa aplikasi besar yang segera menyusul fitur dark mode ini, seperti facebook dan wa yang tengah berencana untuk menghadirkan layanan dark mode. Wah, kok kayaknya special banget dark mode ini, sampai bikin pengguna banyak yang memilih dark mode daripada light mode.

Lalu apa yang special dari dark mode ini ya sampai rame banget netizen yang bahas tentang ini, malah sempet jadi tranding topic di twitter. Yuk kita bahas kekurangan dan kelebihan dari fitur hits yang satu ini.

Kelebihan

Kelebihan yang kita dapatkan ketika menggunakan fitur dark mode ini yaitu daya baterai akan menjadi lebih hemat dan tahan lama. sebabnya adalah pixel-pixel yang bertugas menyala disetiap tampilan gambar kerjanya akan berkurang jika menggunakan fitur dark mode. Itulah kenapa fitur dark mode ini mampu menghemat daya baterai. Namun, hal ini berlaku bagi ponsel dengan layar jenis OLED.

Selain itu kelebihan dari dark mode yaitu memiliki dampak positif dalam hal kesehatan loh. Terlebih untuk personal yang memiliki photophobia atau kondisi yang menjadikan orang tersebut lebih peka terhadap cahaya. Ketika mengaktifkan fitur dark mode ini pengidap photophobia mampu menggunakan ponsel lebih nyaman karena warna gelap yang ditampilkan oleh dark mode.

Yang ketiga, fitur dark mode ini cocok sekali dipergunakan ketika kita berada di daerah gangguan sinyal atau gangguan sinar matahari. Karena warna latar belakang yang hitam dapat mempermudah kegiatan kita membaca meskipun dalam kondisi gelap.

Lalu, kelebihan lainnya yaitu fitur dark mode diakui oleh banyak orang dapat mengurangi migrain, karena mampu menurunkan ketegangan pada mata saat menatap layar ponsel. Sehingga bisa membuat istirahat tidur kita menjadi lebih tenang.

Kekurangan

Yang dinanti-nantikan yaitu kekurangan dari sebuah dark mode. Yakni dapat membuat teks dari konten dengan jumlah huruf yang banyak seperti artikel menjadi lebih sulit dibaca karena dominan warna hitamnya. Terlebih untuk si pengidap buta warna yang pasti bakal sangat mengalami kesusahan ketika menggunakan fitur dark mode sebab tidak dapat membedakan banyak warna..

Fitur dark mode akan membuat gambar menjadi kabur apabila dark mode pada ponselmu aktif disela-sela pencahayaan yang terang benderan.

Sebuah studi yang dilakukan oleh A. Buchner dan N. Baumgartner pada tahun 2007 silam membuktikan bahwa otak manusia dapat lebih nyaman berkerja pada mode terang daripada mode gelap. Selain itu light mode atau lawanan dari mode gelap dapat membantu mata kita lebih fokus berkerja termasuk ketika mengidentifikasi huruf, menyalin huruf, membaca dengan cepat dan memahami maksud dari teks yang sedang kita lihat.

Nah itu tadi beberapa hal mengenai kelebihan dan kekurangan dari dark mode. Setelah membaca-baca kelebihan dan kekurangan diatas, baiknya kalian termasuk golongan yang akan setia dengan dark mode atau tidak nih?.

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Sukris susanti

Universitas Trunojoyo Madura

Bangkalan

“love your life”