Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Kenapa Laptop Keluaran Terbaru Tidak Lagi Dibekali Dengan DVD Drive, Berikut Penjelasannya!

kalian sadar ngga sih, bahwa ada salah satu fitur yang hilang dari laptop-laptop keluaran terbaru akhir-akhir ini. Yaitu DVD drive. Nah, baru sadar ya kalo laptop keluaran sekarang tuh tipis-tipis banget karena gaada dvd drive nya. Kira-kira apa ya alasan para produsen laptop tersebut menghilangkan fitur ini. Yuk simak penjelasan dibawah ini!

Ada beberapa pertimbangan biasanya yang dijadikan patokan oleh pengguna laptop sebelum memutuskan untuk membeli sebuah laptop. Beda kebutuhan pasti juga beda spesifikasi yang dicari, beda sifat pemiliknya juga beda spesifikasi yang dilihat. Pada umumnya sih yang masuk di kriteria pembeli laptop yaitu ukuran RAM, Hard Disk, layar, fitur hingga harganya. Tapi kalian sadar ngga sih, bahwa ada salah satu fitur yang hilang dari laptop-laptop keluaran terbaru akhir-akhir ini. Yaitu DVD drive. Nah, baru sadar ya kalo laptop keluaran sekarang tuh tipis-tipis banget karena gaada dvd drive nya. Kira-kira apa ya alasan para produsen laptop tersebut menghilangkan fitur ini. Yuk simak penjelasan dibawah ini!

1. Fungsinya Yang Sudah Sangat Jarang Digunakan

Dvd drive merupakan sebuah drive yang digunakan untuk membaca informasi yang berasal dari disk optic baik DVD, CD dan Blu-ray disk. Teknologi ini ditemukan oleh David Paul Gregg tahun 1968 silam. Dvd sangat banyak digunakan pada tahun 2012 kebawah. Dan saat ini sudah mulai ditinggalkan serta tergantikan oleh teknologi yang baru. Sebelum dvd drive jarang digunakan, kita harus membeli sebuah kaset untuk sekedar memutar lagu ataupun menonton film. Namun, sekarang semua sudah mudah dan tidak perlu ribet memasukkan dan mengeluarkan sebuah dvd hanya untuk menonton video. Itu sebabnya fitur dvd drive ini sudah mulai dihilangkan oleh produsen laptop. Selain itu, biasanya dvd sering dibutuhkan untuk kegiatan menginstall software. Tapi sekarang kan menginstal perangkat lunak sudah bisa menggunakan penyimpanan lain yang lebih simple seperti flashdisk ataupun harddisk eksternal.

2. Penyimpanan Cloud Sudah Sangat Merajalela dan Lebih Mudah

Dvd drive biasanya juga digunakan untuk mentransfer data, tapi sekarang sudah cukup banyak media penyimpanan online yang bisa kita gunakan untuk mengirim data dengan gratis dan simple. Seperti google cloud, Microsoft onedrive, dropbox dan masih banyak lagi. Sehingga memungkinkan kita untuk lebih mudah melakukan transfer data, tidak usah lagi ribet-ribet membawa dvd ketika membutuhkan kiriman data.  Cukup dengan perangkat laptop kita tersambung dengan jaringan internet sudah bisa mengirim dan menerima data dari teman kita dalam jumlah yang besar dan cepat tergantung akses internet. Hilangkanlah kebiasaan merepotkan memindahkan file menggunakan dvd drive karena selain memakan waktu yang lebih lama daripada menggunakan penyimpanan online, cara lama ini juga sangat rentan dalam terjadi kehilangan data. Karena jika dvd milik kita rusak atau tergores maka dvd tidak dapat lagi digunakan. Itulah sebabnya sudah banyak orang saat ini beralih ke media penyimpanan online.

3. Desain Laptop Menjadi Minimalis dan Ringan Tanpa DVD Drive

Laptop-laptop dengan fitur dvd drive didalamnya memiliki body desain yang sanagt tebal dan berat, sehingga lumayan memberikan kesulitan jika dibawa kemana-mana dengan waktu yang lama. terkadang bisa menyebabkan otot leher atau bahu maupun tulang punggung kita menjadi tegang karena terlalu membawa beban berat. Maka dari itu, desain laptop terbaru dibuat menjadi lebih ramping tanpa dvd drive supaya lebih ringan dan menghilangkan kemungkinan buruk untuk kesehatan yang bisa saja terjadi. Dengan tidak mengurangi ke optimalan dari sebuah kinerja laptop, laptop tanpa dvd drive bisa lebih menarik dan banyak diminati.

Nah itu tadi ya beberapa alasan para produsen laptop mulai menghilangkan fitur dvd drive pada laptop keluaran terbaru mereka. Selain karena telah muncul dan berkembangnya teknologi baru, jika kalian tetap membutuhkan dvd drive untuk sebuah keperluan tertentu kalian masih bisa membelinya dengan terpisah. Dvd room eksternal dapat dibeli hanya dengan 100-300 ribuan saja diluar sana loh.

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Sukris susanti

Universitas Trunojoyo Madura

Bangkalan

“love your life”