Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Kopi-kopi Enak Asli Indonesia Yang Sukses Mendunia

Pemerintah mengatakan hingga saat ini terdapat kurang lebih 16 jenis kopi Indonesia yang banyak sekali diminati pasar internasional. Apa saja ya? Yuk simak jenis-jenis kopi asli Indonesia yang menembus pasar internasional!

Zaman sekarang siapa yang tidak suka ngopi ya? Hampir semua generasi dari tua maupun muda pasti suka ngopi bahkan nongkrong sambal ngopi dan diskusi udah jadi tradisi dikalangan masyarakat kita. Ya bersyukurlah kita terlahir di negara yang sangat kaya dan termasuk salah satu negara dengan hasil kopi terbaik didunia loh. Terbukti dengan jumlah produksi kopi tiap tahunnya di Indonesia bisa mencapai 600 ribu ton dan mampu mencukupi kebutuhan kopi dunia sebanyak 7%. Dikatakan oleh bapak kementrian bapak kementrian RI, negara kita Indonesia menjadi produsen kopi terbesar ke tiga di dunia, sementara produsen kopi terbesar kedua yaitu Brasil dan pertama yaitu Kolombia. Pemerintah mengatakan hingga saat ini terdapat kurang lebih 16 jenis kopi Indonesia yang banyak sekali diminati pasar internasional. Apa saja ya? Yuk simak jenis-jenis kopi asli Indonesia yang menembus pasar internasional!

1. Kopi Arabika Kintamani

Pertama yang akan kita bahas yaitu kopi arabika kintamani yang berasal dari Bali. Kopi ini memiliki rasa yang berbeda dengan kopi lainnya yaitu dominasi asam citrus segar serta wangi bunga yang pas dijamin bisa membuat penikmat kopi jadi jatuh cinta. Kopi kintamani ini paling banyak diminati di negara seperti Jepang, Eropa dan negara Arab.

2. Kopi Arabika Java Ijen Raung

Selanjutnya kopi yang juga sudah go internasional yaitu kopi arabika java ijen raung asal Bondowoso provinsi Jawa Timur. Kopi java ijen raung ini disukai karena rasanya yang cukup unik yaitu sedikit pedas dan ada aroma bunga hutan serta memiliki tingkat asam yang cenderung ke asam jawa. Sehingga memiliki cita rasa yang khas. Kopi ini biasanya banyak di ekspor ke sejumlah negara di Eropa.

3. Kopi Arabika Flores Bajawa

Yang ketiga ada kopi arabika flores bajawa yang berasl dari Nusa Tenggara Timur. Kopi ini juga memiliki rasa yang unik dan ciri khas tersendiri yaitu dominan coklat dengan vanilla dan after taste yang sedikit nutty. Sehingga bisa menghipnotis penikmatnya untuk jatuh cinta pada kopi jenis ini. Biasanya kopi arabika flores eropa ini banyak di ekspor ke negara Amerika.

4. Kopi Liberika Rangsang Meranti

Yang keempat ada kopi liberika rangsang meranti yang berasal  dari tanah Riau. Kopi ini sangat aman untuk lambung karena mengandung jumlah kafein yang lebih sedikit dibanding kopi-kopi jenis lainnya. Kopi yang tepatnya berasal dari kepulauan yaitu kepulauan Meranti ini pernah mendapatkan sertifikasi indicator geografis sebagai salah satu hasil pertanian terbaik. Sertifikasi bergengsi tersebut diberikan langsung direktorat jenderal kekayaan nasional RI. Kopi liberika rangsang meranti ini paling banyak disukai oleh negara Malaysia dan Singapura, dan kedua negera tersebut menjadi tujuan ekspor kopi liberika rangsang meranti terbesar.

5. Kopi Arabika Gayo

Terakhir yang akan kita bahas disini yaitu kopi yang berasal dari ujung pulau sumatera tepatnya Aceh. Siapa yang tidak kenal dengan kopi yang satu ini, kopi arabika gayo merupakan kopi yang sangat terkenal didalam maupun luar negeri. Kopi ini memiliki ciri khas tekstur yang lebih encer dibanding kopi lainnya sehingga tingkat keasamannya juga seimbang. Kopi arabika gayo ini sangat pas diminum oleh penikmat kopi asam.

Nah itu tadi ya salah satu bukti kekayaan Indonesia, yaitu hasil pertaniannya yang mampu menembus pasar internasional. Kopi-kopi khas Indonesia yang berasal dari berbagai daerah dengan ciri khasnya masing-masing.

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Sukris susanti

Universitas Trunojoyo Madura

Bangkalan

“love your life”