Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Meskipun Hanya Bermodalkan HP, Hasil Video Tetap Terlihat Professional Dengan Trik Berikut Ini

kita harus pintar-pintar menggunakan smartphone kita ketika merekam video. Apa aja ya trik nya supaya hasil video tetap kece meskipun record pake HP? Yuk simak artikel berikut sampai habis ya.

Saat ini banyak sekali vlogger yang merekam video mereka menggunakan smartphone, tidak usah lagi ribet-ribet membawa kamera yang beratnya bisa berkilo-kilo dan ukurannya yang besar. Memang saat ini smartphone sudah banyak yang bisa mewakilli fungsi dari barang-barang lain. Ya contohnya seperti kamera digital yang bisa kita ganti dengan smartphone sebagai alternative lain kalau memang kita tidak punya kamera atau males ribet bawa kamera. Karena smartphone yang bermunculan di era sekarang ini kualitas kamera nya pun sudah tidak perlu diragukan lagi, sehingga kita tidak perlu khawatir akan hasil kerja dari ponsel pintar kita.

Tetapi tentu ada perbedaan ya mengambil rekaman video menggunakan kamera digital dengan menggunakan ponsel. Karena kalau kamera digital kan memang jelas dikhususkan untuk keperluan photography sementara smartphone fokus fungsinya bukan disitu. Nah, maka dari itu kita harus pintar-pintar menggunakan smartphone kita ketika merekam video. Apa aja ya trik nya supaya hasil video tetap kece meskipun record pake HP? Yuk simak artikel berikut sampai habis ya.

1. Gunakan tripod supaya hasil videonya stabil

Ada yang nggak tau apa itu tripod?. Hm, pasti sudah pada tau semua ya kalau tripod itu berguna banget untuk pengambilan gambar maupun video. Nah supaya hasil video yang kamu ambil gerakannya tidak berguncang kamu perlu banget tripod untuk menjaga kestabilan hasil rekaman. Terlebih kalau kalian ingin merekam video seperti timelapse atau vlog.

2. Hindari posisi vertical ketika merekam video

Apakah kalian tim yang suka upload Instagram stories dan whatsapp?. Kalau iya, pasti kalian kebiasaan untuk mengambil video dengan posisi vertical ya. kalau untuk dua keperluan tersebut sih oke saja ya, tapi kalau levelnya sudah untuk upload di youtobe sebaiknya jangan rekam dengan posisi vertical lagi deh. Karena video dengan posisi vertical memang terlihat bagus di ponsel kita, tetapi tidak di device lain seperti komputer, website atau televisi.

3. Atur fokusnya secara manual agar titik fokus tidak berubah-ubah

Biasanya setiap smartphone punya fitur untuk mengatur fokus secara otomatis atau bisa juga manual. Fitur fokus otomatis ini sangat bermanfaat ketika kita ingin mengambil gambar dengan cepat, tetapi tidak untuk mengambil video ya. karena jika ada perubahan gerak sedikit saja dari video maka titik fokus akan berpindah dan video menjadi blur atau gelap. Maka dari itu coba atur fokusnya menjadi manual ya supaya hasil video lebih baik.

4. Hindari penggunaan digital zoom

Semua smartphone pasti memiliki fitur zoom, tetapi kebanyakan adalah digital zoom bukan optical zoom. Jadi kalau ponsel kalian masih menggunakan digital zoom lebih baik jangan pake ngezoom nge zoom deh pas merekam video karena akan membuat hasil video jadi pecah, pixelated, kurang fokus dan tidak visually appealing. Kecuali smartphone kamu adalah jenis Huawei P30 Pro yang punya 5x optical zoom nah it’s ok. Kalau masih pake digital zoom, mending berjalan perlahan mendekati objek untuk mendapat hasil yang lebih baik.

5. Gunakan mikrofon eksternal untuk hasil audio yang lebih baik

Biasanya kalau kita merekam video dengan smartphone, kualitas audio nya sangat seadanya banget kan. Apalagi kalau tempat rekamannya di pinggir jalan, suara motor suara klakson dan suara bising lainnya campur aduk deh tuh divideo kita. nah, untuk menghindari hal tersebut sebaiknya gunakan mikrofon eksternal agar audionya bisa lebih fokus ke suara kita saja sehingga video lebih nyaman untuk dinikmati.

Nah, itu tadi beberapa tips sederhana yang bisa kalian terapkan untuk mendapatkan hasil video yang nyaman dinikmati walaupun hanya diambil menggunakan smartphone.

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Sukris susanti

Universitas Trunojoyo Madura

Bangkalan

“love your life”