Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Persiapkan Begadang mu Dengan Cara Yang Sehat Berikut Ini

Tugas kuliah yang selalu antri tanpa henti untuk dikerjakan kadang memaksa kita untuk tidur larut malam atau bahkan sampai pagi. Dikejar deadline tanggung jawab organisasi tanpa toleransi yang mau tidak mau kita mengorbankan banyak waktu untuk itu. Sepertinya, begadang sudah jadi rutinitas kehidupan mahasiswa ya

Tugas kuliah yang selalu antri tanpa henti untuk dikerjakan kadang memaksa kita untuk tidur larut malam atau bahkan sampai pagi. Dikejar deadline tanggung jawab organisasi tanpa toleransi yang mau tidak mau kita mengorbankan banyak waktu untuk itu. Sepertinya, begadang sudah jadi rutinitas kehidupan mahasiswa ya, meskipun efeknya sangat buruk bagi kesehatan. Begadang boleh-boleh saja, asalkan menerapkan kebiasaan sehat dibawah ini sebelum begadang ya, supaya resiko buruk yang akan terjadi bisa diminimalisir. Jadi apa aja ya yang perlu dipersiapkan sebelum begadang? Yuk,simak

1. Minum banyak air putih

Banyak minum air putih akan membantu kita dalam menjaga stamina supaya tetap segar meskipun kurang tidur. Karena semakin lama kita begadang, tubuh akan semakin kehilangan cairan. Maka dari itu, minum banyak air putih akan sangat bermanfaat terlebih untuk begadang.

2. Tidur siang

Sebelum begadang, biasakan untuk menyiapkan diri dengan tidur di siang hari. Setidaknya minimal 15-20 menit, karena tidur siang dengan waktu yang tidak terlalu lama akan membuat tubuh merasa lebih segar dari sebelumnya. Semangat dan fikiran lebih ter-refresh kembali sehingga kita menjadi lebih siap untuk terjaga dimalam hari. Tapi ingat ya, tidur siangnya jangan kelamaan.

3. Minum kopi

Sudah jadi rahasia umum nampaknya, kalau minum kopi itu bisa bikin nahan ngantuk dan menjadi andalan ketika harus begadang. Tapi, jika terus-terus an mengandalkan kopi nggak baik loh. Bisa menyebabkan penurunan konsentrasi bahkan gelisah dan kehilangan focus. Sebenernya boleh-boleh saja minum kopi untuk persiapan begadang tapi minumnya tidak saat malam hari diwaktu bersamaan dengan begadang itu ya. Baiknya sih, kopi diminum siang hari sebelum tidur siang dan sebelum begadang dimalam hari. Nah, dimalam harinya saat waktu begadang kita bisa sembari meminum air putih supaya tidak mudah ngantuk.

4. Konsumsi cemilan yang tinggi protein

Kalo ada deadline tugas, atau project dadakan yang bikin otak jadi mikir keras, hindari terlalu banyak makanan yang manis-manis saat begadang. Karena makanan yang banyak mengandung gula bisa membuat kita mudah mengantuk, meskipun pada awalnya dapat membantu menambah daya tahan energy. Lebih baik ganti cemilan manis-manis dengan makanan yang banyak mengandung protein murni, karena dapat memberikan tambahan energy yang ekstra terlebih untuk begadang. Contohnya seperti buah-buah an, yogurt, telur, kacang almond, susu dan lain-lain.

5. Aktif bergerak

Ketika begadang, jangan hanya duduk diam sambal mengerjakan tugas. Coba setiap beberapa menit sekali berdiri dan berjalan kaki setidaknya 10 langkah, karena kegiatan itu akan mengurangi rasa ngantuk yang berdatangan. Tidak hanya itu, untuk menghilangkan ngantuk saat begadang kita juga bisa meminimalisirnya dengan kegiatan lompat tali, sit up, atau push up. Supaya membantu tubuh untuk membawa oksigen mengalir ke pembuluh darah. Pada saat fisik kita melakukan kegiatan olaraga ringan, tubuh akan menjadi lebih focus dan konsentrasi. Sehingga rasa ngantuk dapat dengan mudah hilang.

Nah itu tadi cara sehat yang bisa kita lakukan sebelum begadang. Selagi masih ada kebiasaan sehat yang bisa dilakukan untuk tetap bisa begadang, hindari kebiasaan buruk seperti tidak memberi waktu untuk tubuh beristirahat dan memaksakan tubuh untuk terus berkerja. Karena kebiasaan buruk seperti itu pasti tidak langsung kita rasakan dampak negatifnya, tapi dikemudian hari baru akan muncul dampak dari kebiasaan buruk kita hari ini. Jadi, sayangi tubuh kita, jaga kesehatannya dalam hal sekecil apapun ya.

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Sukris susanti

Universitas Trunojoyo Madura

Bangkalan

“love your life”