Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

10 Negara dengan Lulusan Fakultas Teknik Terbanyak! Indonesia Salah Satunya?

UNESCO Institute For Statistic, baru-baru ini sudah mengeluarkan daftar negara-negara yang menghasilkan lulusan mahasiswa teknik terbanyak di setiap tahunnya.

Pendidikan memang sesuatu yang cukup penting bagi sebagian orang di dunia. Tak heran bila beberapa dari mereka rela merogoh kocek yang dalam untuk mendapatkan pendidikan dan ilmu terbaik. Apalagi jurusan teknik yang digadang sebagai jurusan favorit, karena lapangan pekerjaan yang luas kedepan khususnya sebagai pembangunan suatu negara. Seperti yang sudah kita duga bahwa negara maju seperti Jepang dan Amerika Serikat ada di dalam daftar dengan lulusan mahasiswa teknik terbanyak. Namun negara dengan populasi penduduk terbesar seperti Tiongkok dan India kok tidak termasuk di dalamnya ya?

Dan tahukah kalian bahwa, Indonesia juga masuk dalam kategori penyedia lulusan mahasiswa teknik terbesar di dunia setiap tahunnya. Hal ini diharapkan menjadi salah satu peluang pembangunan negara kita agar menjadi lebih makmur dan sejahtera. Jadi negara mana saja ya yang termasuk ke dalam 10 negara penghasil terbanyak untuk lulusan mahasiswa teknik?

1. Rusia

Rusia tak hanya terkenal dengan teknologi nuklirnya. Ternyata negara ini menempati posisi nomor satu dengan meluluskan setidaknya 454.436 mahasiswa setiap tahunnya. Kampus-kampusnya juga terkenal lho di dunia, seperti Novosibirsk State University, Saint-Petersburg State UniversityMoscow Institute of Physics and Technology State UniversityNational Research Nuclear University "MEPhI" (Moscow Engineering Physics Institute)

2. Amerika Serikat

Sudah gak heran lagi kalo AS sebagai negara adidaya, great power, Amerika Serikat ternyata masih kalah dengan Rusia dan menempati posisi kedua yaitu dengan meluluskan 237.826 mahasiswa teknik. Namun jangan salah, walaupun dari segi kuantitas masih kalah. Ternyata AS memiliki kualitas yang jauh lebih baik. Bagaimana tidak, dari 16 besar kampus terbaik di dunia. AS memegang keseluruhan kampus teknik terbaik di dunia lho!

3. Iran

Di bawah Amerika Serikat, ada Iran yang ternyata juga mempunyai 233.695 lulusan mahasiswa teknik loh! Kampus terkenalnya ada ; Stafford University, University of Tehran. Wah, hebat yaa...

4. Jepang

Siapa yang tidak kenal dengan Negeri Sakura ini. Ternyata dibalik perkembangan teknologinya yang begitu maju, Jepang yang penduduknya terkenal disiplin dan bekerja keras ternyata memiliki total 168.214 lulusan mahasiswa teknik terbaik setiap tahunnya. Dan masuk dalam jajaran 4 lulusan mahasiswa teknik terbanyak! Kampus terkenalnya ada;  Nagoya University,  Tokyo Institute of Technology,  Kyoto University.

5. Korea Selatan

Nah, Korea Selatan juga tidak mau kalah. Meskipun biasanya kamu cuma familiar dengan para boyband beserta drama-dramanya yang seru, negara ini juga memiliki banyak lulusan mahasiswa teknik dengan total 147.858. Banyak banget ya! Kampus-kampus tersebut ada ; Seoul National University,  KAIST,  Pusan National University,  Hanyang University

6. Indonesia

Wah, ada Indonesia di urutan keenam! Kita harus bangga nih karena Indonesia nyatanya sudah mengeluarkan mahasiswa teknik terbaik dengan lulusan sekitar 140.0169. Tentu gak usah ditanya kampus-kampusnya apa saja. Sementara kampus dengan teknik terbaik ada UI, ITB, ITS, UGM. Hmm apakah kamu salah satunya?

7. Ukraina

Walaupun Ukraina terkenal dengan pencetak mahasiswa medis terbanyak. Ternyata Ukraina memiliki total 130.391 mahasiswa lulusan teknik dan masuk di urutan ketujuh. Kalau kamu bisa pergi ke Ukraina, jangan-jangan bisa ketemu mereka yang terkenal tampan dan pintar ya. Hehehe...

8. Mexico

Mexico yang mempunyai kepadatan penduduk yang cukup tinggi ini juga sudah berhasil mempunyai lulusan mahasiswa teknik dengan total 113.944. Kampus terbaiknya adalah  Universidad Nacional Autonoma de Mexico. Dimana kampus ini masuk kedalam 5 besar kampus teknik terbaik di dunia.

9. Perancis

Selain menjadi negara wisata impian di mancanegara, Perancis berhasil masuk di posisi kesembilan dengan total 104.746. Tentu menara Eifel adalah bukti cemerlang dan pintarnya mahasiswa teknik di Perancis. Kampus terkenalnya adalah  Université de Strasbourg,  Université de Lorraine,  Université de Bordeaux.

10. Vietnam

Vietnam yang juga menjadi salah satu negara terpadat di dunia berhasil membuktikan dirinya sebagai negara yang mempunyai banyak lulusan mahasiswa teknik meski berada di urutan kesepuluh. Tapi tetap saja dengan total 100.300, Vietnam harus diberi acungan jempol.

Namun ke 10 negara diatas belum dikategorikan dalam kualitas perguruan tinggi teknik terbaik seperti yang dilansir oleh THE (The Higher Education) yang memiliki 13 indikator. Ke-13 indikator tersebut terbagi dalam lima area, yakni pengajaran, penelitian, sitasi, masukan dari pihak industri, dan wawasan internasional.

Pengajaran mencakup lingkungan pembelajaran dengan porsi 30 persen. Penelitian dilihat dari segi jumlah, pendapatan, dan reputasi sebesar 30 persen. Kemudian, pengaruh penelitian yang diukur dari banyaknya sitasi dengan porsi 30 persen dan masukan dari industri berbobot 2,5 persen. Sebesar 7,5 persen sisanya berasal dari wawasan internasional baik dari pihak staf, mahasiswa, dan peneliti di tiap perguruan tinggi.

Baca Juga : Kampus Paling Keren di Dunia untuk Belajar Teknik

Berdasarkan dengan survei yang telah dilakukan, itu dia kesepuluh negara yang memiliki lulusan mahasiswa teknik terbanyak. Sebagai orang Indonesia, kamu punya harapan juga gak kalo bisa kuliah di luar negeri dengan kampus keren?

Untuk mendukung hal tersebut, jangan pemerintah negara bahkan menyediakan dana bantuan atau beasiswa bagi mereka yang ingin dan mampu secara intelektual untuk melanjutkan studi di luar negeri. Bahkan beasiswa ini terkadang ada yang membiayai biaya selama hidup di perantauan.

Tentu pendidikan adalah aset yang berharga bagi pemerintah. Sehingga pemerintah banyak mengeluarkan dana untuk beasiswa dengan harapan anak bangsa akan kembali dan membangun negaranya sendiri sehingga dapat berkembang dan maju, tidak kalah dengan negara maju seperti negara-negara diatas.

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Fatih

makassar

“”